12 Ramuan alami untuk mengatasi berbagai penyakit pada pernapasan

Sebelum kita membahas ramuan untuk mengobati penyakit pada pernapasan tentunya anda harus tahu terlebih dahulu apa itu pernapasan dan apa fungsi serta penyakit dari pernapasan tersebut agar anda tahu juga pengobatan alami seperti apa yang harus anda lakukan. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang mungkin bisa membantu anda untuk mengobati penyakit pada pernapasan anda.

1. Konsumsi gingseng

Ginseng adalah suplemen herbal yang meningkatkan fungsi paru-paru dan juga mengurangi bakteri di paru-paru. Panax ginseng khususnya memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan Cina untuk kondisi pernapasan, termasuk asma dan COPD.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Complementary Therapies di Medicine disorot manfaat terapeutik ginseng. Panax ginseng dan ginsenosides (komponen aktif dari ginseng) muncul untuk menghambat proses yang terkait dengan pengembangan COPD.

2. Konsumsi kunyit

Kunyit bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang terdapat pada sistem pernapasan manusia, termasuk penyakit faringitis. Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi (anti-peradangan). Selain sebagai penurun panas, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu obat tradisional yang sedang popular yaitu untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan (faringitis).

3. Bunga kenanga kering

Gangguan sesak napas yang terjadi akibat asma dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan bunga kenanga kering sebanyak 15 gram dengan 200 cc air hingga airnya hanya tersisa 100 cc saja.

Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari, untuk hasil terbaik jangan sampai terlewat. Selain itu anda juga harus membiasakan diri untuk bisa mengontrol asma yang anda derita agar tidak kambuh pada waktu-waktu tertentu.

4. Konsumsi biji wijen

Biji wijen memiliki kandungan yang di percaya bisa menyembuhkan penyakit yang terdapat pada saluran pernapasan seperti bronkitis salah satunya. Untuk mengkonsumsi biji wijen anda hanya perlu mencampur satu sendok biji wijen dengan dua gelas air kemudian anda bisa langsung meminumnya, lakukan kegiatan ini setiap hari sebelum anda tertidur.

5. Konsumsi kencur

Kencur adalah salah satu obat alami yang banyak di temukan di sekitar rumah bahkan begitu mudah di temukan di pasar-pasar. Kencur di percaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit ISPA. Kencur juga termasuk salah satu tanaman yang memiliki kandungan air yang banyak. Selain itu kencur juga mampu meredakan batuk, peluruh dahak, penghangat badan dan penambah nafsu makan.

6. Konsumsi Akar manis

Akar manis digunakan sebagai perawatan untuk mengatasi penyakit laringitis. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi akar manis terutama jika anda sedang mengonsumsi obat seperti aspirin atau warfarin. Ini dapat berpengaruh pada ibu hamil, penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hati, atau ginjal.

7. Konsumsi Jeruk nipis

Campuran jeruk nipis dan kecap bisa di jadikan obat untuk mengatasi penyakit influenza, jeruk nipis di percaya mampu untuk mengencerkan lendir pada tenggorokan dan hidung. Caranya campurkan garam dan perasan jeruk nipis kemudian bisa langsung di minum, rasanya memang sedikit manis dan asam namun efek nya sangat baik untuk kesehatan.

8. Konsumsi Daun sambiloto

Sambiloto adalah adalah tumbuhan liar yang memiliki banyak khasiat yaitu dapat mengobati berbagai macam penyakit. Karena merupakan jenis tumbuhan liar, sambiloto dapat juga di temukan di tempat-tempat seperti kabun, tepi sungai, tanah kosong yang lembab atau pekarangan. Kandungan yang terdapat dalam daun sambiloto di percaya mampu menyembuhkan penyakit sinusitis akut maupun sinusitis kronis. Daun sambiloto bisa di jadikan ekstrak, dan ekstrak dari daun tersebut lah yang di jadikan obat.

9. Konsumsi Daun sirih

Jika anda menderita batuk berdahak, anda bisa mengobati nya dengan daun sirih karena daun sirih mampu meredakan batuk gatal dan batuk berdahak. Daun sirih di percaya bisa menyembuhkan batuk karena memiliki kandungan fenil propana, minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tanin, pati, seskuiterpena, terpennena dan gula. Semua zat itulah yang membuat daun sirih menjadi tanaman yang kaya akan manfaat dan kegunaannya karena sangat baik untuk saluran pernapasan serta kesehatan manusia.

10. Konsumsi Temu putih

Ini merupakan sejenis tanaman rimpang seperti kunyit, jahe, dan lain sebagainya yang memiliki nama ilmiah curcuma zedoaria.  Temu putih di percaya bisa menyembuhkan penyakit polip hidung karena mengandung senyawa cyclopropanosesquiterpene, curcumenone dan 2  spirolactones, curcumanolide A dan curcumanolide B yang baik untuk tenggorokan, hidung serta sistem pernapasan yang lainnya.

11.  Konsumsi Daun Jelantang

Daun jelatang telah digunakan sebagai anti-inflamasi dalam pengobatan alternatif untuk mengobati rhinitis alergi. Hal ini dapat memberikan bantuan cepat dari gejala seperti hidung tersumbat, batuk, bersin dan gatal. Tambahkan 1 sendok makan kering daun jelatang untuk secangkir air panas. Tutup selama 5 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum 2 atau 3 kali sehari sampai gejala hilang.

12. Konsumsi Butterbur

Butterbur adalah tanaman yang hidup di semak-semak dan biasanya terdapat di belahan dunia asia timur seperti eropa dan amerika utara. Ini adalah salah satu ramuan herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakit rhinitis.

Kandungan petasin dan isopetasin yang terdapat pada butterbur berfungsi untuk mengurangi kejang pada otot dan pembuluh darah halus dinding, sementara isopetasin bekerja pada sistem pernapasan seperti peradangan, influenza termasuk juga rhinitis. keduanya bertindak sebagai obat anti-inflamasi yang efektif dalam mengobati banyak penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *