Bahaya Darah Kental Sebabkan Komplikasi Serius

Darah kental merupakan penyebab beberapa penyakit yang tidak bisa kita anggap spele. Darah yang kental tidak akan mengalir dengan cepat dan lancar. Sedangkan tubuh kita berkerja dengan cepat, seperti halnya jantung kita, tidak mungkin kan berdetak satu menit sekali ? Malah perdetiknya bisa 2 kali detakan. Dan setiap detakan tersebut ada kegiatan menyalurkan darah ke seluruh tubuh, setelah darah tersebut di alirankan maka akan di kembalikan ke jantung dalam waktu yang relatif singkat. Namun ketika aliran darah tidak lancar karena terlalu kental, maka tubuh akan berkerja dengan lamban.Tahukah anda, kekentalan darah pada seseorang dapat mengakibatkan resiko sebagai berikut :

1). Otak
Otak manusia terdiri dari 30 milliar neuron atau syaraf otak, memory otak manusia memiliki kapasitas 30-70 triliun Gb melebihi memory super komputer apapun di dunia. Selain itu otak juga merupakan titik pusat pengaturan tubuh kita. Syaraf otak terhubung dengan seluruh bagian dari tubuh kita. Fungsi otak bahkan sangat luas, dan setiap syarafnya memegang kendali penuh terhadap setiap bagian tubuh kita.

Otak yang terlalu lama menunggu suplai darah dari jantung bisa kehilangan keseimbangannya hingga mengakibatkan beberapa kematian sel dalam otak. Darah sudah seperti makanan sekaligus minuman bagi sel kita, darah yang seharusnya di pasok oleh jantung tiap detiknya ke sel menjadi semakin lambat karena kekentalan darah. Keterlambatan darah masuk ke otak akan menyebabkan kematian sel otak kita. Jika sel – sel otak kita ada yang mati, maka kita bisa menjadi mudah lupa, kurang berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, kehilangan memori dan yang lebih parah adalah stroke.

2). Paru paru
Paru-paru merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Yang kita tahu, fungsi paru – paru adalah sebagai alat pernafasan. Padahal paru – paru tidak hanya berfungsi untuk itu saja, paru – paru kita menyimpan oksigen yang di ambil oleh hidung kita. Apa hubungannya dengan jantung ? Saat kita menghirup udara maka paru – paru akan menyimpan oksigen tersebut dalam kantung alveoli, ketika jantung memberi paru – paru darah, maka darah tersebut akan membawa oksigen dari paru kemudian kembali lagi ke jantung, dan di edarkan lagi oleh jantung ke seluruh tubuh untuk mencukupi kebutuhan oksigen organ kita, dan proses itu berulang hingga kita mati.

Tapi tahukah anda bagaimana jika darah kita mengental ? Maka aliran darah ke paru akan menjadi terhambat dan darah tidak bisa membawa oksigen dari paru ke jantung untuk di edarkan ke organ tubuh yang lain. Hal ini bisa membuat penderita darah kental menjadi kekurangan oksigen. Karena darah yang kental, paru – paru kita bahkan bisa merasakan gejala yang menyedihkan seperti sesak nafas bahkan penderita nya harus menggunakan tenaga hanya untuk bernafas. Selain itu penderita juga bisa merasakan sakit di area dada, dimana area tersebut merupakan tempat kediamannya paru – paru.

3). Jantung
Jantung merupakan sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang dengan kekuatan listrik jantung dan otot jantung. Saat jantung kita berdetak, secara otomatis organ jantung akan mengembang untuk menyerap darah dari semua bagian tubuh kita, dan mengempis kembali untuk mengedarkan darah kita ke seluruh tubuh, hal itulah yang sering kita sebut dengan memompa darah. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.

Namun fungsi itu dapat berjalan dengan lancar apabila darah yang jantung pompa adalah darah yang keencerannya normal. Saat darah mengental maka jantung akan kesulitan untuk mengembang dan mengempis saat memompa darah. Karena jantung harus memompa darah, bagaimana pun jantung harus berfungsi. Dan jantung anda akan bekerja dengan 2x lebih ekstra karena beratnya darah kental saat diserap jantung. Hal ini akan membuat anda mengalami gejala seperti jantung berdebar, itu merupakan tanda bahwa jantung sedang bekerja keras untuk membuat anda tetap hidup. Tapi saat jantung menjadi lelah karena harus bekerja ekstra, maka jantung bisa menjadi berhenti berdetak yang artinya berakhir dengan kematian.

4). Ginjal
Dalam ginjal terdapat saringan yang mana saringan itu berfungsi untuk memisahkan darah dengan cairan. Cairan tersebut merupakan sisa dari tubuh kita seperti zat – zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan di kirim ke kandung kemih yang nantinya akan kita buang. Namun saat darah kita mengental, maka ginjal harus berusaha keras untuk menyaring darah tersebut. Itu seperti kita menyaring madu dengan saringan yang lubangnya kecil.

Karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan glomerulus (penyaring pada ginjal) sehingga mengakibatkan air seni anda berwarna kemerahan karena bercampur dengan darah. Artinya ginjal anda menjadi rusak dan anda harus mencuci darah anda setiap minggu hanya untuk menyaring darah yang biasa ginjal lakukan setiap harinya.

Nah itulah mengapa darah kental bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan benar. Untuk itu anda harus segera menyelesaikan masalah anda dengan cepat, karena terlambat sedikit saja bisa mengundang bahaya besar. Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *