6 Kesalahan Umum yang sering dilakukan Wanita Hamil!

Bahkan jika anda mengetahui bagaimana kebiasaan makan yang benar, olahraga dan aktivitas lainnya pada masa kehamilan, tentu anda akan mengalami beberapa kemungkinan untuk melakukan kesalahan yang sangat umum dan sering dilakukan oleh wanita-wanita hamil yang lainnya (sebagian besar sering dilakukan pada wanita yang baru pertama kali hamil).

Namun, anda tidak perlu khawatir. Jika anda memiliki tekad maka anda masih bisa memperbaikinya mulai dari sekarang. Berikut adalah masalah paling umum yang sering dilakukan wanita hamil.

Kesalahan yang sering dilakukan Ibu Hamil

1. Porsi makan

Wanita hamil kebanyakan sering memiliki porsi makan 2 kali lebih banyak dari biasanya. Tubuh anda membutuhkan sekitar 1800 sampai 2000 kalori. Namun, apakah janin kecil dalam tubuh anda akan membutuhkan kalori sebanyak itu untuk berkembang? Tentu tidak. Janin dalam kandungan anda tidak membutuhkan kalori sebanyak itu, bayi hanya membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang benar.

Penjelasan sederhana disini adalah bahwa anda hanya memerlukan 300 kalori lebih dari asupan normal kalori anda. Perlu anda ketahui bahwa kelebihan berat badan pada saat hamil dapat menyebabkan anda untuk berisiko tinggi terkena penyakit preeklamsia, diabetes gestasional dan bisa mengharuskan anda untuk memiliki C-section selama persalinan. Hal ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Penggunaan Obat

Ketika anda hamil, apakah anda tahu bahwa seharusnya anda bisa menahan diri dari penggunaan obat antasida, paracetamol bahkan krim jerawat pada saat hamil? Ketika anda mengkonsumsi obat-obatan, hal tersebut dapat mempengaruhi bahkan merugikan pada kehamilan anda.

Menggunakan obat tanpa resep dan menjalani perawatan pada kecantikan yang keras dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi saat dilahirkan. Sebaiknya anda mengkonsumsi obat-obatan rumahan yang tidak menimbulkan efek samping, anda juga dapat menggunakan ramuan alami untuk kecantikan pada saat hamil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan pada saat bayi anda lahir.

3. Kurang Tidur

Jika wanita hamil sering mengalami kurang tidur, maka akan menyebabkan kehamilan mengalami kelelahan. Mendapatkan waktu istirahat adalah suatu keharusan, olahraga juga sangat penting untuk membantu proses persalinan. Kuncinya adalah anda harus menemukan keseimbangan antara aktivitas dan waktu tidur.

Namun, anda juga tidak disarankan untuk tidur yang berlebihan karena dapat menyebabkan masalah pada saat persalinan berlangsung. Ketika bayi dalam kandungan anda tidak memiliki siklus tidur yang baik maka anda harus bisa meluangkan waktu untuk tertidur beberapa jam. Berikut ini adalah cara alami untuk membuat anda tertidur dengan pulas agar bayi anda bisa memiliki siklus tidur yang baik.

4. Stres Berat

Kebanyakan wanita hamil sering mengalami stres berat, perlu di ingat bahwa stres tidak baik jika terjadi selama kehamilan. Stres ini juga bisa terjadi akibat dari pertumbuhan atau kenaikan berat badan pada tubuh anda. Untuk itu, agar anda tidak mengalami stres sebaiknya anda harus bisa menjaga berat badan agar tidak terlalu tumbuh lebih besar.

Kenaikan berat badan pada saat kehamilan memang menjadi hal yang wajar dan normal, tetapi jika berat badan anda naik secara berlebihan maka dapat menimbulkan masalah pada saat proses persalinan.

5. Tidak Berolahraga

Jika anda adalah seorang yang tidak pernah atau bahkan “anti” untuk melakukan olahraga, maka hal tersebut dapat membahayakan tubuh anda. Ketika anda melakukan olahraga hal tersebut dapat mengurangi anda dari hormon pembawa stres.

Selain itu, jika anda melakukan olahraga maka secara tidak langsung anda telah membantu tubuh untuk mempersiapkan diri pada saat proses persalinan dan membantu janin untuk tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharuskan.

6. Memilih C-section

Wanita hamil selalu berfikir bahwa melakukan persalinan normal akan mengakibatkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Untuk itu banyak wanita hamil yang lebih memilih C-section dibandingkan dengan melakukan persalinan secara normal.

Hal tersebut merupakan kesalahan besar, karena tidak ada salah satu cara yang mudah untuk melakukan persalinan. Bahkan, ketika anda memilih c-section, itu lebih menyakitkan dan akan terasa dalam jangka panjang. Selain itu, anda juga perlu jangka waktu untuk melakukan pemulihan sehingga anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam menyusui bayi anda.

Informasi Tambahan

Wanita selalu ingin mengetahui segala sesuatu, dan wanita hamil benar-benar ingin mengetahui semua tentang kehamilan. Jangan mencoba untuk mendapatkan informasi lebih dari yang dibutuhkan. Selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan anda sebelum mengambil keputusan apapun. Informasi lebih lanjut baik hasil dalam diagnosis diri atau stres yang tidak perlu, keduanya tidak baik selama kehamilan.

Ada begitu banyak yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan kedatangan bayi selama kehamilan dan ada juga yang tidak perlu dilakukan selama kehamilan. Jangan terlalu khawatir dan jangan menyalahkan diri sendiri jika anda membuat kesalahan! karena anda dapat melakukan sesuatu untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan selama proses kehamilan bahkan sampai proses persalinan berlangsung.

Anda akan lebih baik jika mengetahui informasi tentang bagaimana cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, karena hal tersebut dapat membantu anda untuk mendapatkan proses persalinan yang baik serta mendapatkan bayi yang lahir dengan normal tanpa ada suatu masalah apapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *