Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan

Kamu Sering Merokok Setelah Makan? 

STOP! Inilah Dampak Buruknya Bagi Kesehatan..


Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan

Minum setelah makan mungkin bagus untuk kesehatan. Tapi bagaimana kalau merokok setelah makan? Apakah kebiasaan tersebut juga sama bagusnyah? atau justru berdampak buruk bagi kesehatan? Hampir sepertiga penduduk Indonesia adalah perokok aktif. Lebih dari 43,3 persen masyarakat di negeri ini mempunyai kebiasaan merokok setelah makan. Bahkan 15% diantaranya adalah ABG dan remaja yang baru berusia 12-15 tahun.

Kebiasaan merokok sepertinya sangat lekat dengan kaum pria. Bagaikan aur dan tebing, rokok dan manusia merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Bahkan dari hari ke hari perokok aktif semakin meningkat saja. Alasan dibalik kebiasaan ini pun cukup beragam seperti membuang rasa mual seusai makan, menenangkan pikiran, hingga membantu pencernaan lebih baik.

Padahal, rokok sama sekali tak mempunyai dampak baik untuk tubuh manusia. Patut diketahui bahwa kebiasaan merokok telah menyebabkan kematian setidaknya 242 jiwa setiap tahunnya. Dan satu lagi yang paling miris adalah bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah mencatat indonesia sebagai pasar rokok tertinggi ketiga dunia.

Dengan jumlah yang tak sedikit dan peringkat yang diberikan oleh WHO, apakah kamu rela kalau nyawamu diambil secara konyol hanya karena kebiasaan menghisap sebatang rokok? Sob, kalian harus tahu bahwa merokok setelah makan tidak memiliki manfaat sedikitpun. Justru hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kamu akan lebih berisiko mengalami kanker paru-paru dua kali lebih besar jika terus menerus melakukan kebiasaan buruk ini. Masih tidak percaya? Simak bahaya tersembunyi dari kebiasaan merokok setelah makan berikut ini.Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan


Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan

Rokok dianggap berbahaya bagi kesehatan karena mempunyai 4.000 bahan kimia dengan jenis kandungan yang berbeda-beda. Seperti salah satunya adalah karbon monoksida. Zat ini memang tidak bisa dilihat, juga tidak dirasakan. Namun ketika kamu menghisap sebatang rokok, maka karbon monoksida ini pun ikut masuk ke dalam tubuh. 

Tahukah kamu? Karbon monoksida biasa ditemukan pada asap knalpot mobil. Jika dikonsumsi oleh manusia dapat membahayakan seluruh bagian tubuh karena zat tersebut mampu mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen. Itulah kenapa perokok lebih berisiko mengalami serangan asma, sesak napas dan juga mudah lelah. 

Selain itu, membiasakan diri untuk merokok setelah makan juga bisa memicu perkembangan kanker paru-paru. Ini karena dalam rokok terdapat zat aktif yang disebut TAR. Zat aktif tersebut akan memengaruhi kinerja rambut halus paru-paru yang jika pada kondisi normal, rambut halus ini berfungsi untuk mendorong kuman dan partikel lainnya untuk keluar dari paru-paru.

Oleh karenanya, kamu tidak disarankan merokok setelah makan karena dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker di tubuh. Zat lain dalam rokok yang berbahaya untuk kesehatan adalah benzene. Benzene yang dihisap dari sebatang rokok mampu merusak tingkat genetik yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia (kanker darah).

Selain merokok, inilah kebiasaan yang tidak boleh dilakukan seusai makan

Minum teh, konsumsi buah-buahan, tidur, dan mandi adalah kebiasaan lain selain rokok yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Teh memang bagus bagi kesehatan, namun apabila diminum setelah makan dapat menyebabkan pasokan katekin dalam tubuh berkurang.  Buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan secara menyeluruh, tapi sepertinya tidak apabila kamu menyantapnya setelah makan..

Karena apa? Buah dapat menimbulkan sensasi mulas. Bagaimana dengan tidur dan mandi? Makan langsung tidur atau mandi dapat menimbulkan perut kembung, kenaikan asam lambung serta tidak bisa mencerna makanan karena aliran darah yang berpindah dari tubuh ke bagian kaki serta tangan. 

Satu lagi, kamu juga tidak disarankan minum kopi ya sob, karena kopi mengandung tinggi kafein. Sama halnya seperti rokok, kopi yang diminum setelah makan bisa menimbulkan kerusakan permanen pada organ ginjal dan hati. Ini karena sistem pencernaan yang tidak mampu mengolah makanan akibat terlalu banyak produksi kafein yang dihasilkan tubuh.Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan


.

.

.


BAHAYA LAIN DARI ROKOK UNTUK KESEHATAN 

Satu fakta mengungkapkan bahwa seseorang yang menghisap asap rokok jauh lebih berbahaya dan berisiko daripada perokok itu sendiri. Mengapa? 


Asap rokok mempunyai kandungan nikotin yang apabila dihirup akan masuk langsung ke paru-paru, otak serta aliran darah. Nikotin mulanya bagus bagi keaktifan otak namun apabila produksinya berlebihan maka hal itu akan berubah menjadi racun paling mematikan. Bahkan cukup berpengaruh juga pada kesehatan jantung dan hormon. Kenapa banyak orang yang menyukai rokok? Ini tidak lain karena perokok akan merasa tenang. 

Sewaktu merokok, jumlah asap yang terhirup ke paru-paru meningkat. Sebagian besar bahan kimia lainnya pun ikut masuk. Semakin sering merokok, maka semakin tenang pikiran dan otakmu. Namun secara bersamaan, kamu juga telah menyebabkan kerusakan besar pada organ paru-paru dalam tubuh. “Tidak semua perokok mati konyol karena rokok”. Kalimat ini memang benar. Namun kamu pun harus mengetahui bagaimana peranan dan bahaya rokok pada tubuh sendiri.

Coba perhatikan, bukankah dalam kebiasaan merokok sehari-hari kamu sering mengalami batuk, tubuh cepat lelah, juga napas yang terengah-engah? Lantas kenapa kamu masih saja tidak paham akan respon tubuh terhadap rokok tersebut? Oke, kamu memang sudah terbiasa mendengar bahaya rokok dan dampak negatif lainnya, dan kamu juga tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Tapi satu yang harus selalu diingat adalah bahwa merokok sama saja dengan membiarkan racun bertumbuh lebih banyak dan semakin banyak dalam organ tubuh seperti paru-paru, ginjal, jantung, hati serta aliran darah.


Kesimpulannya adalah :

Kamu harus segera menghentikan kebiasaan merokok setelah makan sebelum rokok mengganggu kinerja seluruh organ dalam tubuh. Ada banyak hal lain yang bisa dikonsumsi selain rokok. Seperti makan permen, jangan salah permen juga bagus untuk menghilangkan rasa sebal setelah makan. Dengan cara ini, kamu mampu mengurangi rokok dan perlahan rokok pun akan lepas dari genggaman selamanya. Semoga bisa membuka pikiran anda untuk berhenti merokok sejak dini. Salam sehat dan selamat membaca!Bahaya Tersembunyi Dari Kebiasaan Merokok Setelah Makan


Tulisan ini dipublikasikan di Info Kesehatan Lainnya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.