10 Cara mencegah kerusakan dan rambut rontok

Rambut merupakan komponen yang paling penting dari kecantikan seseorang. Umumnya, rambut kita tumbuh satu cm dalam satu bulan. Ada sekitar 100.000 helai rambut di kulit kepala, dan seseorang biasanya kehilangan 50 sampai 100 helai setiap hari. Namun, ketika rambut melebihi tingkat normal, hal itu dapat menyebabkan kebotakan. Rambut rontok secara medis disebut sebagai alopecia, yang bersifat sementara serta permanen. Gejala alopecia bervariasi pada pria dan wanita. Pada pria, pola berbentuk tapal kuda terkena di puncak kepala sementara wanita mengalami penipisan rambut. Selain itu, rambut di bantal dalam jumlah yang berlebihan, dan partings lebih luas menunjukkan bahwa mereka menderita alopecia.

Cara Mencegah Rambut rontok

1. Santan

Santan memiliki kekayaan protein dan lemak esensial yang mengontrol rambut rontok, merangsang pertumbuhan rambut dan memelihara jaringan pada rambut anda. Caranya sangat mudah dan sederhana, anda cukup mengambil air dan tambahkan kelapa parut di dalamnya. Didihkan selama 3 sampai 4 menit, kemudian anda bisa langsung menerapkannya pada helai rambut anda, dan pijat lembut seluruh kulit kepala. Menyimpannya selama 15 menit dan cuci dengan shampo yang cocok dengan kulit kepala anda.

2. Biji Fenugreek

Protein dan nikotinat dalam biji fenugreek mendorong pertumbuhan rambut dan membantu membangun kembali folikel rambut yang tidak aktif. Anda cukup merendam 1 cangkir biji fenugreek ke dalam air dan diamkan selama satu malam. Kemudian, pada pagi harinya anda bisa menggunakan nya pada rambut anda, dan mengenakan pelindung rambut saat mandi agar tidak basah. Setelah sekitar 45 menit, bilas rambut dan lakukan setiap hari selama satu bulan untuk mendapatkan rambut yang berkilau.

3. Biji Rami

Kekayaan asam lemak omega-3 yang terdapat pada biji rami dapat membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel pada rambut anda. Ambil biji rami sebanyak satu sendok teh kemudian campurkan  dengan segelas air setiap pagi. Atau anda juga bisa menggunakan cara yang lain, seperti menaburkan biji rami ke dalam sup, salad dan smoothie. Atau, termasuk minyak biji rami yang bisa anda masukan ke dalam diet anda bahkan mungkin anda juga bisa menerapkan nya pada kulit kepala.

4. Telur

Kekayaan sulfur dan protein dalam telur membuat telur di percaya sebagai obat yang sangat baik untuk semua masalah rambut. Anda cukup mengambil satu telur kemudian pisahkan putih dan kuning telur tersebut.  Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun dalam putih telur. Jika campuran tersebut sudah siap, anda bisa mengoleskan nya pada rambut menggunakan kuas untuk rambut agar bisa teroleskan dengan rata pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan shampo.

5. Madu

Ambil dua sendok makan minyak zaitun dan madu, dan satu sendok makan bubuk kayu manis. Campur semua bahan dengan benar dan rapi untuk mendapatkan tekstur yang halus. Seperti biasa anda bisa menerapkan nya pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Lakukan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

6. Aloe Vera

Enzim dalam lidah buaya mempromosikan rambut sehat bersama dengan pertumbuhan rambut. Kandungan alkalizing pada lidah buaya dapat menyeimbangkan tingkat PH pada kulit kepala, dan mencegah kekeringan atau infeksi apapun yang terjadi pada rambut. Oleskan gel segar lidah buaya langsung pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian anda bisa mencuci nya dengan air hangat. Ulangi proses tiga sampai empat kali seminggu.

7. Minyak Atsiri

Pijat kulit kepala anda dengan kandungan minyak esensial yang terdapat pada minyak astiri sebanyak dua kali dalam satu minggu. Minyak astiri dapat menguatkan akar rambut, dan meningkatkan sirkulasi darah yang mempromosikan pertumbuhan rambut. Misalnya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak lavender, minyak rosemary dan sejenis minyak llian nya yang baik untuk pertumbuhan rambut.

8. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya dapat menurunkan kolesterol tinggi, menghilangkan ruam pada kulit, serta membantu pertumbuhan rambut, ambil beberapa sihung bawang putih dan tumbuk hingga halus bawang putih tersebut. Sekarang, tuangkan sedikit minyak kelapa dan cengkeh yang sudah di hancurkan pula. Campurkan ketiga bahan tersebut kemudian aduk dan didihkan campuran selama beberapa detik. Setelah mencapai suhu yang baik, pijat kulit kepala anda dengan ramuan tersebut dan bersihkan rambut setelah setengah jam di diamkan. Lakukan kegiatan ini dua kali seminggu.

9. Benih Lime

Menghancurkan biji kapur kering dan tambahkan merica. Campurkan kedua bahan dan tambahkan air untuk membentuk pasta halus. Pijat rambut anda dengan pasta ini. Melakukan hal ini seminggu sekali akan memberikan hasil yang signifikan dan pertumbuhan rambut akan semakin cepat dan berkilau.

10. Chamomile

Jika biasanya teh chamomile di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh, untuk kali ini chamomile digunakan untuk rambut. Ambil segenggam bunga chamomile, dan didihkan dalam 250 mililiter air kemudian saring dan diamkan selama 20 menit. Sementara itu, sambil anda menunggu air rebusan tadi dingin, anda bisa melakukan keramas dan kemudian menerapkan rebusan herbal tadi pada kulit kepala dan rambut. Jangan bilas rambut anda dengan air, biarkan ramuan tadi hingga rambut anda kering dengan sendirinya.

Selain dari cara-cara tersebut anda juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini yang tidak boleh di lakukan pada rambut anda agar tetap sehat, kuat dan berkilau secara alami serta menghindari rambut dari kerontokan. Berikut hal-hal yang harus di perhatikan :

  • Hindari mencuci rambut dengan air panas
  • Katakan “TIDAK” untuk junk food (makanan cepat saji)
  • Jangan gunakan produk styling berlebihan, karena bisa merusak rambut
  • Kurangi konsumsi daging
  • Hindari blow dry, karena dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut.
  • Hindari menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah (habis keramas)

Berikut adalah cara-cara yang di sarankan untuk menjaga kesehatan rambut secara alami tanpa harus mengeluarkan biaya atau memberikan efek samping yang buruk untuk rambut. Satu hal yang harus anda tahu, bahwa konsumsi kopi juga bisa membantu pada pertumbuhan rambut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *