7 Pengaruh buruk alkohol pada organ tubuh manusia

Jenis alkohol yang biasa digunakan dalam minuman beralkohol adalah etanol. Etanol berasal dari fermentasi gula dengan ragi. Setelah alkohol yang tertelan, tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan.

Mengapa demikian? Karena alkohol adalah obat berbahan kimia yang berbentuk cairan dan dapat menekan serta memperlambat fungsi otak manusia. Alkohol dapat mengakibatkan perubahan kemampuan seseorang untuk berfikir, berbicara dan melihat.

Bahkan untuk seseorang yang memiliki keseimbangan yang buruk dapat mengakibatkan kesulitan untuk berjalan dengan baik. Alkohol yang sering di konsumsi manusia dapat mengakibatkan tubuh manusia terkena lebih dari 60 penyakit.

Pengaruh buruk Alkohol pada Kesehatan

1. Mempengaruhi Jantung

Segelas anggur merah mungkin bisa membantu mengurangi rasa sakit pada penderita kardiovaskular. Tetapi bagaimana jika satu gelas berubah menjadi satu botol? Seiring berjalannya waktu, konsumsi alkohol yang berlebihan akan mulai melemahkan otot jantung yang mengakibatkan penyimpangan aliran darah.

Peminum alkohol dapat mengakibatkan jantung menjadi lemah atau yang biasa di sebut dengan kardiomiopati dimana jantung akan membentang dan terkulai lemah. Orang yang di diagnosis terkena penyakit kardiomiopati biasanya cenderung akan mengalami sesak napas, aritmia (detak jantung yang tidak teratur), kelelahan, pembengkakan hati, serta batuk yang terus-menerus. Alkohol juga juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan hipertensi.

2. Mempengaruhi Otak

Alkohol dapat memiliki dampak yang buruk pada otak manusia dengan cara memperlambat relay informasi antara neurotransmiter . Etanol di temukan dapat menyebabkan kerusakan neurotransmitter dimana otak dapat mengalami perubahan mood seperti depresi, kecemasan, kehilangan memori di otak serta dapat mengakibatkan kejang pada tubuh manusia.

Alkohol yang di gabungkan dengan asupan gizi yang buruk dapat mengakibatkan terjadinya penyakit sindrom Wernicke-Korsakoff (Otak basah). Jika seseorang dengan sindrom ini memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol maka dapat menimbulkan depresi yang amat buruk serta menimbulkan halusinasi yang berkepanjangan. Bahkan dapat menimbulkan hilangnya seluruh memori dalam otak dan akan mengalami kesulitan untuk membangun ingatan dan kenangan yang baru.

3. Mempengaruhi Hati

Kita cenderung untuk menekankan dan mengingat bagaimana pentingnya hati pada tubuh manusia. Jika hati kita rusak hanya karena mengkonsumsi alkohol secara berlebih, maka dapat memicu terjadinya penyakit hati. Penyakit hati yang dimaksud adalah suatu penyakit yang dapat menimbulkan kerusakan pada fungsi hati.

Yang mana hati memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari racun, penyerapan nutrisi, serta dapat mengendalikan tubuh dari infeksi. Pada tahun 2009 penyakit sirosis hati meningkat secara signifikan dan salah satu penyebabnya adalah alkohol yang di konsumsi secara berlebihan.

4. Mempengaruhi Ginjal

Setelah alkohol berdampak buruk pada hati manusia, alkohol juga memiliki dampak yang buruk terhadap ginjal. Karena alkohol yang di konsumsi dapat meningkatkan produksi urine pada tubuh manusia sehingga dapat menyebabkan kantung kemih menjadi penuh yang menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik sebagai mana mestinya. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi kerja dari elektrolit dalam tubuh, yang dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal.

5. Mempengaruhi Pankreas

Sama halnya dengan otak, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan pankreas bekerja secara lambat. Jika pankreas tidak bisa berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan enzim tidak masuk pada usus kecil. Penumpukan enzim yang terjadi pada pankreas tersebut pada akhirnya akan menyebabkan peradangan.

Peradangan ini, juga dikenal sebagai pankreatitis, yang bisa saja menimbulkan serangan mendadak (pankreatitis akut) yang mencakup gejala seperti sakit perut, mual atau muntah, meningkatkan denyut jantung, diare, dan demam atau pankreatitis kronis yang perlahan-lahan memburuk, yang mengarah ke diabetes dan bahkan kematian.

6. Mempengaruhi Sistem reproduksi

Penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan ekresi menjadi tidak berfungsi. Hal tersebut dapat menghambat reproduksi hormon, mempengaruhi fungsi testis, dan menyebabkan kemandulan pada pria. Sedangkan untuk wanita, jika mereka mengkonsumsi alkohol maka dapat menimbulkan gangguan pada sistem reproduksi wanita seperti keguguran, menstruasi berhenti, serta dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi yang prematur bahkan bayi bisa mati pada saat proses persalinan.

7. Mempengaruhi Perut

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh manusia, tidak begitu saja melewati perut. Ketika perut memiliki makanan di dalamnya kemudian anda meminum alkohol hal yang biasanya terjadi adalah alkohol akan memperlambat aliran makanan yang seharusnya di salurkan pada sistem pencernaan.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merangsang aliran cairan lambung dalam perut dan menyebabkan iritasi pada lapisan lambung yang mengakibatkan bisul. 20% dari alkohol yang dikonsumsi diserap ke dalam aliran darah melalui lambung dan 80% (alkohol yang tersisa) diserap ke dalam aliran darah dari usus kecil.

Agar anda bisa menjaga lambung dan perut lebih baik lagi, anda perlu mengetahui berbagai penyakit di lambung, ini berfungsi untuk menambah pengetahuan anda tentang bagaimana pentingnya lambung yang sehat dalam tubuh.

Alkohol mempengaruhi kesehatan umum

Mengkonsumsi alkohol pada tingkat yang berlebihan dapat merusak kesehatan, baik itu pria maupun wanita. Tenggorokan, hati, jantung, pankreas, dan perut, semuanya bisa dipengaruhi oleh penggunaan alkohol secara berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungannya antara alkohol dan kanker, penyakit jantung, kerusakan otak, dan infertilitas.

  • Alkohol dan Stress

Alkohol adalah obat depresi. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan stres dan gugup. Tubuh akan menjadi lebih baik jika ana bis berhenti untuk mengkonsumsi alkohol. Bahayanya adalah ketergantungan alkohol yang bisa menggoda anda untuk mengkonsumsi lebih banyak alkohol saat anda stres dan sedang menghadapi ketegangan.

  • Obat mabuk

Obat mabuk adalah sebagian jenis dari keracunan darah dan sebagian efek dehidrasi dari kadar gula yang rendah. Dehidrasi terjadi karena alkohol memiliki efek diuretik. Hal ini juga dapat merangsang insulin, yang pada akhirnya dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Ini dapat menimbulkan perasaan kantuk, pusing kelaparan, gemetar, kelelahan, serta asam dalam alkohol dapat menyebabkan gangguan perut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *