4 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer akhir-akhir ini diperkirakan terus meningkat, jika bicara tentang tidak ada obat untuk penderita alzheimer, itu tidak berlaku lagi sekarang.

Sebab, penemuan baru telah mengatakan bahwa ada tanaman herbal alami yang dapat dijadikan obat untuk penderita alzheimer.

Tentunya tanpa menimbulkan efek samping apapun. Berikut dibawah ini adalah empat tanaman herbal yang dapat mengatasi penyakit alzheimer.

Tanaman Herbal Ginkgo Biloba

Tanaman yang satu ini dikenal untuk mendukung aliran darah dan oksigen ke otak. Ginkgo biloba dapat mempromosikan kognisi mata menurut penelitian barat. The University of Maryland Medical Center menemukan bahwa ginkgo biloba dapat membantu pasien alzheimer.

Dalam sebuah studi pada tahun 2010 yang telah diterbitkan dalam BMC Geriatrics ditemukan bahwa ginkgo biloba merupakan ramuan yang lebih efektif daripada plasebo dalam mengurangi demensia yang terkait dengan alzheimer.

Selain itu, sebuah penelitian terbaru di Cina juga telah membuktikan bahwa dari 120 pasien dengan penyakit alzheimer dapat sembuh secara total selama 6 bulan dengan menggunakan ginkgo biloba. Hasil uji klinis pada tahun 2009 juga telah menjelaskan bahwa ginkgo biloba memiliki efek yang konsisten pada penderita alzheimer yang dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif pada otak manusia.

Dua penelitian lainnya yang telah dianalisis juga menyatakan hasil yang sama dengan menggunakan penilaian yang berbeda. Tetapi hasil dari keduanya tidak menunjukan perbedaan yang signifikan secara statistik. Itu berarti bahwa ginkgo biloba memang benar-benar bisa dijadikan obat bagi penderita alzheimer.

Tanaman Herbal Lemon balm

Pada abad ke-16 Dokter Swiss Paracelsus menjual lemon balm untuk sang raja dengan jaminan bahwa lemon balm tersebut dapat menghambat kepikunan dini. Ramuan tersebut secara terus menerus menarik perhatian di laboratorium modern ini. Lemon balm memiliki potensi tersendiri untuk membantu menyembuhkan pasien penderita alzheimer.

Profesor Elaine Perry dari Newcastle University menguji efek dari lemon balm pada enzim reseptor yang bertanggung jawab untuk membantu mengirimkan sinyal molekul asetilkolin ke saraf. Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan, tetapi hal tersebut telah membuktikan bahwa lemon balm adalah salah satu tanaman herbal yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit alzheimer.

Penelitian terbaru lainnya juga mengatakan bahwa lemon balm dapat merangsang reseptor Acetylcholinesterase otak. Beberapa peneliti juga telah menyelidiki berbagai efek dari ramuan herbal yang dapat meningkatkan fungsi koginitif dan meningkatkan memori atau daya ingat seseorang termasuk penderita alzheimer.

Spekulasi lain yang ditunjukkan para peneliti adalah bahwa lemon balm juga memiliki satu fungsi yang sama dengan sage, yaitu dapat menghambat Ach, itu sebabnya mengapa lemon balm juga dapat berguna dalam pengobatan alzheimer.

Tanaman Herbal Ginseng

Selain dapat mengatasi penyakit diabetes, kanker, filek dan flu ternyata ginseng juga dapat menjadi salah satu obat herbal bagi mereka penderita alzheimer. Amerika dan Asia telah mempelajari efek berpotensi dari ginseng yang dapat menguntungkan bagi penderita alzheimer.

SQ Hu, seorang penulis artikel yang diterbitkan di Journal Of Medical Center mengklaim bahwa ekstrak ginseng dapat mengurangi kematian sel pada penyakit alzheimer. Kemudian, dalam penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh para ilmuwan juga telah ditemukan bahwa senyawa tertentu dalam ginseng dapat membantu menghambat perkembangan dari penyakit alzheimer.

Senyawa ini termasuk ginsenosides, merupakan kandungan yang terdapat dalam ginseng berfungsi sebagai anti inflamasi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di FASEB Journal The Official Publication of the Federation of American Societies for Experimental Biology pada tahun 2006 juga telah dilakukan percobaan hewani.

Hasilnya menunjukan bahwa pengobatan pasien alzheimer dengan menggunakan ginsenosides dalam ginseng memiliki penurunan yang signifikan pada tingkat amiloid beta (merupakan zat pembentuk plak dalam otak yang berbahaya pada penyakit alzheiemer).

Tanaman Herbal Sage

Sage merupakan salah satu ramuan andalan dari waktu ke waktu. Sage juga telah diteliti oleh para peneliti dari Newcastle University yang sama dengan lemon balm. Ya, sage juga mampu untuk meningkatkan fungsi kognitif. Jika lemon balm mampu merangsang reseptor Acetylcholinesterase maka sage dapat menghambat aktivitas ACh.

ACh merupakan salah satu faktor neurologis utama dalam perkembangan penyakit alzheimer. Beberapa studi terbaru dan lebih bijak juga telah mengatakan bahwa sage dapat meningkatkan memori dan bahkan mungkin dapat mencegah penyakit alzheimer.

Penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacology Biochemistry and Behavior pada Juni tahun 2003, juga telah melihat efek yang ditimbulkan oleh sage pada test daya ingat manusia. Para peneliti menggunakan 45 individu dalam 2 kelompok, yang mana satu kelompok pasien alzheimer menggunakan pengobatan plasebo dan satu kelompok lainnya menggunakan minyak esensial dari sage.

Hasilnya menunjukan bahwa satu kelompok dari mereka yang menggunakan minyak esensial yang terbuat dari sage memiliki peningkatan daya ingat yang signifikan. Hal tersebut telah membuktikan bahwa sage memang layak untuk dijadikan obat herbal bagi penderita alzheimer.

2 Comments

  1. lingga

    Ass, mw pesan daun sage bagaimana caranya ya

    Reply
    1. Admin Toko

      Mohon maaf kami tidak menyediakan herbal sage… Namun tersedia herbal ginkgo biloba yang siap Anda pesan disini 🙂

      Terimakasih sudah berkunjung,

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *