Berbagai macam penyakit yang terdapat di organ hati

Terletak di bawah diafragma di bagian kanan atas perut, hati adalah organ terbesar dalam tubuh (berat 1-1,5 kilogram pada orang dewasa). Berbagai macam jenis penyakit bisa anda temukan di hati, pernyataan tersebut memang dibenarkan karena bahwa ada lebih dari 100 bentuk yang dikenal penyakit hati yang disebabkan oleh berbagai faktor dan memengaruhi semua orang dari bayi hingga orang dewasa yang lebih tua.

Sirosis sering dianggap sebagai bentuk penyakit hati dan mungkin satu-satunya kondisi terkait hati bahwa banyak orang telah mendengar. Bahkan, sirosis adalah kondisi yang dihasilkan dari kerusakan permanen atau jaringan parut pada hati. Ini adalah tahap akhir berbagai bentuk penyakit hati dan diketahui menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya, termasuk perdarahan varises, ascites dan ensefalopati hati.

Macam macam penyakit hati

Transplantasi hati

Sebuah transplantasi hati adalah operasi hati yang di lakukan untuk menggantikan hati yang sakit dan kurang berfungsi dengan baik seluruh atau sebagian dari hati menyumbangkan sehat. transplantasi hati telah menjadi pilihan pengobatan yang diakui untuk orang-orang dengan gagal organ.

Di Kanada, lebih dari 400 operasi tersebut dilakukan setiap tahun. Hati yang disumbangkan baik dari individu-individu yang telah dinyatakan mati otak dan dengan persetujuan dari kerabat mereka, atau dari donor hidup seperti keluarga atau teman. Pusat transplantasi hati donor dengan penerima harus sesuai berdasarkan ukuran hati kompatibel dan golongan darah.

Sindrom Alagille

Sindrom Alagille adalah kelainan bawaan yang meniru bentuk-bentuk lain dari penyakit hati yang berkepanjangan. Penyakit ini akan terlihat pada bayi dan anak-anak. Secara khusus, sindrom Alagille juga berhubungan dengan penyakit jantung, mata. Pembuluh darah dan ginjal juga mungkin terlibat dalam proporsi yang lebih kecil.

Hepatitis autoimun

Ini adalah penyakit yang ditandai oleh peradangan kronis hati.  Autoimun mengacu pada sistem kekebalan tubuh sendiri yang menyerang bagian lain dari tubuh. Hepatitis mengacu peradangan hati, yang bisa berkisar dari ringan sampai parah. Pada sebagian besar pasien, hepatitis autoimun ditandai dengan fluktuasi tingkat intensitas, dengan kambuh.

Kanker Hati

Karena hati menyaring darah dari seluruh bagian tubuh, sel-sel kanker dari tempat lain dapat masuk ke dalam hati dan mulai tumbuh. Kanker yang dimulai di usus sering menyebar ke hati. Kemampuan hati untuk meregenerasi juga dapat dihubungkan dengan perkembangan kanker hati.

Hati Berlemak

Hati berlemak adalah hasil dari kelebihan lemak dalam sel hati. jaringan lemak perlahan menumpuk di hati ketika diet seseorang melebihi jumlah lemak tubuh nya sehingga tubuh tidak dapat menangani nya. Seseorang memiliki hati berlemak ketika lemak membuat setidaknya 5% dari hati.

Hati berlemak yang sederhana dapat menjadi kondisi benar-benar jinak dan biasanya tidak menyebabkan kerusakan hati. Namun, setelah ada penumpukan lemak yang sederhana, hati menjadi rentan terhadap cedera lebih lanjut, yang dapat mengakibatkan peradangan dan jaringan parut pada hati.

Makanan sehat untuk hati

Sayuran hijau

Salah satu cara kita yang paling kuat dalam membersihkan hati adalah sayuran hijau. Sayuran hijau yang dapat dimakan mentah, dimasak, atau di jus. Hijau menyedot racun di sekitar hati dari aliran darah. Dengan kemampuan yang berbeda untuk menetralisir logam berat , bahan kimia dan pestisida, makanan ini membersihkan dan memberikan perlindungan yang kuat untuk hati.

Alpukat

Ini adalah super makanan padat gizi yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi glutathione, atau senyawa yang diperlukan untuk hati dan untuk membersihkan racun berbahaya.

 Kenari

Memegang jumlah tinggi asam amino arginin, kenari dapat membantu hati dalam mendetoksifikasi amonia. Kenari juga tinggi glutathione, yang mendukung untuk melakukan tindakan pembersihan hati. Pastikan anda mengunyah dengan baik kacang (sampai mereka cair) sebelum menelan.

Lemon

Buah jeruk ini mengandung jumlah yang sangat tinggi vitamin C, yang membantu tubuh dalam sintesis bahan beracun menjadi zat yang bisa diserap oleh air. Minum segar diperas lemon atau jeruk nipis di pagi hari untuk membantu merangsang hati.

Teh hijau (green tea)

Teh hijau bermanfaat untuk embersihkan hati dari berbagai penyakit kandungan teh hijau penuh dengan antioksidan dan tanaman ini adalah tanaman yang dikenal sebagai catechin, senyawa yang dikenal untuk membantu fungsi hati.

Makan makanan yang tercantum di atas adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga hati Anda berfungsi dengan baik. Namun, untuk hasil terbaik, saya sarankan untuk melakukan pembersihan hati . Melakukan pembersihan hati setidaknya dua kali setahun dan ini akan bermanfaat untuk menghilangkan zat-zat asing yang mungkin terjebak dalam hati anda.

Namun, anda juga jangan lupa bahwa diet yang sehat bersama dengan olahraga teratur adalah kunci untuk hati yang sehat. Informasi yang diberikan di sini di maksudkan agar anda bisa menjaga kesehatan hati dan membuat hati anda sehat dari berbagai penyakit. Kemudian juga, dianjurkan untuk mengambil bantuan ahli medis bersama dengan pengobatan rumah ini jika penyakit hati di diagnosis. Setelah semua, kita tidak bisa santai dengan sama pentingnya organ tubuh seperti hati!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *