6 Acaman kesehatan yang sering terjadi pada perempuan

Kesehatan perempuan dan laki-laki tentu tidak akan sama, kesehatan perempuan termasuk salah satu contoh dari kesehatan penduduk yang mana kesehatan itu sendiri menurut Organisasi Kesehatan Dunia di definisikan sebagai  “keadaan lengkap atau kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang tidak adanya penyakit atau kelemahan”.

Apakah anda tahu bahwa kesehatan perempuan dapat terancaman berbagai penyakit? Mungkin anda akan terkejut mendengarnya. Langkah dan pencegahan mungkin harus anda lakukan untuk menghindari ancaman risiko terbesar yang akan terjadi. Berikut di bawah ini adalah beberapa masalah atau penyakit yang sering mengganggu kesehatan perempuan.

1. Kanker Ovarium

Lebih dari 250.000 wanita per tahun yang terkena kanker ovarium , dan itu bertanggung jawab untuk tiga persen dari semua kasus kanker di kalangan perempuan. Wanita dalam usia atau kelompok etnis dapat mengembangkan kanker ovarium, tetapi wanita Kaukasia secara statistik lebih mungkin di diagnosis.

Dan gejala yang biasanya terjadi adalah kembung, nyeri panggul atau perut , dan urgensi konstan untuk buang air kecil yang sulit, itu alasan mengapa kanker ovarium bisa sangat mematikan. Oleh sebab itu, anda perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab dari kanker ovarium ini.

Kabar baiknya adalah bahwa jika kanker ovarium tertangkap pada tahap awal, wanita memiliki kesempatan yang baik untuk bertahan hidup, hidup sehat, dan hidup normal. Kontrasepsi oral juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker ini bagi banyak perempuan. Beberapa studi menunjukkan bahwa sekitar 50% wanita yang telah mengambil pil KB selama lebih dari 15 tahun lebih mungkin untuk mengembangkan kanker ovarium.

2. Komplikasi Kehamilan

Dari banyaknya keguguran yang terjadi pada perempuan, serta banyaknya bayi yang lahir secara prematur menjadikan perempuan lebih rentan untuk memiliki risiko komplikasi pada kehamilan. Fakta yang lebih menakutkan adalah bahwa perempuan saat ini benar-benar rentan terhadap komplikasi kehamilan dimana hal tersebut lebih bahaya dari perempuan yang tidak mengalami komplikasi kehamilan.

Komplikasi kehamilan ini terjadi karena pada saat proses kehamilan, perempuan memiliki penyakit dalam tubuh mereka seperti diabetes, obesitas serta penyakit jantung. Mengapa komplikasi kehamilan bisa terjadi? Selain karena adanya penyakit, komplikasi kehamilan juga bisa terjadi akibat kurangnya kebersihan yang dilakukan pada saat kehamilan.

Oleh sebab itu, saya sarankan pada semua perempuan untuk menjalani proses kehamilan yang sehat dan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, supaya bisa terhindar dari komplikasi kehamilan, khususnya untuk kalian para wanita yang memiliki penyakit jantung,diabetes dan obesitas. Karena hal tersebut dapat membantu kalian.

3. Kebersihan Menstruasi

Kebersihan pada saat menstruasi sangat perlu di lakukan, dan ini berlaku untuk semua perempuan di dunia. Karena jika kalian tidak bisa menjaga kebersihan pada saat menstruasi, tentu akan banyak masalah yang kalian jumpai. Seperti terjadinya dismenore pada saat menstruasi.

Mengapa demikian? Dismenore atau kram pada saat menstruasi terjadi karena adanya perkembangan jaringan yang melapisi rahim dan berkembang diluar rahim. Faktor utama dari adanya dismenore adalah kurangnya menjaga kebersihan pada saat menstruasi. Seperti penggunaan pembalut yang tidak steril dari kuman sehingga menyebabkan kandungan kimia yang terdapat pada pembalut berkembang di dalam tubuh dan melukai rahim sehingga rahim mengalami kram.

4. Gangguan Payudara

Gangguan payudara mungkin bukan kanker (jinak) atau kanker (ganas). Karena kebanyakan gangguan payudara non-kanker dan tidak mengancam nyawa. Seringkali, kanker payudara tidak memerlukan pengobatan. Sebaliknya, kanker payudara bisa berarti kehilangan payudara.

Dengan demikian, bagi banyak perempuan kanker payudara adalah ketakutan terburuk mereka. Namun, potensi masalah dapat di deteksi lebih awal ketika perempuan secara teratur memeriksa payudara mereka sendiri, diperiksa secara teratur oleh dokter mereka, dan memiliki program sendiri seperti yang direkomendasikan. Mendeteksi kanker payudara adalah hal penting untuk mendapatkan pengobatan yang berhasil.

5.  Kesehatan Reproduksi

Masalah kesehatan seksual dan reproduksi yang bertanggung jawab untuk sepertiga dari masalah kesehatan bagi wanita antara usia 15 dan 44 tahun. Seks yang tidak aman merupakan faktor risiko utama khususnya di kalangan perempuan dan anak perempuan di negara-negara berkembang.

Ini adalah alasan mengapa sangat penting untuk mendapatkan pelayanan kepada 222 juta perempuan yang tidak mendapatkan pelayanan kontrasepsi yang mereka butuhkan. Jika sistem reproduksi perempuan rusak maka akan lebih banyak lagi gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi. Sehingga akan menyebabkan berbagai penyakit yang berakhir dengan kematian. Pada tahun 2013 hampir 300.000 perempuan meninggal akibat rusaknya sistem reproduksi.

6. Penyakit Stroke

Stroke menimbulkan risiko yang signifikan untuk kesehatan perempuan di Amerika Serikat. Ini tidak hanya bertanggung jawab untuk hampir 8 persen dari semua kematian perempuan, tetapi juga penyebab utama kecacatan jangka panjang di Amerika Serikat.

Dan perempuan lebih sering terkena kondisi ini dibandingkan laki-laki, hampir 55.000 lebih wanita memiliki stroke setiap tahun, dan sekitar 60 persen dari jumlah total kematian yang terjadi pada wanita diakibatkan oleh penyakit stroke. Untuk alasan ini, para wanita sangat penting belajar untuk mengenali tanda-tanda stroke.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *