10 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Semua orang tentu ingin sekali memiliki jantung yang sehat dan kolesterol yang sehat juga. Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dapat berkontribusi untuk pembentukan plak, yang mana plak tersebut dapat mempengaruhi pasokan darah ke jantung, otak, tungkai dan ginjal yang bisa menyebabkan stroke, serangan jantung bahkan kematian sekalipun. Untuk mengurangi risiko tersebut, anda bisa mengikuti 10 cara cepat berikut ini yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Batasi lemak hewani

Jika anda membatasi daging berlemak seperti hot dog, daging merah berlemak, dan makanan sejenis lainnya mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Jika kolesterol jahat dalam tubuh meningkat, maka bisa menimbulkan pembentukan plak pada pembuluh darah dan akan menghambat aliran darah yang menuju ke beberapa bagian organ dalam tubuh seperti jantung, ginjal dan hati.

2. Konsumsi makanan kaya serat

Secara khusus, kolesterol anda akan terjaga dan tetap aman jika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan kandungan serat didalamnya. Didalam usus manusia, makanan kaya serat akan larut dan mengikat empedu yang terdiri dari kolesterol. Anda bisa menemukan serat larut dalam kacang kering dan jenis kacang-kacangan lainnya, buah-buahan dan sayuran, serta beberapa sereal gandum.

3. Berhenti merokok

Ini hanya berlaku bagi mereka yang suka merokok. Jika anda berhenti merokok, mungkin akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh anda. Ketika anda mencoba untuk berhenti merokok dalam 20 menit saja, maka tekanan darah tinggi dapat menurun dan denyut jantung akan kembali stabil begitu juga dengan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang akan musnah. Dalam satu tahun, perokok lebih berisiko untuk memiliki penyakit jantung.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Menambahkan aktivitas fisik setidaknya 10 menit dalam sehari dapat membantu menurunkan berat badan secara bersamaan dengan kolesterol jahat. Pastikan bahwa anda harus melakukan perubahan yang anda buat. Untuk tetap termotivasi, anda bisa mengajak teman atau saudara untuk menemani latihan atau bergabung dengan suatu kelompok latihan tampaknya bukan hal yang buruk.

5. Minum jus jeruk

Jus jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Para peneliti telah melakukan percobaan pada mereka yang menderita kolesterol tinggi kemudian meminum jus jeruk. Hasilnya, 21% dari mereka mengalami penurunan kolesterol jahat dan memiliki peningkatan yang signifikan pada kolesterol baik. Minum 3 gelas jus jeruk perhari selama satu bulan.

6. Tingkatkan asupan omega-3

Ikan jauh lebih baik daripada daging bagi anda yang menderita kolesterol tinggi. Jadi, jika anda ingin menurunkan kolesterol jangan konsumsi daging, sebaiknya konsumsi ikan. Makan ikan 3 kali dalam seminggu bertujuan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, karena ikan mengandung rendah kolesterol.

7. Makan Blueberry

Sebuah penelitian telah menunjukan dan membuktikan bahwa asupan blueberry yang cukup dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pria dan wanita sehat. Dan mengkonsumsi blueberry juga akan baik bagi penderita kolesterol tinggi untuk nurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta blueberry juga memiliki kandungan yang mengandung antioksidan dan anti peradangan yang tinggi.

8. Pilih minyak kelapa

Untuk membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, minyak kelapa adalah pilihan yang tepat. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Januari tahun 2012 menganalisis bahwa 26 uji klinis telah menemukan bahwa seorang wanita atau laki-laki yang mengkonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa perhari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Manfaat lainnya yang bisa anda miliki adalah bahwa secara bersamaan minyak kelapa juga dapat menurunkan berat badan secara alami. Satu perubahan yang memiliki banyak dampak positif pada diri anda.

9. Sertakan bawang putih pada setiap hidangan

Bawang putih lebih efektif daripada plasebo dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bawang putih juga mengandung bahan anti virus, anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi hati. Hal tersebut telah membuktikan bahwa bawang putih memang benar-benar bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

10. Makan kacang hitam

Kacang hitam sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi kacang hitam setidaknya satu sendok besar kacang yang dicampurkan dengan nasi. Ini merupakan resep sehat dan baik dikonsumsi oleh siapa saja. Selain itu, anda bisa mengkonsumsi kacang hitam baik siang hari maupun malam hari.


Terlepas dari ke-10 cara cepat tersebut, anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan solusi lain yang jauh lebih baik dan aman untuk dikonsumsi. Apakah itu? Qnc Jelly Gamat. Apa itu Qnc Jelly Gamat dan bagaimana khasiatnya? Kalau mau lengkapnya lebih baik anda mencari informasinya sekarang!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *