6 Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Memilih makanan sehat selama kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Karena selama masa kehamilan tubuh anda lebih banyak membutuhkan vitamin dan mineral. Bahkan, pada trimester ke 3 anda akan lebih membutuhkan 350-500 kalori. Di sarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi.

Langkah sederhana yang perlu anda ambil adalah mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang akan membantu memastikan kesehatan bayi anda pada saat lahir. Berikut di bawah ini adalah daftar makanan sehat yang perlu dan sangat di anjurkan untuk ibu hamil.

1. Produk Susu

Selama kehamilan, anda perlu mengkonsumsi tambahan protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Susu adalah produk makanan terbaik yang kaya akan kandungan kalsium didalamnya. Selain itu, susu juga menyediakan posfor, vitamin B, magnesium dan seng. Yoghurt sangat di anjurkan untuk ibu hamil karena memiliki lebih banyak kandungan kalsium dibandingkan dengan produk susu lainnya.

  • Intinya, produk susu terutama yoghurt adalah pilihan yang cocok untuk wanita hamil. Produk susu membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium. Probiotik juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber nabati yang sangat baik dari serat , protein, zat besi, asam folat (B9) dan kalsium, yang semuanya di butuhkan lebih oleh tubuh selama kehamilan. Folat merupakan salah satu vitamin B (B9). Hal ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama. Jika wanita hamil tidak cukup mengkonsumsi asupan folat biasanya bayi yang dilahirkan akan mengalami cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan yang rendah. Kacang-kacangan mengandung jumlah tinggi asam folat, bahkan beberapa varietas juga tinggi zat besi, magnesium dan kalium.

  • Intinya, kacang-kacangan adalah sumber folat, serat dan nutrisi lainnya. Folat adalah nutrisi yang sangat penting selama kehamilan, dan dapat mengurangi risiko beberapa cacat lahir dan penyakit.

3. Ubi jalar

Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, yaitu senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk pertumbuhan, serta untuk diferensiasi pada sel-sel dan jaringan. Hal ini sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat. Wanita hamil umumnya disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A dari 10 sampai 14%. Wanita hamil juga disarankan untuk menjauhi kandungan vitamin A yang terdapat dalam produk atau bahan hewani karena dapat menyebabkan keracunan jika di konsumsi secara berlebihan.

  • Intinya, ubi jalar merupakan sumber beta-karoten, yang mengubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk pertumbuhan dan diferensiasi pada pertumbuhan sel-sel pada janin.

4. Telur

Telur adalah makanan sehat yang paling utama karena mengandung sedikit nutrisi yang anda butuhkan. Telur mengandung 77 kalori, serta berkualitas tinggi protein dan lemak. Telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Telur adalah sumber kolin dimana kolin sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh, termasuk perkembangan otak dan kesehatan. Asupan kolin rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat saraf yang dapat menyebabkan penurunan fungsi otak.

  • Intinya, telur sangat bergizi dan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Telur juga mengandung kolin dan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan perkembangan otak.

5. Brokoli

Brokoli mengandung serat, vitamin C, vitamin K , vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium. Brokoli dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan serta dapat membantu mencegah sembelit. Ini adalah masalah yang sangat umum di kalangan wanita hamil. Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko berat badan lahir rendah.

  • Intinya, brokoli dan sayuran hijau mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil. Brokoli juga kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit.

6. Minyak Ikan

Minyak ini sangat kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, yang penting untuk otak dan perkembangan mata pada janin. Minyak ikan juga mengandung vitamin D. Kekurangan asupan vitamin D pada ibu hamil telah di kaitkan dengan peningkatan risiko penyakit preeklamsia. Komplikasi yang berbahaya ini ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan tangan dan kaki, dan protein dalam urin.

Mengkonsumsi minyak ikan selama awal kehamilan juga sangat baik karena dapat menstabilkan berat badan bayi saat lahir dan terhindar dari penyakit di kemudian hari. Namun, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih dari satu porsi (satu sendok makan) per hari, karena terlalu banyak preformed vitamin A bisa berbahaya bagi janin. Tingginya kadar omega-3 juga mungkin memiliki efek pengencer darah.

  • Intinya, satu porsi tunggal minyak ikan menyediakan asam lemak omega-3 lebih dari jumlah yang diperlukan, vitamin D dan vitamin A pada minyak ikan mungkin sangat penting bagi wanita yang tidak mengkonsumsi makanan laut.

Ingat, apa yang anda makan selama kehamilan akan mempengaruhi energi dan kesejahteraan anda. Secara langsung, hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan bayi dalam perut anda. Karena kebutuhan kalori dan nutrisi akan meningkat ketika anda sedang dalam masa kehamilan.

Jadi sangat penting untuk anda mengkonsumsi makanan yang padat nutrisi, penuh gizi serta sehat. Kenaikan berat badan pada saat kehamilan adalah hal yang normal dan biasa terjadi, hal yang perlu di perhatikan adalah bagaimana cara anda untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan mencari tahu faktor risiko yang mempengaruhi kehamilan anda agar anda bisa tetap waspada dan berhati-hati selama proses kehamilan berlangsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *