Berbagai manfaat terbaik biji semangka untuk kesehatan tubuh

Semangka yang tersedia di seluruh dunia sepanjang tahun biasanya sangat baik di konsumsi pada waktu musim panas. Biji semangka merupakan sumber yang kaya nutrisi dan mineral. Oleh karena itu, biji semangka tidak harus dibuang. Biji ini memiliki penutup luar yang keras sehingga harus dikunyah sebelum ditelan untuk mendapatkan konten gizi dari biji tersebut. Beberapa manfaat kesehatan yang di berikan biji semangka adalah di bawah ini.

Manfaat biji semangka

1. Menjaga sistem kardiovaskular

Sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke. Biji semangka ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kardiovaskular karena tubuh anda membutuhkan asam amino esensial seperti arginin dan lisin yang tubuh tidak dapat memproduksi sendiri dan ini harus tersedia dari sumber makanan. Kandungan asam amino yang terdapat pada biji semangka sangat di butuhkan oleh tubuh manusia karena mengandung beberapa asam amino esensial seperti tryptophan dan asam glutamat. Lysine membantu dalam penyerapan kalsium untuk memfasilitasi pembentukan kolagen dan jaringan ikat di dalam tubuh sedangkan arginine meningkatkan metabolisme tubuh, sistem kardiovaskular dan kesehatan seksual.

2. Mengobati diabetes

Biji semangka merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium sangat penting untuk fungsi normal jantung, pemeliharaan tekanan darah normal, mendukung proses metabolisme dan protein. bermanfaat dalam pengobatan penyakit jantung dan hipertensi selain mengontrol tekanan darah dan diabetes. Dengan mengkonsumsi 100 gram biji semangka saja, anda bisa mengobati penyakit diabetes dang kemungkinan sekitar 139% penyakit diabetes anda akan membaik.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Sama halnya dengan manfaat kulit manggis yang bisa di jadikan obat untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Kandungan minyak, likopen dan antioksidan yang terdapat dalam biji semangka juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagi masalah kulit, seperti jerawat, penuaan di kulit serta dapat menghilangkan flek hitam akibat jerawat. Ambil cotton bud dan celupkan pada minyak biji semangka. Kemudian anda bisa menggunakannya di wajah untuk membersihkan jerawat, kotoran serta sel-sel kulit mati. Minyak khusus yang terdapat pada biji semangka ini cocok untuk setiap jenis kulit dan dapat membantu menangani penyakit kulit.

4. Menjaga kesehatan rambut

Rambut sehat tergantung pada kesehatan tubuh dan sistem tubuh untuk sebagian besar. Jika tubuh anda kekurangan nutrisi penting dan mineral tertentu, itu akan merugikan serta mempengaruhi rambut dan kulit kepala, yang akhirnya akan menyebabkan beberapa masalah rambut seperti rambut rontok, menipis, ketombe,dan masalah lain sejenisnya. Panggang biji semangka kemudian minyak yang di hasilkan dari panggangan biji tersebut di oleskan pada rambut secara merata hingga nanti rambut akan memiliki warna hitam berkilau secara alami.

5. Menjaga sistem pencernaan

Biji semangka mengandung dietary fiber yang sangat penting untuk menjaga sistem saluran pencernaan, yang bisa membantu dalam kasus parasit usus, serta dalam pengobatan pasien yang menderita hepatitis dan peradangan dalam tubuh. Biji semangka juga merupakan bahan sehat yang sangat berguna untuk mengobati penyakit ginjal dan saluran kemih. Menggunakan teh dari biji semangka segar akan menghilangkan batu dan pasir di ginjal.

6. Melindungi kesehatan jantung

Penuh dengan magnesium, menjadikan biji semangka ini sebagai alat untuk menjaga jantung anda, agar jantung bisa bekerja dengan normal. Selain itu, biji semangka dapat mempertahankan tingkat tekanan darah dan meningkatkan proses metabolisme. Manfaat lainnya yang bisa kita ambil dari benih yang sangat fantastis yaitu untuk menghindari kita untuk menderita penyakit jantung serta hipertensi.

7. Sumber multivitamin

Salah satu manfaat yang baik dari biji semangka yaitu memiliki sumber multivitamin yang bisa menggantikan suplemen yang sering anda konsumsi. Kandungan vitamin K dan vitamin B, folat, niacin, dan vitamin B6 yang terdapat dalam biji semangka ini memungkinkan biji semangka memiliki fungsi untuk menyembuhkan penyakit, memperbaiki sistem saraf, dan berbagai penyakit lainnya, dan yang perlu anda ketahui adalah bahwa biji semangka merupakan biji terbaik dari semua buah yang pernah di temukan.

Tidak kalah dengan biji nya, kulit semangka juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia dan berbagai manfaat tersebut adalah :

1. Pencegahan asma. Risiko untuk mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah vitamin C, ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran termasuk semangka.

2. Tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplementasi ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi), seperti tekanan darah brakialis dan karotis.

3. Peradangan. Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam semangka yang membantu tubuh kita dalam tidur, gerakan otot, pembelajaran dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.

4. Nyeri ototSemangka dan jus semangka telah terbukti dapat mengurangi nyeri otot, dan dapat membantu mengoabati penyakit asam urat. Para peneliti percaya bahwa kandungan amino L-citrulline yang terkandung dalam kulit semangka dapat mengobati penyakit asam urat secara alami tanpa harus memperhatikan efek samping, karena di dalam semangka tidak memiliki efek samping.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *