Berbagai macam penyakit yang terdapat di Lambung

Lambung adalah salah satu organ sistem pencernaan yang terdapat di dalam tubuh manusia. Lambung terdapat di sebelah kiri, tepatnya di bawah sekat rongga badan. Lambung sendiri terbagi menjadi empat bagian dan berikut dibawah yang akan dijelaskan.

Bagian-Bagian Lambung

  • Lambung bagian atas yang di sebut dengan kardiak. Kardiak ini memiliki fungsi sebagai alat pintu masuknya makanan dari kerongkongan.
  • Lambung bagian tengah yang di sebut dengan fundus. Fundus ini berfungsi untuk menyimpan makanan selama satu jam dan di dalam fundus ini gas-gas akan terakumulasi saat proses pencernaan kimia sedang terjadi di dalam lambung.
  • Badan lambung atau korpus, Korpus memiliki fungsi sebagai pusat dari organ lambung dan di bagian korpus ini lah proses pencernaan kimia akan terjadi.
  • Pilorus. Pilorus ini adalah bagian lambung yang berhubungan dengan usus dua belas jari. Fungsi dari pilorus ini adalah sebagai tempat terkumpul nya makanan dan mengalami proses pencernaan sebelum makanan masuk ke dalam usus dua belas jari.

Fungsi lambung

Selain ada beberapa bagian di lambung, lambung juga memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting, fungsi-fungsi tersebut adalah :

1. Fungsi Motorik

Fungsi motorik ini adalah untuk mencampur dan memecah makanan dan sebagai fungsi pengosongan lambung serta sebagai fungsi revisior (menyimpan sedikit demi sedikit makanan untuk di cerna).

2. Fungsi Pencernaan

Di dalam lambung terjadi proses sekresi pencernaan protein yang di lakukan oleh getah lambung dan enzim pepsin. Di dalam lambung juga terdapat pengeluaran gastrin yang dipengaruhi oleh protein, selain itu di dalam lambung juga terdapat proses sekresi yang membentuk selubung sebagai pelindung untuk lambung.

Selain dari bagian dan fungsi lambung, banyak sekali jenis penyakit yang dapat di timbulkan akibat rusaknya fungsi lambung itu sendiri. Untuk itu anda perlu mengetahui berbagai macam penyakit yang dapat di timbulkan akibat rusaknya lambung anda, dan beberapa penyakit yang paling umum yang sering terjadi di lambung yaitu : Maag, Kanker lambung, Gastritis, Tumor lambung, dan Gastroparesis. Berikut adalah penyebab dari penyakit-penyakit tersebut.

Macam-Macam penyakit yang terdapat di Lambung

1. Maag

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit lambung yang satu ini, karena sering kita jumpai kebanyakan orang menderita penyakit maag. Penyakit maag atau yang sering di sebut dengan dispepsia ini adalah penyakit yang di akibatkan oleh rusaknya dinding lambung bagian dalam sehingga dinding lambung tersebut terkikis dan menimbulkan luka dan luka tersebut sering di sebut dengan tukak lambung. Dan rasa sakit yang di timbulkan dari penyakit maag ini biasanya lambung terasa perih, dan panas dari leher hingga bagian tengah perut.

2. Gastritis

Penyakit gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan lambung. Penyakit gastritis ini terjadi biasanya di sebabkan oleh minuman alkohol yang di konsumsi dalam jangka panjang sehingga menyebabkan lapisan lambung menjadi rusak. Gejala yang di timbulkan dari penyakit gastritis ini adalah perut kembung, gangguan pencernaan, mual dan muntah-muntah.

3. Kanker Lambung

Penyakit kanker lambung ini terjadi karena adanya sel kanker yang terdapat di area lambung sehingga kanker tersebut berkembang di lambung. Gejala dari kanker lambung sendiri yaitu rasa nyeri pada bagian perut atas, mulas, mual dan kehilangan nafsu makan. Gejala lainnya yang di timbulkan adalah sulit menelan makanan, kulit menjadi kuning, berat badan menurun, dan terdapat darah pada tinja. Dan kanker lambung tersebut bisa saja berkembang ke bagian organ tubuh yang lainnya termasuk paru-paru, lapisan perut, kelenjar getah bening, dan hati.

4. Tumor Lambung

Tumor lambung ini terjadi ketika timbul bintil-bintil di bagian lambung yang sering di sebut (polip). Tumor lambung sendiri tidak menyebar seperti kanker lambung, karena tumor lambung masih bisa di angkat. Penyebab timbulnya penyakit tumor pada lambung ini karena anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet yang biasanya di temukan dalam makanan dan minuman yang sudah di kemas, serta kebiasaan anda yang suka merokok.

5. Gastroparesis

Gastroparesis adalah penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada lambung. Penyakit ini mengakibatkan makanan susah untuk di cerna, karena otot-otot yang terdapat di dalam perut tidak berfungsi. Gejala yang di timbulkan oleh penyakit ini adalah rasa mual yang kronis, perubahan gula darah, muntah-muntah, perut kembung dan rasa nyeri di perut.

Cara menjaga lambung agar tetap sehat

  • Lambung harus mendapatkan serat yang dapat dicerna oleh tubuh, fungsi dari serat itu sendiri adalah agar lambung dapat mencegah air yang keluar bersamaan dengan tinja (tinja yang berair).
  • Mengkonsumsi daging tanpa lemak, karena daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan pencernaan tidak nyaman karena lemak berkumpul di lambung sehingga kita kesulitan untuk buang air besar.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan protein dan gizi, karena lambung yang sehat membutuhkan kandungan anti inflamasi yang biasanya terdapat pada jahe.
  • Pola makan yang teratur. Pola makan yang teratur harus di lakukan agar lambung tetap dalam keadaan sehat, caranya jangan makan ketika anda akan tidur, berhenti makan sebelum kenyang serta tidak makan sebelum lapar. Cara tersebut akan membantu menentukan kesehatan lambung.
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran, buah dan sayur memang sangat di perlukan oleh tubuh termasuk lambung karena buah dan sayur memiliki gizi dan protein yang tinggi yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia.
  • Olahraga teratur. Olahraga sangat di sarankan untuk membunuh lemak yang berkumpul di dalam lambung, sehingga lambung tetap terjaga kesehatan nya. Olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan lambung yaitu berenang, menari, lari dan jogging.
  • Mengurangi makanan yang terlalu pedas, asam, dan manis. Karena makanan tersebut dapat menimbulkan risiko yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan dapat menimbulkan bakteri di dalam usus.
  • Menghindari makanan siap saji. Makanan siap saji adalah salah satu jenis makanan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia karena di dalam makanan siap saji tidak sedikit di temukan bahan pengawet makanan yang mengandung banyak zat kimia yang sangat buruk untuk tubuh kita. Untuk itu di sarankan lebih baik ,mengkonsumsi makanan yang kita buat sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *