7 Pengobatan alami untuk mengatasi nyeri pada persendian

Pernahkah anda mengalami nyeri dan bengkak pada sendi dari mulai jari-jari, pergelangan tangan, lengan atau kaki serta rasa sakit yang parah di pagi hari? Jika pernah, ada kemungkinan anda mengalami kasus Rheumatoid Arthritis (radang sendi).

Jika anda mengalami nyeri pada bagian persendian maka hal tersebut akan mengganggu kualitas hidup anda. Untuk itu agar hidup anda tidak memiliki gangguan pada persendian, anda harus bisa mengatasi nyeri tersebut dan di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara yang alami untuk mengobati rasa nyeri pada persendian anda. Berikut adalah cara-caranya.

Pengobatan alami untuk nyeri pada persendian

1. Menggunakan kunyit

Banyak penelitian telah mendukung keyakinan bahwa kunyit dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan termasuk nyeri dan pembengkakan sendi. Selain kunyit tidak memiliki efek samping, kunyit juga bisa di jadikan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit yang dapat mengancam jiwa anda, seperti penyakit lipoma, kanker kulit bahkan hanya dengan mengkonsumsi kunyit anda bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada wajah anda.

Menarik bukan? hanya dengan kunyit anda bisa mengatasi segala masalah yang terdapat pada tubuh anda, dan caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan satu sendok kunyit yang sudah di haluskan pada makanan yang anda konsumsi. Bahkan, jika anda tidak memiliki alergi pada susu, anda harus merebus segelas susu dengan ¼  bubuk kunyit dan meminumnya sebelum tidur.

Namun, jika anda memiliki alergi dengan susu, anda cukup menggunakan air kemudian campurkan dengan kunyit yang sudah di haluskan tersebut. Ingat, Anda harus merebus kunyit dengan susu atau air, bukan hanya menambahkan kunyit untuk menghangatkan minuman!

2. Jintan Hitam

Memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan, menjadikan jintan hitam sebagai salah satu tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sempurna. Asam salisilat di dalamnya dapat membantu anda untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian serta bisa mengobati penyakit asam urat yang anda derita.

Caranya cukup mudah, anda cukup menambahkan 2 sendok makan jintan hitam ke dalam 1 gelas air. Kemudian rebus kedua campuran tersebut dan tunggu hingga mendidih sampai tersisa 3/4 saja. Jika air rebusan tersebut sudah dingin anda bisa mengkonsumsi nya pada malam sebelum tidur dan pagi hari saat anda bangun tidur.

3. Menurunkan berat badan

Berat badan anda dapat membuat dampak besar pada jumlah rasa sakit pada persendian yang anda alami bahkan jika anda memiliki berat badan yang berlebih, dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang yang amat sakit. Terutama pada seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih (obesitas).

Karena ekstra berat yang di timbulkan bisa menempatkan lebih banyak tekanan pada sendi terutama pada bagian lutut, pinggul, dan kaki. Mengurangi stres pada sendi anda dengan kehilangan berat badan akan meningkatkan mobilitas anda, serta dapat mengurangi nyeri, dan mencegah kerusakan di masa depan untuk sendi anda.

4. Konsumsi suplemen herbal

Suplemen herbal di anjurkan karena tidak memiliki efek yang buruk bagi tubuh si penderita, selain itu juga ada banyak jenis suplemen herbal yang bisa anda dapatkan untuk mengurangi nyeri sendi. Beberapa tumbuhan  termasuk cakar setan, daun sirsak, dan jelatang di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang timbul oada persendian termasuk rasa nyeri yang sering terjadi pada tulang dan persendian.

5. Terapi menggunakan kompresan

Mengompres bagian nyeri pada sendi dengan menggunakan air dingin dan air panas secara bergantian dapat membantu anda untuk mengurangi rasa nyeri terlebih jika rasa nyeri itu terjadi pada lutut. Fungsi dari kompres menggunakan air panas yaitu dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit, meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot dan sendi yang sakit. Kompres menggunakan air dingin dapat mengurangi peradangan dan mematikan daerah di sekitar sendi yang terasa sakit.

6. Menggunakan cabai rawit

Tidak percaya dengan cabai rawit yang bisa di jadikan obat? Cabai rawit memiliki kandungan senyawa yang disebut capsaicin dengan analgesik alami (sifat penghilang rasa sakit secara alami). Untuk itu cabai rawit bisa di jadikan obat untuk penderita nyeri yang sering terjadi pada persendian.

Dalam sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association of Thailand, peneliti menemukan bahwa menerapkan gel yang mengandung 0,0125 persen capsaicin dapat membantu meringankan nyeri ringan pada wanita yang menderita osteoarthritis dan peradangan pada sendi.

2 sendok makan bubuk cabai rawit bisa anda campurkan dengan setengah minyak kelapa hangat, kemudian terapkan pada bagian sendi yang terasa nyeri dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah selesai anda bisa membilas nya lalu mengulangi kegiatan tersebut selama 3 hari dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Menggunakan bawang putih

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan bawang yang satu ini, karena banyak sekali manfaat yang terdapat dalam bawang ini. Bawang putih kaya akan kandungan sulfur dan selenium. Oleh sebab itu, bawang putih bermanfaat untuk mereka yang menderita kolesterol tinggi, radang sendi dan nyeri pada persendian. Sulfur membantu meredakan nyeri sendi dan peradangan.

Menurut penelitian, selenium mungkin memiliki efek anti rematik. Begitu juga sebaliknya, pasien rematik cenderung memiliki kadar rendah selenium dalam darah. Anda dapat dengan aman mengkonsumsi dua atau tiga siung bawang putih setiap hari, bisa di masak dan bisa juga di makan mentah. Tetapi jika anda terhalang oleh bau atau rasa bawang putih, anda bisa menggoreng bawang putih tersebut dan di campurkan dengan minyak wijen.

Ketika bawang putih berubah menjadi hitam, matikan api dan saring minyak dari bawang tersebut. Biarkan minyak hingga terasa hangat, dan kemudian pijat ke kulit di sekitar daerah yang terkena nyeri. Biarkan selama sekitar tiga jam sebelum mencuci nya. Lakukan ini dua kali sehari sampai anda melihat perubahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *