6 Tips untuk menjaga kebugaran jasmani untuk pria dan wanita

Ingin langsing atau memiliki fisik yang bugar? Untuk wanita dan laki-laki penampilan pasti menjadi salah satu peran penting dalam kehidupan, apalagi jika memiliki bentuk tubuh yang ideal serta bugar. Nah, untuk kalian yang ingin memiliki tubuh yang bugar serta tubuh langsing untuk wanita, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menjaga kebugaran agar tubuh anda tetap bugar dan tetap dalam bentuk tubuh yang ideal. Berikut di bawah ini adalah bahasan yang bisa kalian coba di rumah.

Tips Menjaga kebugaran Jasmani

1. Dasar-Dasar Gizi

Untuk tips yang pertama anda bisa menanyakan dasar gizi yang di perlukan tubuh anda pada ahli gizi atau ahli kebugaran. Yang di maksudkan dengan dasar gizi di sini adalah bahwa anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat, selain makanan sehat merupakan pendidikan untuk hidup anda, makanan sehat juga merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sumsum tulang belakang pada tubuh. Melakukan diet yang tepat dengan mengkonsumsi makanan yang berkualitas bisa anda lakukan untuk menjaga kebugaran seperti mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, protein total, karbohidrat kompleks, lemak baik termasuk minyak ikan dan biji rami yang bisa anda masukan pada menu diet sehat anda. Dan perlu anda ketahui bahwa fast food sangat tidak di anjurkan karena fast food memiliki terlalu banyak kandungan lemak jenuh untuk tubuh.

2. Persiapan Kedepan

Maksudnya adalah, anda harus memiliki strategi pada setiap aktivitas yang anda lakukan untuk tetap bisa menjaga kebugaran agar anda bisa mencapai target yang anda inginkan. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa membuat jadwal harian seperti jadwal pelajaran yang biasa di lakukan oleh anak-anak yang bersekolah. Itu akan lebih membantu anda dalam mengontrol aktivitas rutin yang anda lakukan. Untuk tercapainya target yang anda inginkan anda harus bisa konsisten dalam setiap latihan yang anda lakukan. Manusia adalah makhluk kebiasaan. Membuat latihan termasuk bagian rutin dari rutinitas anda setiap hari dan anda harus menaatinya. Latihan cukup yang konsisten akan sangat baik sehingga tidak ada lagi keputusan sehari-hari untuk melakukannya atau tidak.

3. Menyegarkan nafas dan otot

Dalam sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition, pria yang minum 2 gelas air dengan 0,05 mililiter yang di campur dengan minyak peppermint dan kemudian berlari di treadmill dapat menguji stamina dan kekuatan mereka. Mint muncul untuk membantu mengendurkan otot-otot, meningkatkan oksigen ke otot dan otak, dan meningkatkan ambang nyeri, yang menyebabkan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Dan kegiatan itu sangat baik dilakukan karena bisa mencegah tubuh anda dari penyakit yang dapat merusak jantung, otak dan fungsi otot seperti terhindar dari penyakit jantung, asam urat serta penyakit lain nya yang bisa menghambat cara kerja otot pada tubuh.

4. Buatlah tujuan kebugaran untuk diri sendiri
Memiliki tujuan kebugaran adalah cara yang bagus untuk tetap fokus dan menjaga kebugaran rutin yang konsisten. Jika anda tidak peduli pada tujuan itu akan sulit untuk anda mendapatkan kebugaran karena untuk tetap menjaga kebugaran di perlukan upaya untuk mencapai nya dan hal tersebut membuat anda terlibat di dalam nya. Apakah anda mencoba untuk mendapatkan tubuh yang lebih kuat? Apakah anda ingin menyelesaikan dua puluh push-up? kerjakanlah hingga kebugaran tubuh anda bisa tercapai.

5. Menimbang berat badan

Jika anda ingin tetap menjaga kebugaran pada tubuh anda, untuk wanita khususnya. Kalian bisa menimbang berat badan agar tubuh tetap dalam keadaan yang ideal. Jika berat badan anda naik atau turun, tentu anda harus berusaha lebih keras lagi untuk bisa mengembalikan bentuk tubuh anda seperti semula. Sebaiknya saran yang di anjurkan adalah anda harus bisa mengontrol mulut anda untuk tidak mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, dan di sarankan untuk memakai pemanis alami untuk setiap makanan yang di hidangkan. Karena selain tidak bisa mendapatkan kebugaran, jika anda sering mengkonsumsi makanan yang terlalu manis bisa saja tanpa anda sadari anda bisa mengidap penyakit diabetes. Jika anda sudah mengidap penyakit diabetes ada baiknya anda mengetahui perbedaan dari diabetes karena penyakit diabetes tipe 2 merupakan penyakit diabetes yang paling mengancam jiwa.

6. Menjaga Waktu Tidur

Menjaga jadwal tidur yang tepat, yang bagi kebanyakan orang berarti delapan jam tidur berkualitas setiap malam. Dr. Noble menjelaskan “Bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit jantung dan meningkatkan suasana hati” Jika anda memiliki gangguan tidur seperti insomnia, maka anda wajib untuk mengetahui penyebab serta bagaimana mengatasi insomnia agar anda bisa mendapatkan waktu tidur yang baik.

Untuk menjaga kebugaran fisik, para ahli merekomendasikan :

  1. Mendapatkan hati anda memompa dengan kegiatan sistem kardiovaskular
    Bertujuan untuk menghindari penyakit kardiovaskular. Setidaknya anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit pada intensitas sedang kemudian melakukan aktivitas fisik sebanyak 5 kali atau lebih dalam satu minggu.
  2. Meningkatkan otot dan kebugaran melalui latihan kekuatan
    Anda bisa melatih otot selama 8 sampai 10 latihan resistensi atas sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Pastikan untuk menyertakan satu set latihan untuk setiap kelompok otot utama (lengan, kaki, punggung, dan dada). Setiap set latihan harus mencakup 8 sampai 12 kali pengulangan. Ketika anda mendapatkan otot yang lebih kuat, anda mungkin ingin berlatih dari 2 hingga 3 set latihan untuk setiap kelompok otot utama.
  3. Melakukan peregangan
    Anda bisa melakukan peregangan terlebih dahulu selama 20 sampai 30 menit, kegiatan peregangan bisa di lakukan minimal 2 sampai 3 hari dalam satu minggu. Pastikan untuk meregangkan setiap kelompok otot utama (lengan, kaki, punggung, dan dada).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *