7 Cara Cepat Kembalikan Hormon Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan, tentunya anda akan mengalami perubahan suasana hati dan kelelahan yang begitu parah. Anda tidak perlu heran karena hal tersebut cukup normal. Anda harus menyadari fakta bahwa melahirkan dapat mengganggu keseimbangan hormon anda. Beberapa gejala yang amat sulit termasuk masalah haid, kelelahan, ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan serta infeksi yang berulang. Apa yang menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon pasca melahirkan?

Penyebab ketidakseimbangan hormon pasca melahirkan

Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi selama setiap saat anda setelah melahirkan. Anda tentu saja tidak mengalami hal ini sendirian, jika anda tidak mengalami ini pada kelahiran pertama, itu bukan berarti bahwa anda tidak akan mengalaminya pada kehamilan berikutnya.

Penyebab utama dari ketidakseimbangan hormon pasca melahirkan adalah dominasi Esterogen. Selain anda dapat memiliki penyebab, anda juga dapat memiliki tanda dan gejala bahwa anda tidak memiliki keseimbangan hormonEsterogen dan Progesteron adalah dua hormon wanita yang memainkan peranan penting selama kehamilan dan persalinan.

Keseimbangan dari kedua hormon tersebut sangat penting untuk periode sehat dari Postpartum Distress Syndrome. Ini adalah dampak langsung yang terjadi pada bahan kimia dalam otak anda yang mengontrol emosi dan suasana hati. Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah.

Berikut ini adalah dampak dari Postpartum Distress Syndrome:

  • Perubahan hormon yang cepat dan terjadi selama setelah kehamilan untuk menginduksi kondisi gangguan sindrom postpartum.
  • Anda akan mengalami beberapa gejala dari baby blues, seperti kehilangan nafsu makan, lekas marah, terlalu peka, rendah diri, dan menangis.
  • Jika anda mengalami gejala seperti hilangnya nafsu makan atau susah tidur, maka kemungkinan besar anda akan mengalami depresi postpartum dan hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengunjungi dokter anda.

Mengapa perubahan hormon dapat menyebabkan Postpartum Distress Syndrome?

Setelah melahirkan, tingkat hormon Esterogen dan Progesteron dalam tubuh anda akan berubah secara tiba-tiba. Selama kehamilan, mungkin kedua hormon tersebut akan berada di tingkat normal. Tetapi setelah melahirkan, tingkat normal dari kedua hormon secara bertahap akan mencapai tingkatan yang optimal dalam 24 jam setelah melahirkan.

Karena lonjakan tersebut, maka anda dapat memiliki ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan terjadinya gangguan sindrom postpartum. Bagaimana untuk mencegah hal tersebut terjadi? Apakah ada cara yang dapat mengembalikan hormon setelah melahirkan? Ya, tentu saja ada. Anda dapat menggunakan cara sederhana ini, untuk dapat mengembalikan keseimbangan hormon pasca melahirkan.

Cara Mengembalikan Hormon Pasca Melahirkan

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya banyak masalah pada diri anda, dan berikut ini adalah cara cepat yang dapat mengembalikan hormon anda ke tingkat normal.

1. Olahraga

Berjalan di pagi hari dan melakukan beberapa latihan ringan setiap hari dapat dengan mudah mengembalikan hormon dalam tubuh anda. Hal tersebut dapat sangat  membantu dan  berguna untuk anda.

Anda tidak harus melakukan latihan yang berat, karena hal tersebut dapat memaksa jantung anda untuk bekerja lebih keras. Beberapa latihan lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan hormon dalam tubuh adalah seperti squat, angkat ringan, dan latihan ketahanan.

2. Hindari makanan putih

Dokter kesehatan wanita yang terkenal Dr. Christiane Northrup menganjurkan untuk anda menghindari makanan putih seperti roti, pasta, susu dan beras terutama harbohidrat kompleks. Menghindari semua makanan putih dapat membantu mengembalikan hormon dalam tubuh anda secara cepat ke tingkatan normal.

3. Hindari Kafein

Kafein dapat mengangkat dan mempromosikan kadar kortisol dan menghambat aktivitas kelenjar tiroid. Tidak hanya kafein, tetapi alkohol juga. Sebab keduanya dapat membakar habis energi dalam tubuh dan memicu terjadinya perubahan kadar hormon dalam tubuh anda.

4. Katakan “Tidak” pada kedelai

Termasuk daging kedelai, protein kedelai sereal berbasis kedelai. Semua makanan tersebut merupakan makanan sehat. Namun, jika anda sedang mencoba untuk mengembalikan kadar hormon sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya.

Mengapa harus mengatakan tidak pada kedelai? Sebab, kedelai memiliki zat-zat yang dapat menyalin Esterogen manusia serta dapat menekan fungsi dari fibroid dengan demikian maka kedelai dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon.

5. Makan kuning telur

Jika kuning telur dapat menyebabkan kolesterol tinggi, itu adalah suatu kesalahan besar. Sebab, kuning telur dapat memberikan gizi terpenting yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh anda setelah melahirkan.

Ini merupakan sumber yang kaya dengan kandungan senelium (merupakan peranan penting dalam mengubah bentuk tidak aktif dari tiroid), Vitamin A dan Vitamin D.

6. Makan hati ayam

Hati ayam adalah makanan yang sangat ideal untuk mengembalikan hormon pasca melahirkan. Ini merupakan sumber tinggi dari Vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang dapat membantu keseimbangan hormon secara signifikan.

Kita tidak dapat memperoleh vitamin A dari sayuran karena beta karotan dalam sayuran harus di konversi menjadi vitamin A untuk dimanfaatkan oleh tubuh.

7. Hindari lemak tak jenuh ganda

Setelah kehamilan, anda harus menjauhkan diri dari makanan dengan lemak tak jenuh ganda dan minyak. Mengapa demikian? Kandungan tinggi omega-6 yang terdapat didalamnya dapat menyebabkan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh pasca melahirkan.

Beberapa contoh lemak tak jenuh ganda yang harus anda hindari adalah margarin, minyak sayur, dan minyak kacang. Dan sebaiknya anda gunakan minyak kelapa yang kaya dengan lemak sehat bagi tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *