Cara cepat Turunkan darah Tinggi Tanpa Obat

Tekanan darah tinggi jangka panjang telah terbukti dapat meningkatkan seseorang untuk terkena penyakit kardiovaskular. Komplikasi lain akibat tekanan darah tinggi meliputi sirkulasi yang buruk, kerusakan pada jaringan dan jantung, risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Banyak kasus tekanan darah tinggi yang tidak dapat ditelusuri penyebabnya secara langsung. Namun, semakin lama anda memiliki tekanan darah tinggi maka efek yang akan ditimbulkan akan semakin berbahaya. Tetapi, kabar baiknya adalah bahwa sekarang ada langkah-langkah yang proaktif lebih dari sekadar anda meminum obat. Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara cepat turunkan darah tinggi tanpa obat, Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan.

1. Menurunkan berat badan

Jika anda seorang yang memiliki berat badan berlebih maka sangat disarankan untuk menurunkan berat badan. Selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, berat badan yang berlebihan juga dapat membuat anda menjadi kesulitan ketika bernapas dan selanjutnya dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Ketika anda memiliki kelebihan berat badan apalagi disekitar pinggang, maka anda dapat menempatkan anda pada risiko yang lebih besar dari tekanan darah tinggi.

Secara umum, pria akan berisiko jika memiliki ukuran pinggang mereka lebih besar dari 40 inci atau sekitar (102 cm) dan perempuan akan berisiko jika mereka memiliki ukuran pinggang lebih besar dari 35 inci atau setara dengan (89 cm). Anda bisa menanyakan ukuran pinggang yang sehat untuk anda pada dokter yang anda percaya.

2. Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang teratur setidaknya 30 menit setiap hari dalam satu minggu dapat menurunkan tekanan darah dari 4 sampai 9 mm Hg. Anda harus konsisten dengan olahraga yang sering dilakukan, karena jika anda berhenti melakukan olahraga maka tekanan darah anda akan naik lagi. Jika seandainya anda memiliki tekanan darah tinggi maka dengan melakukan olahraga anda dapat menghindari berkembangnya hipertensi tersebut.

Jenis terbaik dari latihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah berjalan, jogging, bersepeda, berenang, atau melakukan latihan kekuatan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita. Menjaga kebugaran sebenarnya adalah salah satu cara yang disarankan untuk menjaga kesehatan badan, ini berlaku juga bagi mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi, sebab kebugaran dan kesehatan tubuh sangat mutlak dan wajib dijaga bagi semua masyarakat umum.

3. Konsumsi makanan sehat

Makan makanan yang sehat sangat disarankan sekali bagi anda penderita hipertensi. Jika anda bingung makanan apa saja yang harus dikonsumsi maka anda dapat memakan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan rendah kolesterol. Makanan-makanan tersebut sangat membantu karena dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 mm Hg.

Hal ini bukan hal yang mudah untuk mengubah kebiasaan makan anda, anda dapat menggunakan tips dibawah ini agar dapat mendapatkan pola hidup yang sehat.

  • Pertimbangkan untuk meningkatkan asupan kalium. Kalium dapat mengurangi efek natrium yang terdapat pada tekanan darah. Sumber terbaik dari kalium adalah makanan. Makanan yang dimaksud yaitu seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Menjadi pembeli yang cerdas. Maksudnya adalah jika anda membeli suatu makanan maka anda harus memperhatikan label pada makanan tersebut. Jika anda berkomitmen untuk meneruskan rencana makan sehat anda maka anda tidak akan mengambil makanan yang mengandung tinggi lemak.
  • Membuat catatan harian untuk makan. Anda dapat mencatatkan makanan yang anda konsumsi setiap hari pada buku catatan harian yang anda buat. Menuliskannya dalam satu minggu dapat memberikan penjelasan yang mengejutkan bagi anda, apakah anda mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat atau malah justru sebaliknya, anda lebih sedikit mengkonsumsi makanan sehat daripada makanan yang berlemak tinggi.

4. Berhenti merokok

Setiap batang rokok yang anda hisap dapat meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah anda selesai menghisapnya. Berhenti merokok dapat menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Orang-orang yang berhenti merokok tanpa memandang usia dapat memiliki peningkatan substansial dalam harapan hidup. Selain anda dapat menurunkan tekanan darah, anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya.

5. Batasi kafein

Peran kafein pada penderita hipertensi masih diperdebatkan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg pada orang yang jarang mengkonsumsinya. Bayangkan jika anda secara rutin meminum secangkir kopi, seberapa banyak tingkat tekanan darah anda akan melonjak naik!

Meski efek dari konsumsi kafein pada tekanan darah masih belum jelas kebenarannya, tetapi pasti akan ada sedikit peningkatan yang terjadi pada tekanan darah anda. Untuk membuktikan hal tersebut, anda dapat memeriksakan tekanan darah anda dalam waktu 30 menit setelah anda meminum secangkir kopi, jika anda sensitif dengan tekanan darah mungkin anda akan mengalami peningkatan.

6. Hindari stress

Meski stress sebenarnya memang tidak bisa dihindari dari kehidupan kita, setidaknya anda harus bisa mengelola stress. Sebab, stress kronis merupakan salah satu kontributor penting yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Jika anda mengalami stress sesekali, maka hal tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi anda. Apakah stress mempengaruhi kesehatan? Ya, tentu saja. Stress sangat berperan besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, anda harus bisa mengelola stress.

Luangkan waktu untuk berfikir tentang apa yang menyebabkan anda merasa stress. Seperti pekerjaan, mungkin keluarga jika anda sudah berkeluarga atau bahkan keuangan serta penyakit anda. Setelah anda mengetahui apa yang membuat anda menjadi stress, anda dapat mempertimbangkan bagaimana cara anda agar bisa menghilangkan atau setidaknya menghindari dan mengurangi stress anda.

7. Makan kentang

Kentang memiliki kandungan yang tinggi dengan kalium dan magnesium. Kedua mineral tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita. Kentang juga sangat tinggi serat sehingga hal tersebut sangat baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Anda dapat menikmati kentang sebagai salah satu menu dari makanan yang sering anda konsumsi, anda juga dapat menambahkan yoghurt dan mengurangi asupan garam pada menu makanan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *