Bahaya rokok bagi kesehatan manusia dan hewan

Rokok ternyata memiliki dampak yang sangat besar, bukan hanya untuk lingkungan, dan manusia saja. Tetapi ternyata rokok juga sangat berbahaya bagi hewan. Para ahli telah mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat pada rokok memiliki banyak bakteri dan kuman serta penyakit yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, katarak, kanker paru-paru dan masih banyak lagi jenis penyakit yang di timbulkan oleh rokok.

Bahaya asap rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan yang anda pelihara. Begitu besar dampak yang di timbulkan dari rokok yang bahkan bisa mengantar kita lebih cepat pada kematian. Jadi kenapa anda tidak berhenti merokok sekarang? di artikel ini saya akan membahas beberapa bahaya yang di timbulkan rokok bagi kesehatan tubuh manusia serta kesehatan hewan dan semoga bisa mendidik sehingga anda dapat menerapkan pengetahuan ini dan berpotensi untuk membantu orang lain untuk berhenti merokok.

Bahaya rokok bagi manusia

Asap tembakau sangat berbahaya untuk kesehatan anda, terlebih lagi tidak da cara yang aman untuk merokok. Rokok mengandung sekitar 600 bahan dan menghasilkan sekitar 7.000 bahan kimia yang sangat beracun untuk tubuh. Dan berikut adalah bahaya yang di timbulkan dari rokok.

1. Merusak sistem saraf pusat

Dalam rokok terdapat kandungan yang biasa kita kenal dengan nikotin. Tahukah anda apa itu nikotin? Nikotin adalah salah satu obat yang dapat mengubah suasana hati. Nikotin ini akan menyerap pada sistem saraf pusat yaitu otak pada hitungan detik sehingga bisa membuat anda merasa lebih berenergi untuk sementara. Selain itu rokok juga dapat menimbulkan degenerasi makular, katarak, dan penglihatan yang buruk. Kebiasaan anda yang suka merokok dapat menurunkan hormon kortikosteron dan akan membuat anda lebih sering merasa cemas, depresi, sakit kepala dan kurang tidur.

2. Merusak kulit, rambut dan kuku

Zat yang terdapat asap rokok ternyata secara tidak langsung bisa mengubah beberapa struktur yang terdapat pada kulit manusia. Seperti perubahan warna kulit, terbentuknya kerutan pada kulit, dan terjadinya penuaan dini. Sedangkan perubahan yang terjadi pada jari yaitu jari akan berubah warna menjadi kuning, dan perokok biasanya memiliki perubahan pada gigi sehingga gigi menjadi berwarna coklat atau kuning. Dan rambut akan berbau tembakau akibat dari tangan yang sering memegang rokok atau bahkan lama kelamaan bau tersebut akan menempel dengan sendirinya di rambut.

3. Merusak pencernaan

Masih tidak percaya dengan bahaya rokok? Ternyata rokok juga dapat merusak sistem pencernaan karena bisa mengakibatkan infeksi dan peradangan pada gusi. Selain itu rokok juga bisa menimbulkan penyakit kanker mulut, tenggorokan, laring serta penurunan nafsu makan sehingga tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh yang dapat menimbulkan komplikasi pada saluran pencernaan yang lebih cepat dari pada penyakit diabetes.

4. Merusak sistem reproduksi

Merokok dapat menyebabkan wanita lebih rentan terkena kanker serviks serta memungkinkan terjadinya menopause dan untuk pria bisa menyebabkan aliran darah pada tubuh pria menjadi sulit untuk mendapatkan ereksi. Termasuk untuk ibu hamil yang menghisap asap rokok bisa menimbulkan berat badan bayi yang rendah, cacat lahir bahkan kematian bayi secara mendadak. Dan bayi yang baru lahir jika menghisap asap rokok akan terkena infeksi telinga dan serangan asma.

5. Merusak saluran pernapasan

Saat anda merokok tentu anda juga akan menghirup asap dari rokok. Dan asap rokok itu akan masuk ke dalam paru-paru sehingga akan menyebabkan paru-paru menyaring bahan kimia yang berbahaya dari asap rokok. Meski anda batuk, tetapi itu tidak bisa membersihkan racun sehingga racun tersebut akan terperangkap di dalam paru-paru. Kondisi seperti ini biasanya di sebut emfisema (kantung udara di paru-paru hancur).

Jadi, kesimpulan nya yaitu rokok bisa merusak semua organ dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, sebaiknya anda berhenti merokok dari sekarang. Sudah jelas bukan kalau rokok itu berbahaya? lalu untuk apa anda membuang waktu hanya demi sebatang rokok! Para ahli juga mengatakan bahwa rokok tidak hanya membahayakan manusia tetapi juga bisa membahayakan hewan, termasuk hewan peliharaan yang biasanya lebih dekat dengan kita bahkan tinggal satu rumah dengan manusia.

Bahaya rokok bagi hewan

Ketika anda merokok di dekat hewan peliharaan anda, maka itu juga akan buruk untuk kesehatan hewan. Berdasarkan penelitian sebuah universitas bahwa anjing atau hewan peliharaan yang lainnya memiliki penyakit kanker hidung lebih tinggi akibat asap rokok yang terhisap. Karena asap rokok tersebut terperangkap di lendir dalam hidung hewan sehingga hewan kesulitan untuk mengambil napas. Dan hewan ternyata bisa terkena kanker paru-paru sama seperti manusia yang sering merokok.

Rokok sangat berbahaya bagi semua hewan yang bernapas karena paparan rokok yang di hasilkan bisa memiliki efek yang berkepanjangan bagi hewan. Sehingga sangat penting untuk anda menjaga kesehatan diri dan hewan peliharaan anda untuk terhindar dari bahaya rokok yang bisa merusak siapa saja.

Jika anda bukan seorang perokok, maka jangan biarkan teman atau saudara anda untuk merokok di dekat hewan peliharaan dan di ruangan rumah anda, sehingga ruangan rumah akan tetap sejuk karena tidak ada asap rokok di dalamnya. Berusaha untuk berhenti dan terlepas dari rokok itu memang tidak mudah, tetapi jika anda memiliki keinginan dari hati untuk berhenti maka itu bisa di lakukan. Dukungan dari orang-orang di sekitar dan motivasi juga sangat di perlukan, karena sudah banyak jutaan orang yang bisa membuang kebiasaan merokok karena adanya motivasi dari orang-orang yang di cintainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *