Bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja?

Ketika anda mengalami rasa kantuk saat bekerja mungkin hal tersebut adalah hal yang sangat mengganggu anda. Rasa kantuk yang mengganggu pada saat anda bekerja dapat menyebabkan konsentrasi anda pecah. Selain itu, anda juga tidak bisa menggunakan otak anda untuk berfikir karena rasa kantuk menghampiri anda. Namun sekarang, anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja.

Mengatasi rasa kantuk saat bekerja

Rasa kantuk pada saat bekerja biasanya terjadi karena anda kurang tidur pada saat malam hari. Namun, ternyata bukan hanya kurang tidur saja yang bisa menyebabkan anda ngantuk pada saat bekerja, karena ada banyak orang yang tidur dari 8 hingga 10 jam namun mereka tetap merasa ngantuk di siang hari. Lalu alasan apa yang membuat anda menjadi ngantuk pada saat bekerja? Mungkin berikut ini penyebab dari rasa kantuk yang anda alami selama bekerja.

1. Mencari sesuatu yang menyegarkan untuk memulai hari anda

Cobalah anda untuk memulai hari dengan hal-hal yang membuat anda senang pada saat bekerja, anda bisa mendengarkan musik sebelum pergi bekerja karena mendengarkan musik pada pagi hari dapat membuat pikiran anda menjadi fresh dan dapat menghindari anda dari stress. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat membantu anda untuk mengerjakan sesuatu secara menarik dan membuat anda lebih bersemangat untuk bekerja.

2. Olahraga sebelum pergi bekerja

Pada saat anda melakukan olahraga di pagi sebelum anda bekerja, hal tersebut merupakan hal yang sangat positif karena olahraga dapat menguji adrenalin anda, anda juga bisa melakukan gym atau jogging pada pagi hari. Olahraga dapat memompa adrenalin dan menembak endorfin (yaitu zat kimia baik dalam tubuh) ke dalam aliran darah sehingga akan membuat anda merasa segar selama anda bekerja. Pastikan anda juga memiliki pola makan yang baik sehingga bisa seimbang dengan latihan yang anda lakukan setiap hari.

3. Berkomitmen untuk memiliki jadwal tidur yang teratur

Kurang tidur dan tidur yang terganggu adalah dua alasan utama dibalik rasa kantuk yang anda alami pada saat bekerja. Oleh sebab itu, pengaturan jadwal tidur merupakan kunci utama yang bisa anda lakukan, untuk mengatasi rasa kantuk pada siang hari. Ketika anda memiliki waktu tidur yang cukup maka hal tersebut juga bisa membantu anda untuk melawan energi yang rendah, kelelahan dan stress. Berikut ini adalah makanan terbaik yang membantu anda tertidur pulas sehingga anda tidak akan mengalami kantuk pada saat bekerja.

4. Mencuci wajah pada saat bekerja

Pada saat anda mengalami rasa kantuk, anda bisa mencuci wajah sehingga rasa kantuk anda akan hilang. Hal itu bisa terjadi karena adanya perubahan suhu yang mendadak dan akan membantu anda untuk menghilangkan rasa kantuk anda, selain itu anda juga dapat mengembalikan energi yang hilang dan merubah fokus mental anda dengan membasuh wajah pada siang hari saat anda bekerja.

5. Minum teh hijau

Konsumsi teh hijau pada saat anda bekerja dapat menghilangkan kantuk serta memberikan dorongan energi dan stamina yang berlangsung selama berjam-jam, konsumsi teh hijau juga sangat efektif untuk mengatasi kelelahan dan stress.

6. Minum air lemon

Air perasan jeruk lemon dapat menyegarkan anda pada siang hari ketika rasa kantuk menghampiri anda, ini bisa terjadi karena air lemon dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi hingga malam hari, sehingga anda tidak akan mudah merasa lelah dan dapat membuang racun yang berbahaya dari dalam tubuh. Ketika anda mengalami dehidrasi maka hal tersebut dapat mempengaruhi oksigenasi otak, membuat anda merasa lebih lelah dan akan lebih membuat anda ngantuk pada siang hari. Minum segelas pertama air lemon di pagi hari pada waktu perut kosong dan 1 sampai 2 gelas siang hari.

7. Jangan makan terlalu berlebihan

Pada saat bekerja tubuh memang mengeluarkan energi yang begitu besar, namun asupan makanan yang berlebihan juga dapat menyebabkan anda mengalami rasa kantuk. Pencernaan adalah proses energi yang sangat insentif untuk itu pada saat anda makan lebih dan lebih dapat membuat anda merasa lesu dan tidak berenergi lagi.

8. Kurangi konsumsi kafein 

Ketika anda bekerja dan rasa kantuk menghampiri, kemudian anda mengkonsumsi kafein, maka pada malam hari anda akan mengalami kesulitan untuk tertidur. Hal tersebut menyebabkan anda akan lebih ngantuk pada keesokan harinya, dan siang hari ketika anda sedang beraktivitas. Berhenti mengkonsumsi kafein 4 sampai 6 jam sebelum tertidur adalah cara terbaik agar anda tidak merasa ngantuk pada saat bekerja dan pada malam hari anda juga tidak akan mengalami kesulitan untuk tertidur. Manakah yang lebih baik untuk tubuh, kopi atau teh? sebaiknya anda mencari informasi tentang keduanya agar anda bisa lebih membatasi asupan kafein pada tubuh anda.

9. Jauhkan berbagai gangguan dari tidur anda

Anda tidak harus membaca, menonton TV, bermain video game, atau menggunakan komputer laptop di tempat tidur. Ketika anda ingin tertidur sebaiknya tidur, anda tidak perlu menggunakan barang-barang elektronik untuk menemani anda sebelum tertidur karena hal tersebut dapat mengganggu anda untuk mendapatkan waktu tidur yang baik. Disarankan juga untuk mematikan lampu pada saat anda akan tertidur hal tersebut dapat memblokir cahaya sehingga anda dapat tidur dengan pulas dan akan merasa segar ketika anda sedang bekerja.

Penyebab lain dari rasa kantuk pada saat bekerja adalah degenerasi saraf yang di sebabkan oleh konsumsi alkohol secara berlebihan, rokok dan faktor yang membuat anda menjadi depresi, atau bahkan mungkin stimulan dan obat-obatan. Tubuh yang penuh racun, disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi fast food, mungkin akan merasa lebih lelah dan letih pada sebagian besar waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *