Bagaimana Bisa ? Segelas air bermanfaat untuk kesehatan

Semua mahluk yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan air. Namun, bagaimana air bisa membantu kesehatan manusia? Sebelumnya, apakah anda tahu bahwa 60% dari berat badan anda adalah air? Tubuh menggunakan air di semua bagian organ, jaringan dan sel-sel tubuh.

Fungsi nya adalah untuk membantu mengatur daya tahan dan fungsi dari bagian tubuh yang lainnya. Tubuh manusia akan kehilangan air melalui pernapasan, keringat, dan pencernaan. Jumlah air yang dibutuhkan tubuh anda tergantung berbagai faktor, termasuk iklim, lingkungan sekitar tempat anda tinggal dan bagaimana kondisi fisik anda. Berikut adalah manfaat yang bisa anda miliki dari air.

1. Air menjaga Syaraf tulang belakang, Sendi dan Jaringan tubuh

Air tidak hanya memuaskan dahaga dan suhu tubuh anda, air juga bermanfaat untuk menjaga jaringan dalam tubuh khususnya persendian dan tulang belakang. Anda tahu bagaimana rasanya mulut, mata, hidung ketika kering ? Air menjaga tubuh agar terhidrasi yang membantu mempertahankan kelembapan di daerah-daerah yang sensitif.

Selain itu, air membantu sumsum tulang belakang dan bertindak sebagai pelumas untuk persendian anda. Itu sebabnya ketika anda mengalami masalah yang berkaitan dengan persendian dan tulang belakang, anda di haruskan banyak minum air. Karena penyakit dari keduanya bisa hadir disebabkan anda kurang mengkonsumsi asupan air pada tubuh anda.

2. Air membantu tubuh mengeluarkan limbah

Maksud limbah disini adalah keringat. Mungkin anda sering mendengar limbah hanya untuk pabrik-pabrik. Tetapi tidak demikian, tubuh manusia juga memiliki limbah yang dibuang melalui keringat, buang air kecil dan buang air besar. Ginjal dan hati memainkan fungsi nya untuk membantu mengeluarkan limbah dari dalam tubuh anda. Air juga bisa membantu anda ketika anda mengalami sembelit dengan cara melembutkan kotoran dalam tubuh dan memindahkan makanan yang sudah anda makan melalui saluran pencernaan anda.

3. Air membantu  meningkatkan mood

Manfaat dari air selanjutnya adalah dapat meningkatkan mood anda. Penelitian menunjukkan bahwa  dehidrasi ringan dapat mempengaruhi suasana hati. Sebuah studi kecil dilakukan pada 25 wanita yang dipublikasikan dalam Journal Of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat membawa fungsi kognitif pada suasana hati anda. Warna pada urine anda adalah indikator yang baik untuk tingkat dehidrasi yang anda derita.

4. Air mengobati sakit kepala dan Migrain

Sakit kepala dan migrain bisa disebabkan karena tubuh anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, ketika anda mengalami sakit kepala dan migrain hal yang pertama harus anda lakukan adalah meminum air. Dalam sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

5. Air mengobati batu ginjal

Batu kemih adalah gumpalan yang sangat menyakitkan. Hal tersebut sering disebut dengan batu ginjal dikalangan masyarakat umum karena terbentuk di ginjal. Ada bukti yang menunjukan bahwa air dapat membantu mencegah terjadinya kambuh pada seseorang yang sebelumnya sudah mengalami penyakit batu ginjal. Air juga dapat mencegah awal dari penyakit batu ginjal. Intinya, peningkatan asupan air muncul untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

6. Air membantu menurunkan berat badan

Banyak orang bingung karena merasa haus namun mereka mengatasinya dengan makan ketika tubuh mereka ingin mereka minum sesuatu. Ketika anda mengalami dehidrasi, sel-sel lemak menjadi sulit untuk memecah dan begitu ada orang yang mencoba untuk diet akan merasa jauh lebih sulit jika mereka tidak minum sangat banyak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air 500 mililiter sebelum setiap makan, hal tersebut bisa menyebabkan anda makan lebih sedikit kalori, yang dapat memicu penurunan berat badan. Tentu anda tidak perlu diet lagi bukan ? Dan, memang sebaiknya seperti itu. Perlu anda ketahui bahwa diet sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Berikut adalah fakta bahwa diet sangat berbahaya untuk tubuh.

7. Air membantu membersihkan kulit

Kebanyakan orang tahu bahwa minum lebih banyak air bisa baik untuk kulit yang jelas dan juga dapat membantu gejala jerawat. Jika anda memiliki kulit kering, air minum adalah solusi terbaik karena air akan memberikan kelembapan pada kulit. Air akan membilas racun dari tubuh sehingga membersihkan kulit anda dari kotoran dan bakteri. Selain itu ada juga ramuan untuk kecantikan kulit yang bisa anda gunakan tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

8. Air dapat melawan infeksi

Minum air dapat membantu melawan infeksi di seluruh tubuh anda, hal ini terjadi karena ketika anda mengalami dehidrasi maka anda lebih mungkin untuk menangkap bakteri. Ini terutama baik untuk mendapatkan menyingkirkan dan mencegah infeksi urine dan batu ginjal. Menjadi terhidrasi dengan baik juga bagus untuk alergi dan pilek, karena hal itu bisa membersihkan saluran udara. Bahkan luka dingin dapat dikurangi dengan minum lebih banyak air karena luka kering cenderung muncul di tempat-tempat kulit anda yang sangat kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *