Bahaya Berbadan Gemuk Dan Cara Mengatasinya

Bahaya Berbadan Gemuk Dan Cara Mengatasinya

Mempunyai berat badan yang tidak ideal merupakan hal yang paling di hindari setiap orang. Namun dalam kenyataannya orang yang mengalami kegemukan menjadi semakin meningkat. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya perubahan gaya hidup yang mengacu pada pola hidup instan. Sering kali kita tidak memperhatikan makanan-makanan yang kita beli di luaran sana, karena kita terlalu sibuk dengan aktifitas yang kita jalani sehari-hari.

Hal yang kita anggap spele biasanya berdampak buruk bagi kesehatan kita, walaupun tidak terasa sekarang mungkin pada saat kita sudah tua. Di Indonesia sendiri masalah kegemukan atau obesitas ini sudah menjalar dari sabang sampai merauke. Tahukah anda ? Menurut peneliti di seluruh dunia dipimpin oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di Washington, dalam studinya menyatakan bahwa Indonesia mempunyai peringkat ke 10 kategori masalah kelebihan berat badan. Kenapa bisa terjadi seperti itu ? Berikut Ulasannya :

Masyarakat kita mempunyai kebiasaan buruk yang sering di spelekan, hal ini tentu menyebabkan pola hidup yang tidak teratur dan menjadi masalah kegemukan, seperti :

  • Sering mengkonsumsi junk food atau makanan yang tidak mempunyai kandungan gizi dan tidak diperlukan oleh tubuh, junkfood memiliki kadar lemak jenuh dan garam yang tinggi. karena terlalu sibuk dan tidak sempat makan atau memasak makanya cari makanan di luar yang tidak sehat. Kenyangpun percuma kalo makanan yang kita makan tidak mengandung nutrisi yang di perlukan tubuh.
  • Kurang tidur, saat tertidur tubuh kita akan memproses penyerapan gizi dari tubuh dan membuang yang tidak diperlukan. Nah bagaimana kalo kita kurang tidur ? Tentu saja tubuh akan terjaga dan tidak melakukan proses apapun.
  • Terlalu malas berolahraga, bagaimanapun berolahraga itu sangat baik untuk tubuh. Pada saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan cairan dari kulit yang kita sebut dengan keringat. Jika kita berkeringat maka lemak akan di keluarkan bersama racun melalui keringat itu sendiri.
  • Lupa makan, kenapa lupa makan menyebabkan kegemukan ? Padahalkan gak makan ? Berarti gak ada lemak yang masuk ke tubuh dong ! sebagian besar orang awam pasti berfikir begitu, tapi justru hal inilah yang menjadi penyebabnya. Ketika seseorang menahan lapar maka akan merasa kelaparan tidak karuan yang akhirnya makan juga, diet pun gagal total.
  • Makan terburu-buru, karena sudah kesiangan dari pada gak makan ya makannya aja di cepetin. Wah itu sih kebiasaan buruk banget, bukan hanya keselek tapi pengundang lemak.
  • Terlalu banyak garam pada masakan, saat makan-makan yang asin akan meningkatkan dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh dan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Takaran yang seharusnya adalah 1/2 sendok teh setiap hari.
  • Kurang minum, setiap hari anda sudah minum 1 liter sehari kah ? pasti banyak yang belum kan ? karena aktifitas di luar rumah padat jadinya tidak minum seharian penuh. Perlu di ketahui, setiap hari hati melakukan pembakaran lemak dan mengubahnya menjadi bahan bakar. Saat melakukan prosesnya hati anda membutuhkan cairan bukan mantan yahhh…

CARA MENGATASINYA ?

Nah bagaimana cara menghindarinya ? Ya jangan spelekan hal-hal tersebut di atas dong jawabannya. Apa anda tahu, mengapa gemuk dikatakan berbahaya ? Karena dari gemuk ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis, berawal dari diabetes, tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah yang dan menyebabkan aliran darah tidak normal dan stroke, serangan jantung, kanker, kekebalan insulin, dll. Bahaya sekali bukan ? lebih sayang nyawa apa sayang lemak ? Segera deh usir lemak anda dari tubuh sebelum si lemak ngusir nyawa anda dari tubuh.

Perlemakan hati bisa memicu komplikasi bila disertai penyakit sindrom metabolik seperti diabetes mellitus, hipertensi, dan infeksi hepatitis B atau hepatitis C. Oleh sebab itu, perlemakan hati perlu dicegah mengubah gaya hidup, seperti mengontrol asupan gula dan olahraga teratur, jangan hanya melakukan kegiatan duduk saja,” kata Prof LA Lesmana, PhD, KGEH, FACP, FACG, FAASLD, konsultan internis-gastro entero hepatologis dari MRCCC Siloam Hospitals, seperti dikutip laman Okzone.

Bagaimana yah kalo udah gemuk gini ? Mana olahraga gak ada waktu, diet gak bisa ! Akan saya kasih tau, berikut caranya :

  • Niat, melakukan apapun harus ada niat dong. Kalo gak punya niat mana ada kesungguhan pengen kurus. Niatnya gimana ? Itu sih terserah.
  • Makanlah sedikit-sedikit, hal ini dilakukan untuk menggunakan kalori secara efektif. jangan makan 1 porsi langsung di abisin yah, biar tubuh memproses dulu makanan yang sudah masuk.
  • Hindari makan setelah jam 6 sore, ini bertujuan supaya diet anda lancar. terapkan ini setiap hari maka anda bisa melihat perubahan pada diri anda.
  • Mengkonsumsi makanan rendah kalori, karena lemak tubuh itu sebagian besar di sebabkan oleh makanan berkalori tinggi.
  • Minum air sebelum makan, kalo sebelum makan anda minum air segelas pasti anda akan cepat kenyang walaupun makan sedikit.
  • Konsumsi makanan yang pedas dan hindari makanan manis, makan makan pedas akan membuat kamu berkeringat tanpa harus olahraga, jadi bisa makan bisa juga berkeringat. Dan makan manis itu meningkatkan glukosa yang gak baik untuk tubuh  anda.
  • Buat ramuan pelangsing sendiri, Indonesia di anugrahi rempah-rempah yang melimpah di antaranya sangat berguna untuk merampingkan badan, contohnya ; kunyit, jahe, kayu manis, kapulaga, jinten, daun mint, merica, cabai, bawang putih, dsb.

Tapi kalo mau cepet, harus di barengi olahraga ya, sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan penurunan berat badan.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *