Cara Ampuh untuk Mengatasi Sakit di Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat menjadi salah satu tanda dari tegangnya pita suara, atau indikasi lain dari sesuatu yang lebih serius seperti radang tenggorokan. Terlepas dari penyebab, perhatian anda akan segera beralih dengan bagaimana cara mengatasi rasa sakit tersebut.

Anda mungkin akan berfikir untuk pergi ke dokter, tetapi perawatan terbaik adalah obat rumah yang memiliki manfaat luar biasa dan menghilangkan rasa sakit secara cepat kata Jeffrey Linder, MD, seorang Internis di Rumah Sakit Brigham di Boston.

Penyebab sakit di Tenggorokan

Mengetahui apa yang menyebabkan sakit tenggorokan dapat memungkinkan anda untuk mengetahui bagaimana mengobatinya. berikut adalah beberapa penyebab terbesar dari rasa sakit di tenggorokan.

  • Pembengkakan. Pembengkakan pada jaringan di tenggorokan dapat menyebabkan rasa sakit. Hal tersebut akan bekerja untuk sesuatu yang mengganggu anti-inflamasi atau astringent dalam tubuh.
  • Kurang minum. Cari sesuatu yang akan mengatasi tenggorokan anda, tapi tidak membuat lebih banyak lendir.
  • Bakteri. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri. Temukan sesuatu yang alami untuk membunuh kuman.

Berikut adalah tiga penyebab paling umum yang ditimbulkan oleh rasa sakit di tenggorokan. Pengobatan apa yang harus anda ambil? Obat-obatan alami mungkin akan lebih baik dibandingkan dengan pergi ke dokter. Berikut adalah cara ampuh yang dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit di tenggorokan.

Cara mengatasi sakit di Tenggorokan

1. Berkumur dengan air garam

Beberapa studi telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali menggunakan air garam hangat dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan melonggarkan lendir yang membantu untuk menyingkirkan iritasi dan bakteri. Ketika leher kita sakit, terlepas dari apa penyebabnya, itu terjadi karena sel-sel di selaput lendir menjadi bengkak dan meradang.

Dengan berkumur menggunakan air garam, anda dapat menurunkan pembengkakan, karena fungsi utama garam adalah untuk menarik keluar air, yang pada gilirannya menyusut sel bengkak dan meredakan rasa sakit. Hal ini juga membantu membersihkan kelebihan lendir dan hidung tersumbat (jika anda memilikinya).

Dokter pada umumnya merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok garam dalam satu cangkir air. Jika rasa terlalu asin anda dapat menambahkan madu untuk menambahkan rasa manis dalam campuran tersebut.

2. Menghisap bawang putih

Ya, menghisap bawang putih. Kedengaran aneh namun berkhasiat. Bawang putih adalah salah satu obat alami yang dapat menyingkirkan sakit dan pembengkakan yang terjadi di tenggorokan. Senyawa dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab dari peradangan dimana peradangan tersebut akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit yang berkepanjangan jika tidak segera diatasi.

Rasa sakit dari tenggorokan dapat menjadi salah satu gejala dari timbulnya penyakit paru-paru, untuk mengetahui hal tersebut anda akan lebih mudah jika memahami ciri-ciri paru-paru kering dan pneumonia mungkin saja sakit tenggorokan yang anda alami akan berdampak menjadi suatu penyakit yang lebih serius, Oleh sebab itu anda disarankan untuk tidak menyepelekan suatu penyakit.

3. Gunakan cengkeh

Cengkeh telah digunakan berabad-abad. terutama dalam Pengobatan Tradisional Cina, tetapi pada zaman sekarang tidak banyak orang yang menggunakan cengkeh. Namun, cengkeh sering digunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit dalam mulut (seperti sakit gigi) dan tenggorokan.

Pada suatu waktu dokter gigi bahkan sering menggunakan cengkeh sebagai obat bius, dan beberapa masih melakukan kebiasaan tersebut sampai hari ini. Alasan cengkeh bisa sukses sebagai pembunuh rasa sakit adalah karena eugenol yaitu suatu zat yang dimiliki cengkeh. Eugenol bisa menjadi pembunuh rasa sakit alami, dan dapat bertindak sebagai anti bakteri juga. Mengunyah cengkeh secara keseluruhan perlahan akan menyembuhkan rasa nyeri di tenggorokan anda.

4. Gunakan Jahe

Jahe memiliki cukup rasa yang intens bahkan rasa pedas itu alasannya mengapa anda harus meminum secangkir teh jahe ketika tenggorokan anda sakit. Kebetulan bahwa jahe dikemas dengan properti yang akan mengusir rasa sakit. Kandungan dalam jahe bekerja cemerlang sebagai obat pilek dan sakit tenggorokan sering berjalan beriringan.

Ini ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan anda.) Hal ini bisa terjadi karena sebagian aromanya dapat membuka sinus anda. Jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan oksigen ke sel-sel dalam tubuh anda, membasmi racun, dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu jahe bertindak sebagai anti inflamasi, dan bertempur melawan bakteri buruk juga. Anda dapat menikmati semua manfaat jahe dengan menjadikan jahe sebagai teh hangat yang menenangkan.

5. Hindari Susu

Susu hangat mungkin tampak seperti hal yang sempurna untuk memudahkan tenggorokan anda. Susu memang menenangkan dan tidak menimbulkan iritasi dalam tubuh anda. Meskipun tidak berlaku untuk semua sakit tenggorokan, jika sakit anda datang bersama dengan kemacetan, mungkin yang terbaik untuk menghindari susu.

Alasannya adalah karena pada saat anda meminum susu, anda akan memiliki kelebihan lendir untuk penyakit anda. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi lendir seperti lapisan tenggorokan, yang tidak akan membantu sama sekali. Di sisi lain, jika anda memiliki sakit tenggorokan sangat kering atau mentah, susu dan madu mungkin hanya hal untuk membantu untuk menenangkan itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *