15 makanan sehat untuk mencegah kanker kulit

Kanker kulit adalah penyakit pertumbuhan sel-sel kulit pada taraf abnormal. Dan penyebab dari kanker kulit itu sendiri berbeda-beda tergantung pada tingkat keganasan kanker tersebut. Banyak jenis kanker kulit yang bisa terjadi pada kulit anda, namun kanker kulit yang paling umum yaitu kanker kulit melanoma. Kanker kulit melanoma adalah bentuk kanker kulit yang paling berbahaya, karena kanker ini di sebabkan oleh radiasi sinar ultra violet dari sinar matahari, titik yang terbentuk pada kulit yaitu bertekstur keras dan tidak lama kemudian akan berdarah dan membentuk menyerupai kerak pada nasi.

Penyebab kanker kulit

Setiap orang akan berisiko terkena kanker kulit pada waktu tertentu, seseorang akan lebih berisiko terkena kanker kulit jika ada faktor-faktor untuk memicu terjadinya kanker kulit tersebut. Diantaranya adalah :

1. Sinar ultra violet (sinar matahari)

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa salah satu kanker bisa terjadi akibat dari radiasi sinar matahari, karena kebanyakan kanker kulit yang terjadi di akibatkan oleh sinar ultra violet atau paparan sinar matahari.

2. Infeksi kulit

Infeksi kulit dapat menjadi penyebab terbentuknya kanker kulit, meski hal ini sangat kecil kemungkinannya tetapi lebih baik jika anda tetap berhati-hati, karena kanker kulit ini bukan penyakit yang mudah untuk di sembuhkan dan infeksi pada kulit juga dapat merusak sel-sel kulit yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kulit menjadi tidak normal.

3. Lemahnya daya tahan tubuh

Jika daya tahan tubuh anda lemah maka anda akan berisiko tinggi untuk terkena berbagai penyakit termasuk kanker kulit. Sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita akan rusak dan lemah maka hal buruk yang terjadi adalah tubuh akan lebih mudah sakit dan tidak hanya kanker kulit bisa jadi kanker yang lainnya menghampiri tubuh anda, untuk itu kita harus selalu menjaga daya tahan tubuh kita agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Gejala kanker kulit

Gejala dari kanker kulit tergantung dari jenis kanker kulit yang di derita, dan ada tiga jenis kanker kulit yang harus anda ketahui. Ke-3 jenis kanker kulit tersebut adalah :

  • Kanker kulit Melanoma, gejala dari kanker kulit melanoma yaitu : Bercak bercak yang terdapat di kulit akan melebar dan membentuk seperti kerak nasi, dan warna yang di timbulkan akan lebih gelap dari warna di sekitarnya.
  • Kanker kulit Karsinoma sel basal, gejala dari kanker ini adalah : Terdapat benjolan bening, luka yang berwarna cokelat dan bentuknya rata seperti daging.
  • Kanker kulit Karsinoma skuamosa, gejala dari kanker kulit ini diantaranya : Terdapat bercak yang berwarna kemerahan dan akan terasa lembut ketika di raba, bentuknya rata dan bersisik seperti sisik pada ikan.

Dari ke-3 jenis kanker kulit di atas anda dapat membedakan kanker kulit apa yang sedang anda derita,selain penyebab dan gejala dari suatu penyakit tentu ada makanan sehat yang harus kita konsumsi agar kita bisa sehat kembali dan bisa menikmati hidup seperti orang normal yang lainnya. Berikut adalah makanan-makanan sehat yang baik untuk anda konsumsi meski dalam jangka waktu panjang.

15 makanan sehat untuk  mencegah kanker kulit

  • Wortel. Sayuran yang satu ini adalah sayuran yang paling di sukai oleh anak-anak, bahkan para orangtua sering sekali memberikan wortel sebagai asupan gizi yang sehat untuk pertumbuhan mereka. Wortel juga baik untuk penderita kanker kulit karena dapat mencegah pengembangan kanker. Itu terjadi karena kndungan beta karotan yang terdapat pada wortel, wortel juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radiasi yang lainnya.
  • Kunyit. Rempah kuning yang satu ini tidak kalah baik manfaatnya dengan wortel, kunyit juga bisa menyembuhkan kanker kulit jika di konsumsi secara rutin setiap hari, para peneliti juga telah membuktikan bahwa kunyit memiliki banyak kandungan anti kanker yang dapat melawan berbagai jenis kanker secara alami dari dalam tubuh.
  • Alpukat. Buah yang berwarna hijau ini tidak hanya bermanfaat untuk kesegaran lidah, tetapi juga untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit, karena memiliki anti-oksidan yang penting bagi tubuh manusia, alpukat juga menjadi salah satu buah terbaik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan selain dari kandungan vitamin E dan sumber yang baik dari vitamin C dan alpukat juga rendah pestisida.
  • Brokoli. Mengandung beberapa senyawa yang luar biasa yang telah terbukti untuk menghilangkan racun karsinogenik, mengurangi mutasi DNA, dan membunuh kandungan apoptosis pada sel kanker, membantu mencegah perkembangan tumor jinak menjadi tumor ganas, dan membantu mencegah penyebaran kanker dari satu organ yang lain.
  • Buah ceri. Buah ini tentu sering kita lihat di atas kue ulang tahun, ceri ini bermanfaat sebagai makanan sehat yang dapat mencegah kanker kulit, secara alami kandungan alkohol perillyl yang terdapat di dalam buah ceri ini dapat membunuh sel-sel kanker. Untuk itu ceri sangat baik dan merupakan pilihan tepat untuk penyakit kanker kulit.
  • Kurma. Merupakan buah yang kaya akan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kandungan yang terdapat di dalam buah kurma adalah kalsium, zat besi, karbohidrat, sellilosa, vitamin A, B2, B12, dan vitamin C. Maka dari itu buah kurma sangat baik untuk di konsumsi bagi penderita kanker kulit.
  • Jeruk bali. Memiliki kandungan yang baik untuk membunuh sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh anda, karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan senyawa nitrogen yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit.
  • Kulit manggis. Selain untuk kecantikan, kulit manggis juga bermanfaat untuk mengobati kanker kulit. Kulit manggis memiliki 50 kandungan senyawa xanthone, salah satunya seperti alfa-mangostin, gamma-mangostin dan juga garsinon-E  yang mampu melumpuhkan sel-sel kanker yang terdapat di dalam kulit.
  • Apel. Menurut penelitian di Jerman di dalam buah apel terdapat serat alami yang dapat di olah melalui usus besar, serat alami tersebut akan menghasilkan bahan kimia yang dapat melawan pembentukan sel-sel kanker. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa salah satu jenis antio ksidan yang ditemukan dalam apel, yang disebut procyanidins, dapat membantu membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.
  • Mengkudu. Buah mengkudu mengandung dammacanthel, yaitu zat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Sari dari perasan dua atau tiga buah mengkudu juga dapat dibubuhi madu agar rasanya lebih enak.
  • Sarang semut. Kandungan yang terdapat di dalam sarang semut dapat membunuh sel-sel kanker kulit, karena kandungan flavonoid di dalamnya berfungsi melawan tumor dan kanker kulilt.
  • Tomat. Kandungan likopen yang terdapat di dalam buah tomat berperan penting sebagai anti-oksidan untuk membunuh sel-sel kanker pada kulit, dan mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kulit.
  • Teh hijau. Teh hijau memiliki sifat anti-kanker, dan teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat penting untuk tubuh.
  • Ubi jalar. Ini adalah salah satu sayuran yang paling bergizi dan mengandung banyak nutrisi dengan sifat melawan kanker kulit. Ubi jalar juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Terlebih lagi, ubi jalar mengandung protein akar yang memiliki anti-oksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, ubi jalar biasanya rendah pestisida.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *