7 Cara Mencegah Serangan Jantung

Mengelola faktor risiko penyakit jantung dan membuat perubahan gaya hidup sehat dapat membantu serangan jantung yang terjadi. Jika anda melakukan pencegahan setidaknya 200.000 kematian dari penyakit kardiovaskular dapat dicegah. Mengurangi risiko utama dari penyakit jantung akan membantu mencegah serangan jantung di masa depan. Faktor risiko utama termasuk merokok, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Berhenti merokok

Orang yang merokok akan dua kali lebih berisiko untuk terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak merokok menurut American Heart Association. Dengan berhenti merokok ,maka anda akan dengan cepat mengurangi risiko serangan jantung. Beberapa studi menunjukan bahwa perokok dapat menurunkan risiko serangan jantung dalam waktu dua tahun berhenti merokok.

Mengetahui Risiko

Faktor risiko yang paling berpengaruh untuk penyakit kardiovaskular adalah usia yang lebih tua dari anda. Semakin tua, maka semakin besar pula risiko anda. Yang kedua adalah genetika, meski semua orang bahagia dengan kemajuan ilmiah dalam penelitian genomik, namun test gen tersebut masih dalam tahap awal.

“Riwayat keluarga yang baik adalah test gen orang miskin”. Telah lama diketahui bahwa jika orangtua anda, kakek, nenek, atau kerabat lainnya menderita atau meninggal karena penyakit jantung, diabetes, atau stroke maka anda akan jauh lebih besar untuk berisiko.

Menjaga tekanan darah yang sehat

Tekanan darah tinggi atau yang biasa di sebut dengan hipertensi dikenal sebagai “silent killer” karena dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala apapun bagi kebanyakan orang. Penyebab dari tekanan darah tinggi yaitu kehausan dari lapisan halus dalam pembuluh darah. Semakin tinggi tekanan darah maka akan semakin besar risiko yang anda miliki.

Risiko akan mulai meningkat dari tekanan 150/70 mmHg. Dengan cara mengukur tekanan di rumah maka akan menjadi cerminan yang lebih baik dan akan lebih rendah dari risiko daripada anda harus mengontrol tekanan darah di ruangan dokter. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak hanya bergantung pada pemberitahuan dari dokter, artinya anda dapat mengontrol tekanan darah di rumah dengan cara menggunakan unit lengan atas dan tidak harus menggunakan jari atau unit dari pergelangan tangan.

Pantau Kolesterol anda

Lipid darah yang tidak normal atau tinggi lemak adalah penyumbang utama dari penyakit jantung. Lipid darah anda termasuk LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik) serta trigliserida. Jika HDL dalam tubuh anda lebih banyak dibandingkan dengan LDL di tubuh anda, maka akan baik pula prognosis anda. Jumlah kolesterol dalam darah anda ditentukan oleh tiga faktor utama. Pertama, jumlah yang dihasilkan oleh hati, yang kedua adalah jumlah yang diserap dari saluran usus dan yang terakhir adalah usia. Ya, tentu saja anda meningkatkan kolesterol dengan bertambahnya usia anda.

Batasi Kalori

Diet tidak akan bekerja. Jika anda seseorang yang sering melakukan diet namun tetap tidak dapat menurunkan berat badan, kemungkinan ada yang salah dengan diet yang anda lakukan. Tingkat obesitas sangat mengkhawatirkan dan dapat memberikan kontribusi untuk epidemi terdekat dengan diabetes yang merupakan penyakit kardiovaskular. Jika anda memiliki penyakit diabetes maka risiko anda akan sama dengan seseorang yang sudah mengalami serangan jantung. Obesitas disebabkan oleh mengkonsumsi lebih banyak kalori. Mengkontrol porsi makan anda adalah hal terbaik sebelum anda mendapatkan kelebihan berat badan yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Membuat kebiasaan latihan dalam keseharian anda

Kurangnya latihan juga menjadi salah satu faktor yang berkontribusi untuk memicu terjadinya serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa berjalan dua mil dalam satu hari sangat optimal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dua mil dari berjalan tersebut tidak harus dilakukan sekaligus. Latihan tidak hanya dapat membakar kalori saja tetapi latihan juga dapat mengaktifkan gen yang bermanfaat bagi kesehatan dengan cara yang lain. Latihan merupakan salah satu pengobatan terbaik, tetapi olahraga saja tidak cukup, anda juga harus merubah diet dan pola makan.

Mengurangi stress

Jika stress yang anda alami begitu parah, maka dapat berkontribusi untuk memicu serangan jantung atau bahkan anda dapat mendapatkan kematian yang mendadak. Ada banyak pilihan yang dapat membantu anda untuk mengurangi stress. Seperti olahraga yang teratur, tidur yang cukup, tertawa, mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung atau bahkan anda dapat mencari tahu informasi tentang fakta menarik dari penyakit jantung. Dengan mengetahui fakta dari penyakit jantung, maka akan membuat anda semakin memperhatikan kesehatan serta pola hidup yang baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *