7 Penyakit yang lebih mematikan daripada penyakit jantung dan kanker

Jika sekarang berita penuh dengan pembahasan penyakit jantung dan kanker yang dianggap sebagai penyakit yang paling mematikan di dunia, maka anda sebagai masyarakat yang peduli terhadap kesehatan berhak dan perlu mengetahui bahwa ada penyakit lain yang lebih mematikan di bandingkan dengan penyakit jantung dan penyakit kanker. Masih tidak percaya? Bisa anda lihat dan anda perhatikan betapa mematikannya penyakit-penyakit di bawah ini daripada penyakit jantung dan kanker!

1. Stroke

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini, karena penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang paling umum. Iya, ini adalah penyakit stroke. Mengapa penyakit stroke dikatakan penyakit mematikan dibandingkan penyakit jantung dan kanker? Karena penyakit stroke terjadi pada sistem saraf pusat yaitu otak, dimana manusia tidak akan pernah bisa hidup dengan baik jika terdapat gangguan pada otak mereka.

Bayangkan saja, jika otak manusia kekurangan oksigen hanya dalam waktu kurang dari 5 menit maka nyawa manusia akan melayang begitu saja. mengerikan bukan? Tentu ini sangat mengerikan. Stroke bertanggung jawab atas 6,7 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2012, menurut WHO . Angka tersebut mewakili sekitar 11,9 persen dari semua kematian di bandingkan dengan orang-orang yang memiliki penyakit kanker dan serangan jantung yang masih bisa di atasi meski sedikit kemungkinan yang terjadi.

2. Paru Obstruktif Kronik

Penyakit ini membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Ikan saja akan mati jika memiliki gangguan pada pernapasan nya, apalagi manusia. Karena banyak manusia yang menderita penyakit PPOK, maka hal tersebut menjadikan penyakit PPOK ini sebagai penyakit kedua yang mematikan.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah rokok. Banyak dampak buruk dan bahaya yang di timbulkan rokok dimana hampir semua usia baik laki-laki atau perempuan pasti mengkonsumsi nya. Sekitar 3,1 juta kematian dikaitkan dengan PPOK pada tahun 2012, menurut WHO . Yang mana hal tersebut mewakili sekitar 5,6 persen dari kematian di dunia.

3. HIV / AIDS

Penyakit HIV/ AIDS ini termasuk salah satu penyakit yang di sebabkan oleh virus. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Ini adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV dapat menyebabkan AIDS, atau acquired immunodeficiency syndrome. AIDS adalah kondisi kronis, yang mengancam jiwa dibandingkan dengan penyakit kanker dan penyakit jantung.

Menurut Yayasan Penelitian AIDS (amfAR) hampir 39 juta orang telah meninggal karena HIV / AIDS. Pada tahun 2013, sekitar 1,5 juta orang kehilangan nyawa mereka untuk AIDS. Itu termasuk sekitar 2,7 persen kematian di seluruh dunia. Pada akhir tahun 2012, 35,3 juta orang di seluruh dunia terinfeksi HIV. Setiap hari, sekitar 5.700 orang lebih terinfeksi dengan penyakit ini.

4. Penyakit Diare

Mungkin ini terlihat sebagai penyakit yang sepele, jika dibandingkan dengan kanker dan penyakit jantung. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa penyakit diare ini lebih berbahaya dan lebih mematikan dibandingkan dengan penyakit kanker dan penyakit jantung.

Apakah ada sebab yang kuat untuk penyakit ini? Penyakit diare menjadi salah satu penyakit mematikan karena terjadi pada usus, dimana usus manusia tidak bisa hidup jika mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada usus ini terjadi akibat adanya virus yang masuk ke dalam usus sehingga menyebabkan usus menjadi infeksi.

Para peneliti memperkirakan bahwa 1,5 juta orang meninggal akibat penyakit diare, yang terdiri dari sekitar 2,7 persen dari kematian, dan kematian akibat penyakit diare meningkat pada tahun 2001 itu artinya penyakit diare lebih mematikan dibandingkan dengan penyakit jantung dan kanker.

5. Diabetes Melitus

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi produksi dan penggunaan insulin dalam tubuh. Pada tahun 2012, sekitar 1,5 juta orang meninggal karena penyebab yang berhubungan dengan diabetes, menurut WHO. Orang-orang di negara-negara yang berpenghasilan menengah lebih mungkin untuk meninggal akibat komplikasi dari diabetes.

Untuk lebih mengetahui mengapa diabetes menjadi penyakit yang mematikan sebaiknya anda harus mengetahui perbedaan dari diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 agar anda bisa lebih faham mengapa penyakit ini menjadi penyakit yang lebih mematikan dibandingkan dengan kanker dan penyakit jantung.

6. Malaria

Salah satu masalah terbesar bagi manusia adalah malaria. Setiap tahun ada lebih dari 200 juta kasus malaria di seluruh dunia. Sekitar 655.000 orang meninggal karena malaria pada tahun 2010. Lebih dari 90% kasus malaria terjadi di dunia.

Kemiskinan dan kurangnya akses ke langkah-langkah pencegahan yang sederhana menyebabkan terjadinya peningkatan penyakit ini, itu sebabnya mengapa malaria lebih mematikan dibandingkan dengan kanker dan penyakit jantung, mungkin kelihatannya malaria ini hal yang biasa saja karena hanya terkena gigitan nyamuk, tetapi apakah anda tahu bahaya dari nyamuk penyebab malaria?

Selain kematian yang di timbulkan oleh nyamuk, penyakit malaria juga bisa menular. Lantas jika sudah seperti itu, apakah penyakit malaria masih bisa dikatakan penyakit yang biasa? Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang serius dan mematikan di dunia.

7. Necrotizing Fasciitis

Sebelum anda mengetahui lebih banyak informasi dari penyakit ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa ini adalah salah satu jenis penyakit yang langka di dunia. Karena kelangkaan nya, penyakit ini di jadikan penyakit yang lebih mematikan dibandingkan dengan penyakit jantung dan kanker yang masih bisa diobati dengan berbagai macam pengobatan.

Kedengaran nya saja penyakit ini sudah langka, bagaimana dengan pengobatan nya? Mungkin terapi oksigen bisa di lakukan tapi itu hanya bersifat sementara. Penyakit necrotizing fasciitis ini adalah penyakit yang menyerang kulit dari bagian dalam tubuh manusia, penyebab dari penyakit ini adalah bakteri  klebsiella, clostridium, E. coli, staphylococcus aureus, dan Aeromonas hydrophila.

Bakteri tersebut menyebar dan berkembang biak di dalam daging manusia dengan berjalannya waktu bakteri tersebut dapat menggerogoti daging manusia dari dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan pada penderitanya yang akan berakhir dengan kematian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *