10 Jenis penyakit yang paling mematikan dan berbahaya

Beberapa jenis penyakit yang mematikan menjadi salah satu hal yang harus anda waspadai, karena penyakit ini berhubungan dengan nyawa yang akan berakibat fatal jika anda tidak menangani nya dengan secara cepat. Meski sebenarnya ada penyakit yang mematikan dan berbahaya yang bisa di cegah, namun itu semua tergantung bagaimana anda menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah 10 penyakit yang berbahaya jika tidak segera di tangani dengan cepat.

1. Penyakit arteri koroner ( Jantung iskemik)

Penyakit ini adalah penyakit nomor satu di dunia yang mematikan, penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung mengalami penyempitan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa sekitar 7,4 juta orang meninggal karena penyakit jantung iskemik pada tahun 2012. Itu adalah sekitar 13,2 persen dari semua kematian. Penyakit ini terjadi bisa di sebabkan oleh adanya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan jarang melakukan olahraga. Dan proses yang paling mematikan dari penyakit ini adalah saat penyempitan itu terjadi maka akan menyebabkan infrak miokart pada jantung, sehingga fungsi jantung tidak akan bekerja secara normal lagi kemudian akan membuat kerusakan pada semua organ dan akan menimbulkan kematian karena fungsi dari organ dalam tubuh tidak bisa bekerja lagi.

2. Penyakit PPOK

PPOK yaitu kepanjangan dari Penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit ini terjadi di paru-paru yang mengakibatkan si penderitanya kesulitan untuk bernapas. Dan penyebab utama dari penyakit ini yaitu tembakau yang berarti rokok. Bisa juga faktor lain seperti polusi udara, dan debu baik di dalam maupun di luar ruangan. Penyakit ini memiliki dua bentuk, yang pertama adalah batuk yang disertai dengan dahak dalam waktu jangka panjang. Sedangkan yang kedua adalah emfisema, yaitu kerusakan paru-paru yang terjadi secara perlahan. Ini adalah jenis penyakit yang memiliki dua bentuk maka jika komplikasi keduanya terjadi maka risiko tertinggi nya adalah kematian.

3. Infeksi saluran pernapasan bawah (ISPA)

Penyakit ISPA adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Penyakit ini biasanya lebih sering di sebabkan oleh virus meski sebenarnya bakteri juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit ISPA ini. WHO memperkirakan bahwa infeksi saluran pernafasan bawah menyebabkan sekitar 3,1 juta, atau 5,5 persen kematian pada tahun 2012. Kelompok ini termasuk penderita pneumonia, bronkitis, dan influenza.

4. Penyakit HIV/AIDS

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Penyakit ini terjadi di sebabkan oleh virus, virus tersebut menyerang pada sistem kekebalan tubuh atau yang sering di sebut autoimun. Penyakit HIV ini juga dapat menyebabkan AIDS, atau acquired immunodeficiency syndrome. AIDS sendiri adalah kondisi kronis, yang mengancam jiwa. Penyebab lain dari penyakit ini adalah hubungan seks bebas, konsumsi narkoba dan penggunaan jarum suntik. Dengan keadaan sistem autoimun yang lemah, penyakit yang sangat sederhana saja bisa masuk ke dalam tubuh, apalagi penyakit yang mematikan ini, penyakit HIV/AIDS ini menyerang sel-sel dalam tubuh sehingga tidak berfungsi lagi. Biasanya sel tubuh yang di serang penyakit ini adalah sel CD4 dan sel T dan jika fungsi dari keduanya rusak kematian yang akan terjadi.

5. Diare

Saat anda mengalami buang air besar dua sampai tiga kali dalam sehari maka sudah di pastikan bahwa anda terkena penyakit diare. Ketika diare berlangsung dalam beberapa hari, maka tubuh akan terasa lemas karena terus menerus mengeluarkan cairan, yang menyebabkan tubuh menjadi kekurangan air dan garam. Diare biasanya disebabkan oleh infeksi usus ditularkan melalui virus, bakteri, atau bahkan parasit. Jenis infeksi dapat dengan mudah menyebar melalui air atau makanan yang sudah tercampur atau terkontaminasi. Dan kematian yang terjadi dari penyakit ini adalah akibat tubuh mengalami dehidrasi. Penyakit diare merupakan penyakit yang mematikan kedua pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Tragisnya lagi, sekitar 760.000 anak meninggal karena penyakit diare setiap tahun.

6. Diabetes melitus

Penyakit diabetes adalah penyakit yang memengaruhi penggunaan dan produksi insulin dalam tubuh. Penyakit diabetes ini memiliki dua tipe. Diabetes tipe 1 yaitu pankreas tidak bisa lagi memproduksi insulin dan penyebabnya tidak diketahui. Sedangkan diabetes tipe 2 yaitu pankreas tidak memiliki produksi insulin yang cukup untuk tubuh. Dan faktor dari kedua tipe diabetes ini di sebabkan oleh pola makan yang buruk, sering mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, kurang berolahraga, dan kelebihan berat badan (overweight). Fahami perbedaan diabetes agar lebih jelas dan anda lebih faham pengobatan apa yang akan anda ambil.

7. Malaria

Penyakit malaria ini di sebabkan oleh sel parasit plasmodium yang di tularkan oleh nyamuk. Sel parasit tersebut merusak sel darah merah melalui gigitan nya yang sudah berkembang biak di dalam tubuh manusia. Gejala awal dari penyakit malaria ini adalah influenza yang berkepanjangan serta tubuh mudah sakit. Penyakit malaria ini lebih rentan penyerang pada anak-anak. Penyakit malaria membunuh satu anak dalam waktu 30 detik setiap tahunnya.

8. Leukimia

Penyakit leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang sel darah, termasuk sel darah merah. Pada penyakit leukimia akut biasanya sel-sel kanker berkembang lebih cepat sedangkan pada leukimia yang kronis penyakit akan berlangsung lambat dan gejala awal mungkin akan sangat ringan. Penyebab dari penyakit ini bisa di sebabkan oleh faktor keturunan, paparan radiasi yang tinggi, rokok serta memiliki kelainan pada sel darh dalam tubuh anda.

9. Tumor otak

Tumor otak yaitu pertumbuhan yang terjadi pada otak dan menyebar kemudian mengambil alih ruang sel-sel yang sehat dan dapat berkembang dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Gejala tumor otak tergantung dengan ukuran kecepatan pertumbuhan dan lokasi tumor tersebut berada. Tumor akan memberikan tekanan pada otak yang dapat menyebabkan gejala seperti kejang-kejang, dan sakit kepala. Tumor otak ini termasuk penyakit yang sangat mematikan karena keberadaan nya di otak yang dapat mengganggu fungsi dari sel-sel yang terdapat di otak.

10. Tetanus

Penyakit tetanus adalah penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri yang dapat menghasilkan racun neurotoxin yang dapat menimbulkan kontraksi otot dan memengaruhi otot-otot pernapasan sehingga berbahaya karena dapat mengancam jiwa. Penyebab dari penyakit tetanus itu sendiri adalah bakteri Clostridium tetani, yang secara alami ditemukan di tanah, debu dan kotoran hewan. Gejala dari penyakit tetanus ini bisa muncul kapan saja, tetapi biasanya muncul beberapa minggu setelah bakteri menyebar di dalam tubuh melalui luka.

Berikut adalah 10 Jenis penyakit yang paling mematikan dan berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut di sebut mematikan karena menjadi salah satu sumber terbesar kematian di dunia. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa menambah pengetahuan dan anda harus lebih waspada serta lebih memperhatikan pola makan, kesehatan khususnya agar terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *