Cara Membangun tulang untuk Menghindari Osteoporosis

Saya pernah mendengar bahwa teman saya hampir frustasi ketika melihat ibunya tidak bisa duduk dan berdiri tegak. Hal itu terjadi karena ibunya memiliki faktor Osteoporosis. Ketika Osteoporosis melemahkan tulang belakang, maka di punggung bagian belakang tubuh akan terbentuk seperti “punuk unta”.

Osteoporosis sudah menjadi penyakit yang sangat umum dan sering terjadi pada orang dewasa yang 10% rata-rata berusia 50 tahun keatas. Tulang adalah struktur dinamis yang memperbaharui dirinya dengan cara penambahan dan pengurangan material.

Ketika anda mengalami kesehatan tulang yang memuncak pada usia muda, namun hal itu akan menurun ketika anda sudah mulai tua. Selain faktor usia yang mempengaruhi timbulnya Osteoporosis,faktor keturunan, konsumsi alkohol dan rokok juga dapat meningkatkan risiko anda.

Cara Membangun Tulang untuk menghindari Osteoporosis

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah anda untuk terhindar dari Osteoporosis. Kurangnya olahraga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang belakang yang dapat mempercepat anda untuk terkena Osteoporosis.

Anda bisa melakukan latihan yang menahan beban seperti jogging, berjalan, naik turun tangga, dan lompat tali. Latihan ketahanan otot sangat di perlukan agar otot pada tulang anda bisa bekerja dengan baik melawan beban.

Jika anda sudah memiliki penyakit Osteoporosis pada bagian tulang belakang sebaiknya hindari angkat berat, sit-up, dan setiap kegiatan yang melibatkan tulang belakang seperti membungkuk atau memutar.

2. Kurangi konsumsi garam

Kehilangan tulang dan konsumsi natrium yang tinggi memiliki keterkaitan yang sangat erat. Terutama untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, sangat di sarankan sekali untuk mengurangi konsumsi garam. Secara umum, garam dapat meningkatkan kalsium yang dieksresikan dalam urine dan keringat yang dapat memicu terjadinya kerusakan tulang.

Jika kalsium tersebut sudah hilang dari dalam tubuh. Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi akan kehilangan kalsium dalam urine secara berlebihan. Dr. Lyles mengatakan ini dapat menimbulkan masalah bagi sekitar 10% dari populasi yang memiliki gangguan metabolisme bawaan yang menyebabkan ginjal mereka untuk mengeluarkan terlalu banyak kalsium.

3. Berhenti mengkonsumsi soda

Sebuah studi pada tahun 2006 membuktikan bahwa konsumsi soda kopi dan alkohol sangat berisiko untuk penipisan pada tulang. Soda sebenarnya dapat membuat tulang menjadi keropos. Banyak soda yang mengandung fosfor dan mineral yang dibutuhkan tubuh, tetapi asupan fosfor harus seimbang dengan kalsium karena jika tidak seimbang dapat menimbulkan penipisan pada tulang.

Selain fosfor, penulis pada tahun 2006 juga mengatakan bahwa bahan-bahan yang terdapat pada soda dapat memiliki efek yang sangat merugikan pada tulang anda.

4. Kurangi konsumsi kafein

Jika sebelumnya anda sering mendengar manfaat dari kopi, kini anda juga harus bisa mengurangi konsumsi kopi. Karena kopi mengandung banyak kafein yang dapat merusak tulang jika di konsumsi, kopi dapat mengganggu penyerapan kalsium. Sehingga minuman apapun yang mengandung kafein harus dibatasi. Asupan kafein sekitar 300 miligram dalam satu hari atau setara dengan satu cangkir kopi atau dua cangkir teh mungkin tidak masalah, selama anda mendapatkan cukup kalsium.

5. Berhenti merokok

Anda sudah tahu bukan jika banyak bahaya yang di timbulkan rokok? Lalu mengapa anda masih saja merokok? Apa yang anda dapatkan dari rokok? Penyakit. Ketika anda memiliki kebiasaan merokok dengan tidak langsung anda sudah memasukkan racun dalam tubuh anda.

Sekarang saya akan memberitahukan bahwa rokok dapat merusak tulang anda. Rokok dapat menghambat penyembuhan pada pasien yang terkena patah tulang. Ketika anda memiliki keputusan untuk berhenti merokok, maka anda juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan meningkatkan kemampuan ketika mengalami cedera saraf tulang belakang.

6. Perhatikan penggunaan obat-obatan

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan menyebabkan terjadinya Osteoporosis. Salah satunya adalah kortikosteroid obat anti inflamasi seperti prednisone, yang menyebabkan penipisan tulang. Antidepresan yang dikenal sebagai selective serotonin reuptake inhibitor dan methotrexate juga berkaitan dengan Osteoporosis.

Konsumsi vitamin D dan Kalsium

Salah satu faktor risiko yang memicu terjadinya Osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium. Ketika kadar kalsium dalam tubuh anda berkurang maka tulang juga akan ikut melemah. Jika anda ingin memiliki tulang kuat, anda harus mengembalikan asupan kalsium yang seimbang untuk tubuh anda.

Selama bertahun-tahun dokter telah menyarankan kepada seluruh orang tua untuk selalu menyeimbangkan asupan kalsium dan vitamin D. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah vitamin D dan kalsium membantu dalam pembentukan tulang? Mungkin iya, karena vitamin D dan kalsium dapat membantu dalam kepadatan mineral tulang.

Jadi, apa yang bisa anda lakukan untuk menjaga kepadatan tulang? Perilaku kita sendiri dapat melestarikan kepadatan dan kekuatan tulang kita agar terhindar dari cacat, rasa sakit, tulang rapuh dan patah tulang. Jika anda mampu untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, maka anda akan membantu mencegah penyakit utama yang lainnya seperti penyakit jantung dan penyakit kanker bahkan penyakit yang lebih mematikan daripada penyakit jantung dan kanker.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *