7 Makanan Penurun Hipertensi secara Alami

Anda mungkin sudah tahu bahwa diet makanan yang rendah sodium dan kaya akan kalium, kalsium dan magnesium dapat menormalkan tekanan darah tinggi. Para peneliti pernah mengatakan bahwa hipertensi merupakan penyakit yang dapat diderita oleh siapa saja tanpa menimbulkan gejala.

Jika anda tidak mengontrol tekanan darah secara teratur, maka hipertensi dapat menghampiri tubuh anda apalagi jika tidak diobati. Berikut dibawah ini adalah makanan yang dapat menurunkan tekanan darah agar anda tidak mengembangkan penyakit hipertensi yang anda derita. Makanan-makanan di bawah ini merupakan makanan yang sangat mudah sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Daftar makanan yang membantu menurunkan Tekanan Darah

Ketika anda didiagnosis bahwa anda seorang penderita hipertensi, maka makanan-makanan ini adalah salah satu tempat terbaik bagi anda agar dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita.

1. Susu

Ini merupakan salah satu asupan yang sangat baik bagi tubuh anda, minum susu dengan rendah lemak tidak hanya mampu membuat jantung anda menjadi sehat. Tetapi susu rendah lemak juga dapat membantu menurunkan tekanan darah anda. Susu menyediakan kalsium dan vitamin D yang merupakan asupan paling peting bagi tubuh manusia.

Dua nutrisi tersebut bekerja sebagai tim yang dapat membantu mengurangi tekanan darah 3 sampai 10 persen.Meski hal tersebut terdengar sedikit tetapi susu dapat mengurangi risiko anda untuk terkena penyakit kardiovaskular sekitar 15%.

Pada ulasan tahun 2012 dan analisis dari berbagai studi yang diterbitkan dalam Journal Of Human Hipertensi menyebutkan bahwa konsumsi susu rendah lemak memiliki hubungan yang sangat erat dengan penurunan tekanan darah. Hal ini dapat dibuktikan dengan yoghurt rendah lemak dan susu tetapi tidak untuk keju.

Meski kalsium memang memainkan peran dalam kandungan keju tetapi susu lebih mungkin untuk melakukan perlindungan dibandingkan dengan keju. Selain vitamin D dan kalsium yang terdapat dalam susu, susu juga memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan peptida. Orang yang mengkonsumsi susu rendah lemak dapat berdampak pula pada gaya hidup yang sehat secara keseluruhan.

2. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan favorit bagi semua orang. Itu tidak bisa dipungkiri lagi bukan? Tetapi tampaknya hal tersebut memang bukan sesuatu hal yang buruk sebab cokelat dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Menurut sebuah analisis pada tahun 2010 BMC Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat yang memiliki kandungan flavanols memiliki keterkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik atau diastolik antara orang-orang dengan hipertensi atau pra-hipertensi.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa poifenol terutama flavanols dalam produk cokelat memiliki hubungan dengan pembentukan oksida nitrat yaitu zat yang memperlebar tekanan darah sehingga memudahkan aliran darah dengan demikian dapat menurunkan tekanan darah.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi. Hal tersebut telah dibuktikan dalam studi pada tahun 2012 di American Journal of Hipertension. Selain itu seorang peneliti dari Spanyol juga mengatakan bahwa kandungan polifenol yang terdapat dalam minyak zaitun lebih berpengaruh bagi mereka yang menderita hipertensi dibandingkan dengan diet yang sering anda lakukan.

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan bereaksi setelah anda mengkonsumsi minyak tersebut dalam jangka waktu empat bulan. Meski memang terbilang cukup lama namun hasil yang bisa anda dapatkan adalah bahwa tekanan darah sistolik dan diastolik anda akan turun dan kembali normal dengan sendirinya.

5. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang fungsional karena memiliki kandungan kalium didalamnya. Jika anda adalah seorang penderita hipertensi, mengkonsumsi buah pisang adalah hal yang terbaik yang bisa anda lakukan. Sederhana, murah dan bisa ditemukan dimana saja.

Dengan anda memakan buah pisang maka secara tidak langsung anda sudah menambahkan kandungan potasium dalam tubuh anda. Satu hal yang harus anda ketahui adalah bahwa dengan makan buah pisang secara rutin maka akan memiliki efek yang lebih besar dibandingkan dengan konsumsi suplemen.

6. Kentang

Kalium dan magnesium adalah dua nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan jantung. Jika tubuh anda memiliki rendah kalium maka tubuh akan secara ekstra untuk mempertahankan sodium, yang mana jika tubuh terlalu banyak memiliki asupan sodium maka dapat menyebabkan hipertensi.

Itu sebabnya mengapa anda disarankan untuk mengkonsumsi kentang, karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kentang berfungsi untuk mempromosikan tekanan darah yang sehat bagi tubuh.

7. Biji-bijian utuh

Pada studi yang diterbitkan dalam American Journal Of Clinical Nutrition telah membuktikan bahwa mereka yang menderita hipertensi kemudian mengkonsumsi biji-bijian secara utuh dapat menurunkan tekanan darah mereka.

Peneliti Inggris juga mengatakan bahwa makan tiga porsi biji-bijian secara utuh dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa konsumsi biji-bijian juga dapat menguntungkan bagi mereka penderita kolesterol.

Ke-7 makanan tersebut telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara alami sehingga tidak ada efek samping yang timbul pada tubuh anda. Bahkan mungkin anda malah akan mendapatkan manfaat kesehatan lainnya dari konsumsi makanan-makanan tersebut seperti terhindar dari penyakit jantung, kolesterol tinggi serta yang paling pasti adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *