8 Daftar makanan yang dapat membuat persendian terluka

Obat, kondisi fisik, dan suntikan adalah cara yang umum untuk mengobati nyeri pada sendi atau bagian persendian yang lainnya. Para ilmuwan menyadari bahwa ada hubungan yang kuat antara nutrisi dan rasa sakit. Secara khusus, makanan tertentu dapat menyebabkan peradangan, bahkan makanan menjadi penyebab utama nyeri pada berbagai kondisi sendi seperti rheumatoid arthritis. Di bawah ini adalah daftar makanan yang dapat membuat persendian anda terluka.

Daftar makanan buruk untuk Persendian

1. Daging merah

Semua daging tidak diciptakan sama karena memiliki kandungan purin yang berbeda. Daging putih umumnya lebih baik daripada daging merah, tetapi tidak apa-apa juga jika anda ingin makan beberapa jenis daging merah sekali-sekali.  Anda sedikit lebih baik jika tidak mengkonsumsi daging sapi, kalkun atau domba, kata Dr Zashin. Dan daging sapi adalah pilihan yang lebih baik daripada daging domba yang terlalu banyak mengandung purin.

2. Minuman Manis

Hindari minuman manis seperti sirup jagung yang tinggi dengan fruktosa. Mengkonsumsi minuman manis bukan cara yang baik untuk menghindari nyeri, justru sebaliknya mengkonsumsi minuman manis dapat menyebabkan persendian anda menjadi terluka.

Sebuah studi mengatakan bahwa pria yang banyak mengkonsumsi fruktosa dapat menyebabkan risiko untuk terkena penyakit pada persendian seperti asam urat. Oleh sebab itu, anda harus bisa menghindari minuman dingin karena dapat membuat persendian anda terluka serta dapat menyebabkan berkembangnya penyakit asam urat pada tubuh anda.

3. Asparagus

Asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur memiliki kandungan purin yang lebih tinggi di bandingkan dengan sayuran yang lainnya. Tetapi jika anda menyukai sayuran-sayuran tersebut anda bisa mengkonsumsi nya tetapi dengan kadar atau porsi yang dibatasi.

Karena jika anda terlalu banyak mengkonsumsi sayuran tersebut maka akan berdampak pada persendian, yang bisa menyebabkan luka dan nyeri apalagi untuk anda yang sudah menderita penyakit pada persendian, mungkin hal ini akan memperburuk keadaan anda.

4. Jeroan

Jeroan dapat menjadi penyebab utama rasa sakit pada persendian. Selain jeroan mengandung racun, jeroan juga dapat menyebabkan infeksi. Anda yang mengalami sakit pinggang atau encok dan asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi jeroan karena dapat memperburuk kondisi sakit yang anda derita. Kandungan purin yang tinggi dalam jeroan dapat menyebabkan gejala asam urat tinggi.

5. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan persendian pada tubuh anda menjadi terluka. Bahkan alkohol adalah penyebab utama dari semua penyakit jika di konsumsi rutin atau di konsumsi secara berlebihan. Para peneliti menemukan bahwa penggunaan alkohol secara teratur dikaitkan dengan tiga kali lebih besar untuk terkena risiko luka pada persendian bahkan dapat menyebabkan peradangan pada sendi.

Terutama pada bir yang memiliki kandungan purin yang tinggi, dimana purin adalah penyebab rasa sakit pada persendian. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya untuk tubuh manusia. Lebih baik tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali daripada harus menanggung risiko bahaya yang di timbulkan dari alkohol.

6. Konsumsi obat-obatan

Persendian akan mengalami nyeri dan mendapatkan luka jika anda terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin dan diureutik. Aspirin menjadi salah satu obat-obatan yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit termasuk dapat menimbulkan persendian mengalami nyeri.

Secara khusus, mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah dapat mencegah penyakit jantung tetapi untuk anda yang memiliki komplikasi tidak di sarankan untuk mengkonsumsi aspirin apalagi jika anda menderita asam urat, rematik serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan persendian.

7. Garam dan Pengawet

Garam yang berlebihan dalam makanan adalah salah satu penyebab dari timbulnya rasa nyeri dan luka pada persendian dan biasanya di temukan pada makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau fast food mengandung tingkat tinggi natrium dan pengawet untuk meningkatkan rasa nyeri yang timbul pada persendian anda.

Asupan garam mempromosikan retensi air dan menyebabkan pembuluh darah bengkak. Pembuluh darah yang bengkak menyebabkan tekanan tidak nyaman pada sendi yang meradang dan dapat memperburuk kondisi rheumatoid arthritis (jika anda menderita penyakit tersebut). Cara terbaik adalah untuk membatasi asupan harian natrium sampai 1500 miligram per hari.

8.  Susu

Susu telah terbukti menjadi salah satu makanan yang paling menonjol menyebabkan nyeri sendi, arthritis, diabetes dan kanker. Ini dikaitkan dengan nyeri tubuh, sakit kepala, pemulihan latihan, alergi, dan masalah pencernaan. Susu mungkin mengandung kalsium tetapi kandungan kalsium pada susu dapat menyebabkan kerugian dalam tulang dan sel-sel otot

Hal ini dapat menyebabkan nyeri sendi, arthritis, dan kesehatan secara keseluruhan yang buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan kekurangan gizi. Susu juga telah dikaitkan dengan sindrom bocor usus, yang juga dapat mempengaruhi kesehatan sendi anda. Ketika sindrom bocor usus terjadi, racun dalam usus bocor ke dalam aliran darah dan memicu rasa sakit yang menyebabkan penyakit autoimun.

Kondisi ini menyebabkan alergi makanan, dan bahkan masalah kesehatan lainnya seperti fibromyalgia. Jika anda sering mengalami rasa nyeri pada sendiri, sebaiknya anda juga harus mencari pengobatan alami untuk mengatasi penyakit pada persendian anda agar tidak berdampak buruk pada kesehatan bagian tubuh yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *