Bahaya kesemutan bagi kesehatan tubuh!

Mati rasa atau kesemutan adalah  gangguan sensorik yang dapat terjadi di mana saja di tubuh anda, tetapi biasanya sering dirasakan di jari, tangan, dan kaki. Alasan paling umum untuk mati rasa atau kesemutan masalah dengan fungsi saraf, baik karena saraf itu sendiri terluka, sesuatu yang menekan pada saraf, atau ketidakseimbangan dalam kimia tubuh mengganggu fungsi saraf.

Gejala Kesemutan

  • Kebiruan pada kulit atau dingin di daerah yang sama atau di sekitarnya
  • Kelemahan otot mati rasa di daerah yang sama atau di sekitarnya
  • Nyeri di daerah yang sama atau di sekitarnya
  • Ruam, khususnya ruam yang terjadi di sebuah badan di salah satu sisi batang tubuh
  • Kejang
  • Perubahan mendadak dalam visi, kehilangan penglihatan, atau sakit mata

Penyebab dari kesemutan

Banyak hal yang bisa menyebabkan mati rasa atau kesemutan, termasuk beberapa obat. Hal-hal yang kita lakukan setiap hari kadang-kadang dapat menyebabkan mati rasa. Ini semua adalah contoh dari aliran darah yang terputus ke suatu daerah untuk jangka waktu.

  • Duduk atau berdiri dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama
  • Melukai saraf (cedera leher dapat menyebabkan Anda merasa mati rasa di mana saja di sepanjang lengan atau tangan,sementara cedera punggung yang rendah dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan di bagian belakang kaki)
  • Tekanan pada saraf tulang belakang, seperti dari hernia
  • Tekanan pada saraf perifer dari pembuluh yang di perbesar darah, tumor, atau infeksi
  • Kurangnya pasokan darah ke suatu daerah, seperti dari aterosklerosis, radang dingin, atau peradangan pembuluh (vaskulitis)
  • Tingkat abnormal kalsium, kalium, atau natrium dalam tubuh anda
  • Kurangnya vitamin B12 atau vitamin lainnya
  • Penggunaan obat tertentu
  • Kerusakan saraf akibat timah, alkohol, tembakau atau obat kemoterapI
  • Gigitan binatang atau racun Laut

Bahaya dari kesemutan

Jangan meremehkan kesemutan atau mati rasa di kaki anda terutama jika itu tidak pergi. Masalah ini kemungkinan besar telah terjadi lebih lama dari yang anda alami. Jika tidak diobati, itu bisa berbahaya. Karena kesemutan dapat menjadi salah satu gejala dari nyeri akibat syaraf terjepit.

  • Anda mengalami kelemahan mendadak atau tidak bisa bergerak bagian-bagian tertentu dari tubuh anda
  • Anda akan mengalami kesulitan untuk berjalan
  • Perasaan kesemutan ini juga dapat memengaruhi wajah, telinga, mulut, lidah, leher, dan bagian lain dari tubuh
  • Mengalami penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan penyakit yang menyerang ujung jari
  • Saraf akan terjepit karena ada bagian saraf yang keluar dari jalurnya sehingga menekan bagian saraf lainnya. Saraf terjepit ini biasanya terjadi pada bagian leher dan punggung. Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa mengganggu aktivitas, kadang bagian-bagian tersebut tidak dapat digerakkan.

Mengobati Kesemutan

Pengobatan kesemutan akan didasarkan pada penyebab yang mendasar :

  1. Jika anda rendah pada vitamin, suplemen vitamin mungkin disarankan. Tablet vitamin B12, khususnya, dapat menebus kekurangan gizi umum yang mengarah ke kesemutan.
  2. Jika masalah ini disebabkan oleh obat-obatan tertentu, anda mungkin perlu menyesuaikan dosis atau mengubah resep. Jika anda memiliki diabetes, anda mungkin perlu untuk lebih mengontrol kadar gula darah anda. Sebuah diagnosa yang tepat oleh ahli penyakit kaki anda dapat mencegah kaki kesemutan dari kembali.
  3. Minum teh herbal, teh herbal dapat memperbaiki darah anda mengalir dan merangsang saraf anda. Mengambil lambat, napas dalam-dalam.
  4. Jika kekurangan oksigen adalah penyebab kesemutan, anda mungkin dapat mengobatinya dengan latihan pernapasan.
  5. Memijat daerah kesemutan. Menurut Cure-Back-Pain.org, kegiatan memijat dapat merangsang saraf dan dapat membantu mengembalikan sirkulasi yang tepat
  6. Jika anda duduk terlalu lama cara terbaik untuk menyembuhkan itu adalah untuk bangun dan gerakkan kaki anda.
  7. Ketika serangan mati rasa menghampiri, maka hal yang harus di lakukan adalah melakukan peregangan otot-otot di sekitar daerah yang terkena kesemutan
  8. Menekuk dan meluruskan lengan yang terpengaruh dan kaki
  9. Jika wajah anda mati rasa, hal yang perlu dilakukan adalah membuka dan menutup mulut anda, erat dekat dan kemudian membuka mata anda
  10. Ketika anda bergerak bagian tubuh yang terkena anda akan membawa darah dan oksigen kembali dan mati rasa akan memudar
  11. Mengurangi pekerjaan
  12. Jangan terlalu sering menonton TV dan bentuk lain dari hiburan ringan
  13. Cobalah untuk membuat kebiasaan baru yang anda lakukan setiap hari. Seiring waktu kebiasaan baru akan mempercepat penyembuhan mati rasa atau kesemutan

Makanan sehat untuk mengatasi kesemutan

  • Makanan kaya yodium merupakan bagian penting dari keseimbangan hormon dan menghilangkan sensasi kesemutan karena mereka menjaga produksi hormon thyroid Anda memadai. cranberry segar adalah sumber yodium, baik dalam bentuk jus segar atau dimakan. sumber yang sangat baik lainnya yodium adalah buncis, rumput laut, dan yogurt. Namun, umumnya disarankan bahwa orang-orang dengan gangguan tiroid didiagnosis menghindari makanan yang mengandung yodium.
  • Bawang adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan senyawa sulfur yang cukup dalam diet anda untuk membantu hati untuk menyeimbangkan hormon anda. Cara lain yang baik untuk menambahkan senyawa sulfur adalah dengan meningkatkan konsumsi bawang ini kerabat dekat, bawang putih untuk mempercepat proses penyembuhan dari kesemutan.

Mengidentifikasi apakah anda mengalami kesemutan adalah tanda adanya suatu penyakit atau tidak. Segera melakukan beberapa langkah-langkah seperti yang dijelaskan sebelumnya, tetapi jika tidak mereda berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami kesemutan yang tidak normal. Jaga selalu diet dan gaya hidup sehat sehingga kesehatan tubuh anda terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi kehidupan anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan memberikan manfaat bagi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *