14 Fakta yang mungkin anda tidak ketahui tentang Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang umum dan bisa dimiliki oleh siapa saja, khususnya para orang dewasa yang sudah tua. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui latar belakang serta penyebab mengapa anda bisa menderita penyakit diabetes. Mungkin selama ini anda tidak mengetahui bahwa ada hal-hal yang sangat berhubungan erat dengan penyakit diabetes di sekitar anda, namun anda tidak mengetahuinya. Berikut dibawah ini adalah fakta yang tidak anda ketahui tentang penyakit diabetes.

Fakta tentang Penyakit Diabetes

1. Penyakit diabetes tipe 2 sering tidak memiliki gejala apapun, untuk itu sebaiknya anda ketahui tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyakit diabetes tipe 2 karena penyebab nya sering tidak diketahui, dan kemungkinan besar anda memiliki penyakit diabetes tipe 2 tanpa menyadarinya selama bertahun-tahun.

2. Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kebutaan pada seseorang. Terutama pada orang dewasa yang sudah tua sekitar usia 40 sampai 60 tahun.

3. Meski penyakit diabetes tipe 2 lebih sering terkena pada orang tua, namun sekarang banyak orang dewasa yang lebih muda dan lebih banyak mengalami penyakit diabetes tipe 2.

4. Orang dengan penyakit diabetes lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung di bandingkan dengan orang yang sama sekali tidak memiliki penyakit diabetes. Jika anda memiliki penyakit jantung yang ditimbulkan diabetes sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung anda untuk menetralisir penyebaran yang terjadi dalam tubuh.

5. Berisiko untuk pengembangan. Ketika anda memiliki penyakit diabetes ada kemungkinan untuk anda berisiko mengembangkan penyakit tersebut 2 kali lipat lebih parah dari penyakit diabetes yang anda derita sebelumnya. Selain itu anda juga bisa terkena deresi akibat penyakit diabetes, depresi ini biasanya disebut dengan depress spesifik diabetes yang memiliki dampak pada semua orang.

6. Penyakit diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun. Pada diabetes tipe 1 pankreas tidak membuat insulin sama sekali karena sel-sel yang memproduksi insulin telah dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Hal ini biasanya di diagnosis pada orang di bawah usia 40 tahun, namun dapat terjadi pada semua usia. Insulin bertindak sebagai kunci untuk membuka sel-sel darah dan melepaskan glukosa dari makanan ke dalam otak, otot dan organ pada tubuh anda, di mana semua itu sangat diperlukan untuk bertahan hidup. Bagi orang-orang dengan tipe 1 insulin diabetes harus diganti untuk bisa bertahan hidup.

7. Diabetes tipe 2 adalah penyakit diabetes paling umum. Dengan sekitar 85-90% dari semua orang yang memiliki tipe 2. Pada diabetes tipe 2, pankreas masih membuat beberapa insulin, tapi ini dapat berkurang dari waktu ke waktu. Masalah lainnya adalah bahwa insulin pada penderita diabetes tipe 2 tidak bekerja secara efektif karena resistensi insulin.

8. Diabetes tidak hanya menyebabkan kematian, tetapi juga dapat menyebabkan gagal ginjal, kerusakan saraf, kebutaan dan stroke, dan dapat memerlukan amputasi anggota badan dan ekstremitas tertentu. Ini adalah kondisi seumur hidup. Maka dari itu, sangat di sarankan untuk anda bisa mengetahui perbedaan penyakit diabetes, agar anda bisa mengatasinya sesuai dengan penyakit diabetes tipe berapa yang anda berita.

9. Berpengaruh pada kehidupan. Latihan, stres, makanan dan hormon, hanya beberapa hal yang dapat mendatangkan malapetaka dengan glukosa darah saat tubuh anda memiliki pankreas yang tidak berfungsi. Itu bisa sangat sulit untuk mempertahankan dan sering tidak terduga.

10. Perubahan gaya hidup. Ketika anda di diagnosa memiliki penyakit diabetes, saat itu pula anda akan mengalami perubahan gaya hidup. Selain itu, ketika perubahan hidup anda terjadi maka anda juga akan mengalami penurunan berat badan, hal yang bisa anda lalukan untuk menghindari obat pada penyakit diabetes anda adalah dengan cara berolahraga secara teratur, serta mengkonsumsi makanan sehat pada setiap makanan yang anda makan.

11. Ada tiga penyakit diabetes yang harus diketahui yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 serta penyakit gentasional diabetes. Ketiganya adalah penyakit yang dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

12. Penyakit serius. Diabetes bukanlah penyakit yang ringan. Tanpa pengobatan dan gaya hidup yang baik, penyakit diabetes dapat berkembang dan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi. Bahkan diabetes dapat menyebabkan terjadinya amputasi.

13. Cara berfikir dapat mempengaruhi perkembangan diabetes. Ketika anda memiliki penyakit diabetes, anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan. Karena ketika anda memiliki tingkat kekhawatiran yang begitu tinggi maka anda secara tidak langsung dapat mengembangkan penyakit diabetes yang anda derita. Di lain waktu, anda perlu melakukan pemantauan untuk glukosa darah anda. Anda harus mampu memegang kendali penyakit diabetes yang anda derita untuk mencegah terjadinya pengembangan dari penyakit tersebut.

14. Fakta terakhir yang harus anda ketahui tentang penyakit diabetes adalah dukungan keluarga. Ketika anda di diagnosa menderita penyakit diabetes tentu mental dan pikiran anda akan terganggu, dan pada saat itulah dukungan dari keluarga sangat anda butuhkan. Jika anda bisa menyeimbangkan dan mengelola stress tentu hal tersebut akan lebih baik mengingat penyakit diabetes bukanlah penyakit yang ringan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *