Bau dan Warna pada Urine dapat menjadi Indikator Kesehatan

Membahas fungsi tubuh adalah bagian yang paling peting untuk semua orang. Mengingat sekarang banyak sekali orang yang terganggu kesehatannya hanya karena hal-hal yang sepele. Urine dalam tubuh manusia dapat mengungkapkan informasi penting tentang pengeluaran kotoran pada tubuh manusia. Urine juga memberikan petunjuk untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ginjal berfungsi menyaring kelebihan air dan limbah yang larut dalam air dari darah anda, menyingkirkan racun dan hal-hal yang dapat menyebabkan anda menjadi sakit. Secara harfiah dan kiasan warna pada urine dapat memberitahu kesehatan anda. Jika urine anda berwarna kuning gelap mungkin anda terkena dehidrasi. Ketika orang mengalami dehidrasi, maka ginjal akan mengalami kerusakan yang dapat menimbulkan penyakit batu ginjal.

Dehidrasi menjadi penyebab dari batu ginjal karena terlalu banyak air yang ditampung di ginjal sehingga dengan berjalannya waktu dapat menyebabkan mineral tersebut mengendap dan menggupal di ginjal. Ketika urine anda berubah warna maka hal tersebut bisa saja menjadi masalah yang serius bagi anda. Apakah anda pernah melihat urine anda berwarna merah muda? Mungkin itu faktor dari pewarna makanan yang anda makan.

Perubahan Bau pada Urine

Urine biasanya tidak memiliki bau yang begitu menyengat. Jika urine anda memiliki bau yang sangat menyengat seperti bau busuk, mungkin anda mengalami infeksi di saluran kemih. Hal tersebut dapat membuat bau yang hampir sama seperti amonia. Selain itu perubahan bau pada urine juga bisa timbul dari seseorang yang terkena suatu penyakit.

Perubahan Warna Pada Urine

Urine biasanya memiliki warna yang bervariasi seperti kuning pucat, tergantung dengan konsentrasi urine dan cairan yang anda konsumsi setiap harinya. Urine lebih gelap biasanya merupakan tanda bahwa anda tidak minum cukup air. Koreksi adalah cara yang sederhana seperti anda mengkonsumsi lebih cairan, terutama air. Sebaliknya, jika anda memiliki urine yang terlalu transparan, itu berarti bahwa anda terlalu banyak mengkonsumsi air atau anda mengkonsumsi diureutik atau pil yang merupakan obat yang memaksa tubuh untuk menghilangkan kelebihan air.

Perubahan warna Urine yang berdampak pada kesehatan

  • Menimbulkan Infeksi

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri yang terjadi pada saluran kemih berkembang biak. Saluran kemih terdiri dari kantung kemih uretra, ureter dan ginjal. Bakteri biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra yaitu tabung yang membawa urine keluar dari dalam tubuh. Ketika anda mengalami infeksi pada urine maka hal yang terjadi adalah urine akan berwarna menjadi kebiruan dan bau yang sangat menyengat ketika anda buang air kecil.

  • Tanda-tanda Diabetes

Kata “Diabetes” berarti buang air kecil dengan waktu yang sering dan dalam jumlah yang besar. Ketika tubuh anda terlalu banyak memiliki kadar gula dalam aliran darah dan tubuh tidak memproses secara efektif, maka ginjal dalam tubuh anda akan bekerja lebih keras untuk mencoba membuangnya dari tubuh. Ketika urine anda berbau manis, itu terjadi karena terlalu banyak kadar gula dalam tubuh anda. Gula dalam urine dapat mengindikasikan bahwa anda terkena diabetes atau pra-diabetes.

Perlu anda ketahui, bahwa diabetes memiliki pengaruh pada tubuh selain itu diabetes juga menjadi penyebab utama dari adanya penyakit ginjal, hal ini merupakan keadaan medis serius yang perlu anda perhatikan serta anda obati, pahami selebihnya tentang tanda dan penyebab diabetes agar anda bisa benar-benar yakin apakah itu ciri dari diabetes atau hanya faktor dari pemanis buatan biasa yang menyebabkan urine anda menjadi berbau manis.

Berikut warna urine yang mungkin terjadi pada perubahan urine anda :

1. Transparan

Urine transparan mungkin menunjukkan over-hidrasi. Meskipun tidak berbahaya seperti dehidrasi, hidrasi yang berlebih bisa mencairkan garam penting dalam tubuh, seperti elektrolit, menciptakan ketidakseimbangan kimia yang dapat bermasalah dalam darah. Urine yang benar-benar transparan juga bisa menunjukkan bahwa anda terlalu minum banyak air. Dalam beberapa kasus ini mungkin berarti bahwa anda benar-benar perlu untuk mengurangi jumlah air yang anda minum.

2. Orange terang

Warna orange terang pada urine anda bisa di sebabkan karena mungkin anda mengalami dehidrasi, tetapi juga dapat disebabkan oleh masalah hati atau saluran empedu, pewarna makanan yang dikonsumsi atau ekskresi vitamin B berlebih dari aliran darah.

3. Orange gelap atau cokelat

Ketika anda memiliki urine yang berwarna orange gelap atau coklat, bisa saja anda sedang mengalami gejala dari penyakit kuning, rhabdomyolysis atau mungkin juga bisa disebabkan oleh dehidrasi yang begitu berat, sehingga urine menjadi berubah warna.

4. Kuning trasnparan

Ini adalah warna urine yang dianggap normal. Urine yang berwarna kuning transparan adalah urine yang seharusnya dimiliki oleh orang-orang sehat yang tidak memiliki kondisi kesehatan yang serius dan masalah lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.

5. Putih pucat

Putih pucat atau warna keruh yang dihasilkan urine biasanya terjadi karena adanya cairan di vagina, dehidrasi, makanan tertentu atau bahkan karena batu ginjal. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mencari bekuan darah mikroskopis, nanah dan lain sebagainya yang bisa menjadi tanda-tanda infeksi. Perubahan urine juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada sistem repdroduksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *