5 Cara meringankan nyeri lutut dengan makanan

Jutaan orang memiliki kelemahan pada lutut akibat dari penyakit osteoarthritis. Penelitian terbaru telah menunjukan bahwa makanan tertentu dapat membantu meringankan nyeri lutut tanpa anda harus menggunakan obat-obatan, menurunkan berat badan bahkan operasi. Berikut adalah makanan yang harus anda tambahkan kedalam hidangan anda.

Cara Meringankan Nyeri Lutut dengan Makanan

Makan protein Kedelai

Nyeri lutut? makan protein kedelai. Orang-orang yang mengalami nyeri lutut akan mengalami keadaan yang kurang nyaman. Jika anda memakan protein kedelai setiap hari selama tiga bulan maka nyeri pada lutut anda akan berkurang. Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh Oklahoma State University.

Kedelai kaya akan kandungan isoflavon, yang merupakan hormon tanaman dengan sifat anti inflamasi. Seseorang yang mengkonsumsi minuman campuran bubuk kedelai dengan kandungan 40 gram protein, akan mendapatkan manfaat yang bisa mengurangi nyeri lutut atau bahkan dapat menyembuhkan nyeri tersebut.

Makan Bayam

Bayam sangat kaya dengan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein. Kedua antioksidan tersebut dapat memberikan perlindungan yang memadai bahkan cukup bagus untuk penderita nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoarthritis. Orang-orang yang menderita nyeri lutut secara berulang sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam.

Anda dapat mengolah bayam dengan cara anda sendiri. Bisa diolah menjadi sup atau bahkan anda bisa membuatnya menjadi segelas jus dan meminumnya pada waktu pagi hari ketika bangun tidur dengan keadaan perut yang masih kosong.

Makan Jahe

Asupan jahe yang banyak akan sangat menguntungkan bagi mereka yang mengalami nyeri lutut. Anti inflamasi yang dimiliki jahe dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang ditimbulkan dari nyeri lutut tersebut. Anda dapat secara langsung memakan jahe atau bahkan jika anda tidak kuat dengan rasa pedas yang timbul dari jahe maka mencampurkan jahe dengan makanan yang akan anda makanan dapat menjadi suatu ide yang sangat bagus.

Masih tidak suka dengan caranya? Anda dapat meminum segelas susu hangat yang dicampurkan dengan satu sendok teh bubuk jahe didalamnya. Hal tersebut dapat mengurangi nyeri lutut kronis yang anda alami.

Makan Ikan

Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa ikan dan minyak ikan dapat mengurangi sendi dan kekakuan dari rheumatoroid arthritis termasuk nyeri lutut. Sekarang, sebuah penelitian baru juga telah mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat memblokir bahan kimia yang menyebabkan peradangan pada lutut.

Tidak hanya bahan kimia saja tetapi protein yang terdapat dalam ikan juga bisa melindungi tulang rawan yang terdapat di bawah lutut. Makan 2 porsi ikan setiap hari tetapi untuk anda yang mengalami nyeri lutut kronis sebaiknya makan ikan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Makan Buah-buahan

Beberapa jenis buah dapat membantu mengurangi rasa sakit di lutut. Orang-orang dengan keluhan sakit lutut konstan harus lebih banyak mengkonsumsi tinggi vitamin C. Antioksidan yang kaya dengan vitamin C dapat menghambat degenerasi sendi pada lutut yang merupakan penyebab utama yang tidak tertahankan dari nyeri lutut.

Makan makanan yang kaya dengan vitamin C secara teratur untuk dapat mengurangi pertumbuhan lesi dari sumsum tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin C tidak hanya dari buah jeruk saja, anda juga bisa mendapatkannya dari buah pepaya, buah kiwi, dan buah mangga untuk menyembuhkan rasa sakit di lutut.

Bahkan ada makanan dengan kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk. Tentunya, itu lebih baik bagi tubuh anda yang berfungsi mempercepat penyembuhan dari peradangan tersebut.

Sebelum anda mengalami nyeri pada lutut, tentunya akan ada penyebab dibalik rasa sakit yang anda rasakan tersebut. Bisa saji bahwa sebelumnya anda memakan makanan yang dapat membuat persendian terluka. Sebab itu, sebaiknya anda ketahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan bagian persendian anda menjadi terluka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *