Cara Melancarkan Haid Dengan Alami Tanpa Obat

Menstruasi merupakan siklus alami pada wanita yang menandakan kematangan sel telur. Hal ini sering terjadi tiap bulan, saat menstruasi biasanya wanita lebih sensitif dari biasanya. Kekurangan hormon progesteron pada wanita menstruasi adalah penyebab mengapa wanita menjadi sangat sensitif. Mentruasi sangat berperan penting bagi kesuburan wanita, selain itu menstruasi bisa membantu mengeluarkan darah kotor dalam tubuh.

Biasanya wanita akan merasa gelisah saat masa mentruasinya datang terlambat, juga mulai muncul jerawat di wajah yang sangat menganggu. Siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, namun jika periode menstruasi anda lebih dari itu maka anda harus mencoba mengkonsumsi tanaman ini untuk melancarkan menstruasi.

1). Asam jawa
Asam jawa merupakan rempah yang lebih banyak digunakan untuk penggunaan obat-obatan terutama mengatasi masalah hai. Asam jawa dapat membantu melancarkan haid, mengatasi nyeri haid, mencegah penggumpalan darah saat haid juga dan masalah kesehatan lainnya. Dengan mengkonsumsi asam jawa anda bisa membantu melancarkan proses ovulasi dan merangsang rahim untuk segera menstruasi.

2). Jeruk nipis
Jeruk nipis mempunyai banyak vitamin C juga kaya akan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita. Jeruk nipis mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan kita. Buah asam ini bisa memnyembuhkan berbagai penyakit juga bisa melancarkan siklus haid anda yang tidak teratur.

3). Teh hijau
Teh hijau kaya akan flavonoid, tannin dan kafein. Anti-oksidannya yang tinggi bisa menangkal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, selain itu teh hijau juga banyak dimanfaatkan untuk produksi kecantikan dan obat pelangsing. Teh hijau juga berkhasiat besar dalam membantu melancarkan haid yang tidak lancar. Gunakan teh hijau untuk minuman saat pagi dan sore hari sehingga masalah haid Anda yang tidak lancar dapat diatasi. Selain itu daun sirih juga dapat melancarkan haid.

4). Jahe
Mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon Adrenalin sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Didalam jahe terkandung enzim Protease dan Lipase yang bertugas untuk mencerna protein dan lemak dalam tubuh, karena seperti kita ketahui berat badan yang berlebih juga dapat membuat haid tidak teratur. Zat anti inflamasi dalam Jahe dapat meredakan peradangan pada ovarium sehingga dapat meredakan nyeri haid.

5). Pepaya
Mengandung senyawa kimia yang disebut Papain. Papain ini biasanya digunakan tubuh untuk membantu pencernaan, tepatnya dapat mempromosikan pencernaan protein lengkap. Papain lebih menguntungkan karena ia bekerja di berbagai tingkat pH, sementara enzim pencernaan yang diproduksi oleh tubuh memerlukan tingkat keasaman tertentu agar bisa membantu. Selain itu kandungan papain dalam pepaya juga membantu melancarkan haid.

6). Motherwort
Adalah salah satu obat penenang paling terkenal. Sifat obat dari motherwort memungkinkan untuk mengatur siklus menstruasi pada wanita, menyingkirkan kegagalan untuk menangani secara efektif dengan endometriosis.Ketika menopause motherwort juga membantu untuk memfasilitasi gejala yang tidak menyenangkan tersebut. Menurut beberapa laporan efek itu lebih kuat daripada valerian. Ini memiliki efek penyembuhan pada sistem saraf manusia, mengurangi kecemasan dan otonom dan kartu pusat.Ini mengurangi kejang pembuluh darah, meningkatkan fungsi organ, perubahan kualitas denyut jantung untuk langka tapi parah. Dengan demikian, motherwort juga bisa mendatangkan dana treasury, lembut menurunkan tekanan darah.

7). Yarrow atau daun seribu
Tumbuhan ini sering digunakan untuk obat nyeri saat haid dan sakit perut. Kandungan kimia dari tanaman ini adalah flovonoid, minyak atsiri dan polivenol. Untuk mengobati sakit perut dan nyeri haid, yang digunakan adalah daunnya, yaiu dengan cara merebus daun dan meminum air rebusannya. Daun seribu atau juga disebut yarrow sering digunakan sebagai pengobat luka. Memiliki efek antispasmodik pada otot polos usus, saluran kemih dan empedu, dan karena itu meningkatkan saluran empedu dan meningkatkan empedu ke duodenum, dan meningkatkan output urin dan dapat menghentikan rasa sakit yang disebabkan oleh kejang di usus.

8). Vitex atau legundi
Adalah tanaman herbal yang mengandung banyak flavonoid, terpenoid, maupun sterol. Memiliki sifat sebagai obat untuk masalah haid seperti siklus tidak teratur, PMS dan payudara sakit. Selain itu, khasiat lainnya juga sangat banyak antara lain sebagai anti bakteri, anti jamur, insektisida, anti kanker, analgesik, obat asma, anti alergi maupun obat batuk. Akan tetapi, data-data toksisitas tanaman tersebut masih belum banyak dilaporkan.

9). Susu kedelai
Bila Anda memiliki protein yang cukup dalam tubuh Anda, maka fungsi metabolisme dan keseluruhan sistem tubuh akan mendapatkan peningkatan yang besar. Protein adalah blok pembangun sel dan pembuluh darah, dan pada dasarnya ada di setiap bagian penting tubuh manusia. Salah satu senyawa organik dalam kedelai lainnya adalah isoflavon, yang merupakan senyawa penting dari sistem reproduksi wanita. Saat masa menopause, kadar estrogen wanita akan menurun secara signifikan. Isoflavon bisa mengikat sel-sel reseptor estrogen, sehingga tubuh seolah tidak merasakan jika terjadi penurunan dramatis. Hormon estrogen juga merupakan pemicu terjadinya ovulasi pada wanita, jadi bisa melancarkan haid juga.

Untuk anda yang haidnya tidak lancar bisa menggunakan salah satu tanaman tersebut sebagai alternatif pelancaran haid anda. Haid sangat penting setiap bulannya jadi pastikan anda berada dalam siklus aman periode menstruasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *