15 Mitos kopi yang tidak usah di percaya lagi

Mitos tentang kopi ini mungkin akan mengganggu kebiasaan anda yang suka menikmati kopi di pagi hari ketika anda akan melakukan aktivitas di luar rumah, sekarang anda tidak usah khawatir lagi dengan mitos kopi yang buruk untuk kesehatan anda. Meski beberapa orang menganggap bahwa meminum kopi adalah suatu kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Dan artikel ini akan membahas untuk menghilangkan mitos tentang kopi yang buruk untuk kesehatan dan kopi mengatakan hal yang sebaliknya untuk kesehatan.

1. Kopi dan zat adiktif

Benar atau tidaknya tentang kopi yang mengandung zat adiktif itu tergantung dengan pemikiran anda tentang kata “adiktif”. Di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang dapat merangsang sistem saraf anda. Kopi juga dapat merangsang lambung anda untuk bekerja, jika anda mengalami sakit perut ketika sudah meminum kopi, mungkin itu terjadi karena anda belum makan dan sakit perut itu terjadi karena di lambung belum ada asupan, sehingga ketika anda akan meminum kopi sebaiknya terlebih dahulu untuk makan.

2. Kopi dan penurunan berat badan

Sebenarnya hal tersebut memang benar dengan kebiasaan anda yang suka mengkonsumsi kopi. Karena kopi dapat merangsang metabolisme yang dapat menekan anda untuk tidak nafsu makan, selain kopi bisa membakar kalori, kopi juga berperan sebagai oksidasi lemak. Yaitu di mana oksidasi lemak berperan sebagai pemecah lemak untuk di ubah menjadi sumber energi dalam tubuh.

3. Kopi dan insomnia

Kopi sebenarnya tidak menyebabkan anda untuk sulit tertidur atau mengalami insomnia. Insomnia itu terjadi jika anda mengkonsumsi kopi pada waktu 30 sampai 60 menit sebelum anda tertidur. Meski ada beberapa orang yang mengkonsumsi kopi dari 3 sampai 4 jam sebelum mereka tertidur. Itu kembali lagi dengan bagaimana kepekaan pada tubuh mereka dengan kopi.

4. Kopi dan kematian

Secara umum kandungan kafein itu sangat baik untuk tubuh, jika anda mengkonsumsi sekitar 400mg kafein setiap hari nya. Bahkan kebanyakan orang yang mengkonsumsi kopi, hanya mendapatkan sekitar 200mg kafein atau setara dengan 3cangkir kopi setiap hari nya.

5. Kopi dan kesehatan

Itu memang benar, kopi juga baik untuk kesehatan karena kopi bisa melawan penyakit-penyakit tertentu yang terdapat di dalam tubuh manusia. Kopi bisa mencegah risiko tinggi dari penyakit kanker usus besar dan kanker payudara. Selain itu, kopi juga bisa meringankan anda jika anda merasa sakit kepala dan depresi.

6. Kopi dan stres

Kopi itu tidak bisa mencegah atau meringankan anda dari stres, justru sebaliknya. Kopi itu dapat membantu meningkatkan stres yang sedang anda alami. Dengan meminum kopi, anda akan lebih merasa gugup dan cemas, dan kopi juga bisa meningkatkan panik yang terjadi pada anda.

7. Kopi dan kanker

Itu tidak benar, di atas katakan bahwa kopi dapat mencegah kanker usus besar dan kanker payudara. Dan dari penelitian yang telah di lakukan, mengkonsumsi kopi setiap hari tidak ada kaitannya sama sekali dengan penyakit kanker. Bahkan para peneliti mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi akan berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit kanker. Kopi juga membantu anda terhindar dari penuaan agar anda terlihat lebih awet muda.

8. Kopi dan osteoporosis

Ini adalah mitos lain tentang kopi yang tidak ada kebenarannya. Kekurangan kalsium dan vitamin D adalah penyebab dari osteoporosis dan mengkonsumsi kopi memiliki peran di dalamnya. Beberapa faktor lain tentang penyakit osteoporosis adalah kurangnya aktivitas fisik, merokok, berat badan rendah, menopause, diet protein tinggi dan kadar estrogen yang rendah. Dan jika anda mengkonsumsi dalam jumlah sedang kopi setiap hari tidak meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

9. Kopi dan keguguran

Ini adalah sebuah kesalahpahaman lain yang tidak memiliki bukti yang kuat tentang kopi. Ilmuwan telah menemukan bahwa tidak ada hubungan langsung antara minum kopi dan keguguran. Demikian pula wanita yang mengambil kopi secara teratur tidak selalu melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Wanita yang minum banyak kopi setiap hari tidak akan menghadapi kesulitan dalam mendapatkan hamil atau ketidaksuburan.

10. Kopi dan Dehidrasi

Mitos lainnya tentang kopi adalah dehidrasi, kadar air yang terdapat dalam kafein sangat cukup untuk menghindari anda agar tidak terkena dehidrasi, justru University of Birmingham, Inggris, di tahun 2014 menemukan bahwa peminum kopi kemungkinan besar bisa membentuk suatu kekebalan tersendiri terhadap efek dehidrasi dari kafein.

11. Kopi dan kecerdasan otak

Setelah anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Di dalam aliran darah kafein mengalir ke dalam otak, ketika itu terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin akan meningkat. Banyak percobaan pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, dan tingkat energi.

12. Kopi dan penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang tidak memiliki obat, dan penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sudah berada di atas 65 tahun. Seorang peminum kopi dapat terhindar dari penyakit alzheimer ini sekitar 60%.

13. Kopi dan organ hati

Kopi memiliki efek yang baik untuk melindungi hati anda dari penyakit sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih kopi dalam satu hari memiliki risiko 80% lebih rendah untuk terkena penyakit sirosis.

14. Kopi dan penyakit stroke

Sebuah studi mengatakan bahwa kopi tidak akan menyebabkan terkena penyakit jantung, bahkan orang yang suka mengkonsumsi kopi memiliki sekitar sedikitnya 20% lebih rendah terhindar dari penyakit stroke.

15. Kopi dan antioksidan

Untuk seseorang yang sedang menjalankan diet, mengkonsumsi kopi adalah salah satu pilihan yang baik karena kopi memiliki kandungan antioksidan untuk tubuh manusia yang bisa di dapatkan dua kali lipat lebih banyak dari buah dan sayuran. Dan sebuah studi mengatakan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *