10 Daftar makanan sehat untuk jantung Anda

Apakah anda bermasalah dengan makanan karena memiliki penyakit di jantung? Jika iya, maka anda harus membaca artikel ini sampai selesai, karena di artikel ini anda bisa menemukan berbagai makanan sehat untuk jantung anda.

Tentu anda sudah tahu bukan apa fungsi dari jantung? Salah satu dari fungsi dari jantung yaitu untuk memompa darah melalui pembuluh darah, dan penyakit jantung juga termasuk penyakit mematikan di dunia.

Sekarang anda sudah mengetahui apa itu fungsi jantung, dan bagaimana penyakitnya, mengerikan bukan jika anda harus meninggal karena jantung tidak sehat? Untuk itu, di artikel ini akan di bahas beberapa makanan sehat untuk menjaga jantung anda dari kerusakan serta penyakit jantung lainnya. Berikut adalah makanan-makanan sehat untuk jantung anda.

Makanan Sehat Untuk Jantung

1. Alpukat

Sepertinya anda tidak membutuhkan alasan lain untuk menyukai alpukat, karena buah hijau yang satu ini sangat baik untuk jantung. Alpukat memiliki kandungan asam dan lemak yang baik untuk kesehatan jantung manusia, selain itu alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Alpukat juga mengandung kalium, dan magnesium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah yang mana hal ini telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung pada pria. Menambahkan beberapa alpukat untuk makanan anda juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan, yang dapat membantu dengan berat badan dan salah satu cara untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat dalam waktu jangka panjang.

2. Cokelat Hitam

Meski namanya “coklat hitam” bukan berarti cokelat ini mengotori jantung anda, justru sebaliknya cokelat hitam ini berfungsi untuk membersihkan jantung secara alami, membantu mencegah aterosklerosis , pengerasan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari cokelat hitam ini terdapat pada kandungannya, karena mengandung flavonoid dan antioksidan yang mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit stroke, dan menjaga sel-sel darah putih agar tidak menempel pada dinding pembuluh darah. Perlu anda ingat, hanya cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao di atas 70% saja yang baik untuk di konsumsi.

3. Kacang

Makan kacang setiap hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 29% jika dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang selama 30 tahun. Bagaimana hal-hal kecil seperti ini memiliki pengaruh yang besar terhadap jantung? Kacang mengandung lemak tak jenuh, yang menurunkan kolesterol “jahat” dan meningkatkan jenis kolesterol yang baik.

Kenari khususnya, karena mengandung asam omega-3 serta lemak baik, yang dapat mencegah pembekuan darah dan membantu perkembangan irama jantung yang tidak teratur. Kacang juga mengandung asam amino yang membantu meringankan aliran darah.

4. Buah dan sayuran

Setiap 200 gram ekstra buah dan sayuran yang anda makan dalam satu hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung iksemik yaitu penyakit nomor satu yang paling mematikan di dunia. Buah dan sayuran yang memiliki kandungan kalium dapat membantu anda mengelola tekanan darah, serta kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung yang membantu meminimalkan kerusakan arteri pada jantung anda.

5. Asparagus

Asparagus mengandung nutrisi seperti folat dan vitamin C dan vitamin D yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehat untuk jantung manusia, untuk itu asparagus sangat baik jika dikonsumsi apalagi di konsumsi oleh penderita penyakit jantung. Asparagus juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik jika di konsumsi jangka panjang.

6. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin B dan asam folat, yang telah terbukti membantu membersihkan jantung, meredakan stress, kecemasan, rasa panik, bahkan depresi. Anda bisa menambahkan brokoli pada makanan yang anda tumis, kemudian tambahkan sedikit paprika dan perasan jeruk lemon agar anda bisa mendapatkan kandungan gizi yang optimal.

7. Ikan Salmon

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam hal produksi serotonin. Kekurangan vitamin B12 bahkan dapat menyebabkan gangguan pada fungsi jantung dan depresi. Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon untuk menjaga jantung dari berbagai penyakit. Sebaiknya anda mengkonsumsi ikan salmon secukupnya saja untuk menghindari terjadinya bahaya dari ikan salmon yang dikonsumsi dalam jangka panjang.

8. Ubi jalar

Kini kita berbicara tentang gizi untuk jantung, ubi jalar mungkin salah satu ubi yang paling popular serta kaya akan manfaat diantara ubi-ubi yang lainnya. Semakin banyak warna yang dimiliki sayuran maka semakin baik pula gizi yang di dapatkan tubuh. Antioksidan poten yang di temukan dalam ubi jalar berfungsi untuk membersihkan jantung dan hati.

9. Semangka

Rasa manis dari buah yang satu ini dapat memuaskan gigi anda, Semangka memiliki kandungan yang rendah kalori, tinggi serat dan sumber antioksidan. Menurut Dr. Sarah Samaan, ahli jantung dengan Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex mengatakan bahwa “Ini adalah sumber yang luar biasa dari lycopene, yang telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit jantung dan kanker”.

Semangka juga memasok citrulline, yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan bahkan mungkin memiliki manfaat bagi orang-orang dengan disfungsi ereksi dan diabetes. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita ambil dari semangka termasuk manfaat dari biji semangka yang bisa kita nikmati untuk kulit,rambut bahkan bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.

10. Yoghurt

Yoghurt dapat melindungi manusia dari berbagai penyakit bahkan lebih dari penyakit yang terdapat di dalam organ hati.  Dr Andrea Paul, seorang dokter dan kepala medis di Boardvitals.com, sebuah medis online mengatakan bahwa “Yogurt melindungi terhadap penyakit gusi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung”.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, menurut Paulus ketika anda makan yogurt yang rendah lemak, anda juga menyerap kuat antioksidan, vitamin, serat dan probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan anda secara keseluruhan, termasuk sistem pencernaan. Kabar baik dari artikel ini adalah bahwa kita sekarang sudah mengetahui tentang bagaimana mencegah penyakit kardiovaskular, yang meliputi stroke dan serangan jantung khususnya, dan pada umumnya semua jenis penyakit dengan mengkonsumsi makanan-makanan dia atas tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *