10 Tindakan yang bisa merusak kesehatan pada mata

Seseorang bekerja dengan menghabiskan waktunya untuk berada di depan komputer, dan itu akan mengakibatkan mata menjadi merah, kering,dan mungkin terasa perih.

Dan saat itu terjadi anda pasti akan merasa cemas karena ada sesuatu yang berbeda dengan penglihatan anda. Untuk itu, supaya kesehatan mata anda tetap terjaga anda harus menghindari kegiatan atau tindakan-tindakan di bawah ini.

1. Membaca dengan cahaya yang rendah

Jika anda sedang membaca buku sebaiknya bacalah di tempat yang memiliki cahaya yang cukup, karena dengan membaca buku dalam keadaan gelap seperti menggunakan senter misalnya, itu akan membuat mata anda terasa sakit, hindari juga membaca di bawah selimut. Karena hal tersebut adalah salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan mata.

2. Menatap layar komputer

Jika anda di tuntut untuk selalu berada di depan layar komputer sebaiknya anda jangan lupa untuk sering mengedipkan mata, karena selain rasa kantuk yang datang saat menatap layar komputer, mata juga akan mengalami berbagai penyakit, seperti rabun. Jika perlu anda bisa mencuci wajah anda dengan air dingin untuk tetap menjaga kesehatan mata.

3. Menyipitkan mata

Apakah anda sering melakukan hal ini? sebaiknya mulai dari sekarang anda hindari kebiasaan buruk tersebut. Karena menyipitkan mata akan membuat bola mata anda menjadi rusak, karena terlalu banyak tekanan pada lensa mata anda. Selain itu, menyipitkan mata lama kelamaan akan membuat mata anda menjadi juling.

4. Merokok

Selama ini mungkin kita tahu bahwa merokok dapat merusak kesehatan paru-paru, jantung, hati,dan menyebabkan kanker, namun apakah anda juga tahu bahwa rokok dapat mengganggu organ penglihatan? Merokok adalah kebiasaan buruk yang memengaruhi setiap bagian dari tubuh anda termasuk mata. Perokok lebih rentan terhadap penyakit katarak, degenerasi makular, dan mata kering pada usia lebih muda dibandingkan dengan orang-orang yang tidak merokok.

5. Menonton televisi

Mata anda akan terasa tegang saat anda menonton televisi, apalagi jika dalam waktu yang lama. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada visi mata anda. Untuk itu, sebaiknya anda jangan terlalu sering atau terlalu dekat dengan layar televisi saat anda sedang menonton, karena efeknya sangat buruk untuk kesehatan mata.

6. Kurang tidur

Saat anda tidak memiliki waktu yang cukup dan teratur untuk tidur, maka mata anda yang akan menjadi korbannya, dan akan menyakiti mata anda (beberapa gejala termasuk berkedut, mata kering, pandangan kabur, dan sakit). Karena kurang tidur selain bisa merusak mata, kurang tidur juga dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk kenaikan berat badan, depresi, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

7. Menggosok mata

Kita semua pasti sering melakukannya. menggosok mata adalah perilaku wajar, dan umumnya bukan sesuatu yang mengerikan. Namun, perlu anda ketahui bahwa menggosok mata bisa menyebabkan mata untuk memproduksi air mata secara terpaksa. Dan dapat menyebabkan mata gatal.

8. Penggunaan lensa mata

Ada lensa yang berfungsi untuk menjaga mata tetapi ada juga lensa yang dapat merusak mata jika dipakai. Pada zaman yang modern seperti ini tentu banyak sekali orang-orang yang memakai lensa mata sebagai aksesoris pada mata. Tetapi, ingat lensa mata yang tidak memiliki fungsi untuk mata akan membuat mata menjadi rusak. Dan jika terdapat salah pada perawatan lensa mata tersebut maka bakteri akan masuk ke mata dengan mudah.

9. Kurang mengkonsumsi air putih

Kurangnya air putih dalam tubuh juga bisa menyebabkan mata menjadi rusak. Jika anda menderita kelopak mata bengkak, mata kering atau kemerahan mata, ini mungkin tanda-tanda bahwa anda mengalami dehidrasi. Menjaga mata agar terhindar dari dehidrasi bisa anda lakukan dengan minum minimal delapan gelas air sehari.

10. Make-up

Semua wanita umumnya pasti sering menggunakan kecantikan untuk mata, seperti eyeliner, eyeshadow, maskara dan lainnya. Tetapi penggunaan make-up tersebut dapat membuat mata lebih cepat pada penuaan. Untuk itu anda jangan terlalu sering menggunakan peralatan make-up untuk wajah terutama untuk mata anda, agar mat tetap dalam keadaan yang sehat. Biarkan mata hidup dengan cara yang alami.

Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya anda lakukan beberapa tips di bawah ini. Anda bisa mencobanya di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana untuk menjaga kesehatan mata anda, jangan berpikir bahwa mata anda baik-baik saja. Karena penyakit bisa datang kapan saja dalam waktu yang tidak terduga.

Tips untuk menjaga kesehatan mata

Makanan sehat

Kesehatan pada mata pastinya di awali dengan apa yang kita makan karena makanan sehat merupakan antibiotik alami untuk tubuh, dan itu lebih aman untuk di konsumsi bila di bandingkan dengan obat antibiotik yang mengandung bahan kimia karena dapat menimbulkan efek samping yang buruk.

Jika kita memakan makanan baik maka akan baik pula manfaat yang diterima oleh tubuh, begitu juga sebaliknya, dan di sarankan bagi anda untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan ketajaman mata agar anda bisa mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan mata seperti degenerasi makular pada mata salah satunya.

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tidak menutup kemungkinan bahwa tidak akan ada manfaat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, anda sangat perlu nutrisi seperti asam omega-3, lutein, seng, vitamin C dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Berhenti merokok

Hal kedua yang paling penting untuk menjaga kesehatan mata adalah berhenti merokok. Berhentilah menggantungkan hidup anda pada rokok, karena tidak ada manfaat yang baik dari rokok untuk kesehatan tubuh terutama untuk mata. Jika anda mencoba untuk menghentikan kebiasaan itu mungkin itu akan membuat anda menjadi lebih baik.

Penggunaan kacamata

Saat anda harus bekerja di depan komputer sebaiknya gunakan kacamata, karena kacamata bisa membantu mata untuk menghindari ketegangan. Atau anda juga bisa menurunkan sedikit layar monitor pada komputer anda sehingga bisa sejajar dengan wajah. Kacamata tidak hanya berfungsi untuk melindungi mata dari sinar komputer tetapi juga bisa melindungi anda saat anda harus pergi keluar rumah di cuaca yang panas. Karena terlalu lama mata menatap dan terkena paparan sinar matahari dapat membuat mata rusak.

Konsumsi sayuran

Sayuran sangat baik untuk kesehatan mata seperti wortel yang kaya akan kandungan beta karotan, serat, dan B12 yang dapat mencegah mata dari degenerasi otot mata. Selain wortel, anda juga bisa mengkonsumsi bayam. Di dalam sayuran hijau yang satu ini terdapat kandungan lutein yang tinggi dan sangat di butuhkan oleh mata.

Kandungan lutein yang terdapat pada bayam bisa membantu anda untuk membuat otot mata menjadi lebih kuat dan membantu mencegah infeksi. Dan yang terakhir adalah brokoli. Brokoli sangat baik untuk mata karena mengandung antioksidan dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Mungkin itu informasi yang bisa saya sampaikan yang bisa anda coba di rumah, tetaplah menjaga kesehatan tubuh terutama mata karena mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting untuk bisa melihat lingkungan sekitar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *