7 Dampak buruk konsumsi roti tawar untuk kesehatan

Ketika anda memutuskan untuk mengkonsumsi roti tawar sebaiknya anda berfikir kembali tentang apa yang anda putuskan, karena mengkonsumsi roti tawar tidak memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah alasan mengapa roti tawar tidak dianjurkan untuk di konsumsi.

1. Tidak bergizi

Tidak ada keuntungan yang bisa anda ambil dari roti tawar, gandum memang baik untuk tubuh manusia tetapi sebenarnya gandum pada roti tawar tidak memiliki kandungan gizi dan nutrisi sedikit pun.

Lebih baik ganti roti tawar yang sering anda konsumsi dengan sayur dan buah-buahan, karena sayur dan buah-buahan sudah tentu memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik yang bisa di dapatkan tubuh. Roti tawar memang mengandung mineral dan vitamin, tetapi ketika roti di tambahkan dengan vitamin E, kalsium, zat besi dan serat maka nutrisi yang terdapat pada roti akan hilang.

2. Beracun

Lektin adalah racun yang sering di temukan pada semua biji-bijian dan kacang-kacangan. Seperti jamur yang terdapat pada roti tawar yang memiliki racun dan dapat berkembang pada tubuh manusia saat kita mengkonsumsi roti tawar tersebut. Ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi roti tawar maka dengan berjalannya waktu, anda akan sakit.

Apalagi sejak roti dicampurkan dengan biji-bijian tentu akan terdapat banyak sekali kandungan lektin pada roti tawar. Bagaimana? Masih mau mengkonsumsi roti tawar sebagai menu sarapan di pagi anda? Roti memiliki dampak yang begitu bahaya untuk dikonsumsi di tambah lagi dengan phytates yang sering berkembang pada biji-bijian, dimana kandungan phytates pada biji-bijian dapat menghambat kemampuan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Sebaiknya jadikan roti tawar mu sebagai makanan burung!

3. Memiliki zat kimia bahaya

Roti tawar memiliki kandungan sirup jagung fruktosa yang tinggi. Selain terdapat kandungan sirup jagung fruktosa, roti tawar juga memiliki trans lemak, roti tawar di buat dengan bahan-bahan yang 50% darinya adalah lemak rusak dan HFCS. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh anda terkena berbagai penyakit yang diantaranya adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti lambung, akan banyak sekali penyakit yang terdapat dalam lambung akibat dari anda terlalu sering mengkonsumsi roti tawar.

4. Berdampak Pada Gula darah

Jika anda sebelumnya tidak pernah berurusan dengan gula darah, kini saatnya anda untuk mulai berfikir tentang gula darah pada tubuh anda. Ketika anda mengkonsumsi makanan karbohidrat olahan maka insulin dan gula darah dalam tubuh anda akan mengalami peningkatan secara signifikan dan dapat menyebabkan tubuh anda mengalami penyakit diabetes. 42 gram karbohidrat yang anda dapatkan dari roti tawar akan diubah menjadi 10,5 gram gula darah dalam tubuh anda. Sehingga tubuh kita akan mengalami penyakit diabetes 10 kali lipat lebih parah dari penyakit diabetes pada umumnya. Berfikir ulang mungkin akan lebih baik sebelum anda terlanjur mengkonsumsi roti tawar!

5.  Menyebabkan Peradangan

Hanya karena seseorang tidak memiliki kelebihan berat badan bukan berarti usus, jaringan otak, dan pembuluh darah pada manusia tidak meradang dan tidak memiliki serangan konstan dari karbohidrat olahan. Roti tawar termasuk pada karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan peradangan pada usus, otak dan pembuluh darah manusia.

Kita tahu bahwa peradangan adalah akar penyebab dari sebagian besar masalah kesehatan, jadi mengapa anda ingin menempatkan sesuatu ke dalam tubuh anda (bahkan beberapa kali sehari) yang dapat membuat anda sakit? Terutama bila anda bisa mengganti sesuatu dengan sayuran dan buah-buahan, dan tidak hanya menghindari sakit, tetapi juga lebih sehat juga bukan? Terlebih lagi roti tawar yang dikonsumsi setiap hari dikemas dengan gluten. Gluten adalah  protein yang ditemukan dalam gandum yang tidak bisa di cerna baik oleh sistem pencernaan. Ketika terjadi penumpukan gluten pada sistem pencernaan manusia maka akan terjadi penyakit radang usus.

6. Menyebabkan Alergi

Ketika partikel gluten lulus dari usus dan masuk ke dalam antibodi darah, yang merangsang pelepasan terbentuknya histamin. Ketika tingkat histamin cukup tinggi, dapat menyebabkan reaksi alergi. Ini akan disertai dengan peradangan pada usus. Dalam kasus yang parah, dapat memakai pergi permukaan serap dari usus, yang dapat menyebabkan diare dan tidak ada penyerapan.

7. Hiperglikemia

Biji-bijian olahan tidak lagi memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Ini berarti membuktikan bahwa biji-bijian tidak lagi diubah menjadi glukosa. Dengan kata lain itu tidak lagi menjadi sumber energi dan tidak diserap dengan cepat sehingga glukosa akan membanjiri tubuh dan sel-sel hiperglikemia yang dapat menyebabkan diabetes.

Jika glukosa tidak menggunakan sebagai energi langsung, tubuh akan menyimpannya seebagai lemak. Semua faktor ini membuat biji-bijian olahan sangat menantang bagi tubuh. Itu tidak mengherankan bahwa ketika disalahgunakan, alergi dan intoleransi yang dikembangkan untuk gandum dan gluten dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. Ini tidak memiliki manfaat diet apapun dan karena itu ketika anda mengkonsumsi roti tawar maka anda sama dengan seperti makan kardus. Tujuh alasan ini telah menjelaskan mengapa roti tawar tidak baik dikonsumsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *