5 Cara Menyembuhkan Luka Bakar Secara Alami

Luka bakar adalah suatu kondisi yang umum terjadi akibat kontak langsung dengan api atau sejenis lainnya. Hal ini dapat menyebabkan proses penyembuhan yang membutuhkan waktu cukup lama serta dapat meninggalkan bekas luka.

Luka bakar tingkat pertama bisa terjadi dengan ciri-ciri seperti kulit memerah, rasa sakit dan bengkak.Sedangkan luka bakar tingkat kedua biasanya ditandai dengan ciri seperti nyeri sedang, kulit memerah dan terkelupas, serta memiliki cairan dalam jaringan.

Dan luka bakar tingkat ketiga adalah luka bakar yang biasanya memiliki ciri-ciri seperti luka yang menembus kulit dan dapat menghancurkan lapisan dalam jaringan kulit, sehingga kulit akan berubah menjadi hangus dan bahkan akan sangat menyakitkan jika sel-sel saraf hancur.

Cara Menyembuhkan Luka Bakar

Gunakan Pasta gigi

Jika anda mendapatkan luka bakar karena tidak sengaja menyentuh sesuatu yang panas tanpa lampin atau mendapatkan cipratan dari sesuatu yang mendidih maka anda bisa menggunakan pasta gigi untuk mengatasi luka bakar tersebut. Tidak mungkin jika anda tidak memiliki pasta gigi dirumah.

Selain cara ini sederhana, pasta gigi juga bisa sangat mudah untuk anda dapatkan di kamar mandi anda. Cukup dengan mengoleskan pasta gigi tersebut pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Biarkan hingga luka bakar tersebut kering dengan sendirinya.

Gunakan Lidah buaya

Obat lain memang banyak dan sering sekali digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Tapi apakah anda tahu bahwa lidah buaya dapat anda gunakan untuk menyembuhkan luka bakar pada tubuh. Selain itu beberapa bukti telah menunjukan bahwa gel yang terdapat dalam lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka bakar yang cukup serius, menghilangkan rasa sakit, bengkak dan membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya juga menjadi bahan alternatif untuk membantu melembabkan kulit kering akibat luka bakar.

Gunakan Cuka

Cuka dapat dikatakan menjadi salah satu bahan yang memiliki efek pengurang rasa nyeri pada luka bakar. Kedua zat yang terdapat dalam cuka mampu membantu mengencangkan kulit, dan menjadi salah satu bahan sebagai anti bakteri sehingga luka bakar yang anda miliki tidak akan memiliki bakteri.

Untuk pengobatan luka bakar ringan, anda cukup mencampurkan cuka dengan sedikit air kemudian rendam kain lap yang bersih kedalam larutan tersebut. Jika sudah, maka anda dapat secara langsung membalutkanya pada luka bakar anda, ulangi beberapa kali untuk hasil terbaik.

Gunakan Madu

Selain berguna untuk meringankan sakit tenggorokan dan meningkatkan energi, madu juga berfungsi untuk menyembuhkan luka bakar. Hal ini dapat terjadi karena madu memiliki bahan anti inflamasi dan sifat anti bakteri serta mungkin madu menjadi satu-satunya obat rumah yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Beberapa bukti lainnya juga telah menujukan bahwa luka bakar yang menyebar pada bagian tubuh dapat disembuhkan dengan madu. Selain itu, madu juga mensterilkan serta menyembuhkan luka bakar pada daerah yang terkena, mengurangi rasa sakit serta dapat melindungi jaringan parut. Beberapa studi bahkan telah menunjukan bahwa madu dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat dibandingkan dengan krim antibiotik lainnya.

Gunakan Kentang mentah

Kentang mentah dapat mengobati luka bakar pada kulit karena memiliki sifat anti iritasi dan sifat yang menenangkan. Dengan kentang, anda juga dapat mengurangi rasa sakit serta mengurangi lecet pada luka bakar yang terdapat dalam anggota tubuh. Anda hanya cukup dengan memotong kentang mentah kemudian gosokan pada luka bakar.

Pilihan lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan cara memarut kentang mentah dan menerapkannya pada daerah yang terkena luka bakar selama 15 menit. Untuk hasil terbaik, anda bisa menggunakan kentang mentah pada saat pertama kali luka bakar itu terjadi. Jangan sesekali anda menggunakan putih telur dan mentega sebab hal tersebut dapat menghambat proses penyembuhan, sehingga luka bakar akan sangat rentan dengan infeksi.


Selain anda bisa menggunakan bahan-bahan alami diatas, anda juga dapat menggunakan obat lain yang direkomendasikan, seperti Qnc Jelly Gamat untuk meringankan luka bakar. Anda hanya cukup mengoleskannya pada luka bakar yang anda miliki sebanyak 2 kali sehari dan jangan mencuci luka tersebut sebelum kering.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *