Cara Mencegah Stroke Secara Alami

Terlepas dari usia dan riwayat keluarga, stroke tetap harus diwaspadai. Wanita paruh baya 2 kali lebih mungkin untuk memiliki stroke. Fakta yang mengkhawatirkan adalah diri anda  sendiri, jika anda seorang pria maka faktor risiko terbesar anda adalah rokok. Sedangkan jika anda adalah seorang wanita, maka faktor risiko terbesar anda adalah usia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya stroke pada tubuh anda.

Cara untuk mencegah Stroke

Turunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan risiko terbesar dari penyakit stroke. Anda bisa mengembangkan risiko stroke dari 2 sampai 4 kali lipat. Hipertensi merupakan penyumbang terbesar dari risiko stroke yang terjadi pada pria dan wanita. Pemantauan tekanan darah tinggi dapat mengurangi anda untuk terkena risiko besar dari stroke. Intinya adalah bahwa anda harus memiliki tujuan untuk mengontrol tekanan darah kurang dari 120/80 atau yang lebih tepat sekitar 140/90.

Anda bisa mencapai tekanan darah tersebut dengan cara:

  • Kurangi garam dalam hidangan makan anda
  • Hindari makanan berkolesterol tinggi
  • Makan 4 sampai 5 buah-buahan dan sayuran setiap hari
  • Olahraga secara teratur setidaknya 30 menit dalam satu hari atau lebih jika waktu memungkinkan
  • Berhenti merokok jika anda seorang perokoko

Turunkan berat badan

Obesitas dan komplikasi dapat menimbulkan peluang anda untuk mengalami stroke. Jika anda memiliki berat badan yang berlebih maka setidaknya anda harus menghilangkan sedikitnya 10 pound dari berat badan yang anda miliki untuk mengurangi risiko stroke. Anda dapat mencapai hal tersebut jika anda mau melakukan cara-cara berikut.

  • Mencoba untuk makan tidak lebih dari 1.500 sampai 2.000 kalori dalam satu hari
  • Tingkatkan olahraga yang anda lakukan seperti berjalan, atau bermain tenis meja hingga lari dan membuat aktivitas lainnya agar dapat mencapai berat badan yang diinginkan

Berhenti merokok

Rokok dapat mempercepat pembentukan bekuan dalam cara yang berbeda. Seperti pengentalan darah dan penumpukan plak di arteri anda. Seiring dengan diet sehat dan olahraga yang teratur maka anda dapat berhenti merokok.

Berhenti merokok merupakan salah satu perubahan gaya hidup yang paling kuat sehingga dapat membantu anda untuk mengurangi risiko penyakit stroke secara signifikan. Intinya anda harus bisa berhenti merokok. Cara berikut ini dapat mewujudkan tujuan anda.

  • Menanyakan saran pada dokter anda tentang cara paling tepat bagi anda untuk berhenti merokok
  • Gunakan alat bantu untuk berhenti merokok
  • Tidak menyerah. Kebanyakan seorang perokok perlu mencoba beberapa langkah untuk berhenti

Mengidentifikasi tanda-tanda dari stroke

Seringkali wanita selalu mengabaikan tanda-tanda stroke. Dr. Rost merekomendasikan bahwa “Jika anda mengalami gejala yang tidak biasa maka anda jangan menunggu” Artinya anda harus bisa mendengarkan tubuh melalui naluri anda sendiri.

Asosiasi Stroke Nasional telah menciptakan akronim mudah untuk membantu anda. Intinya, anda harus bisa mengidentifikasi gejala awal dari stroke. Anda dapat mencapai keinginan anda jika mengetahui gejala-gejala berikut.

  • Kelemahan pada sisi tubuh
  • Mati rasa di wajah
  • Sakit kepala yang tidak biasa dan berat\
  • Kehilangan penglihatan
  • Mati rasa diseluruh tubuh dan kesemutan
  • Berjalan yang tidak seimbang atau goyah

Pilih minuman yang baik

Apa yang anda baca ini memang benar. Ya, anda harus bisa memilih minuman untuk mencegah dan mengurangi risiko dari penyakit stroke. Minum dapat membuat anda lebih cenderung untuk memiliki stroke. Sebuah studi telah menunjukan bahwa jika anda mengkonsumsi sekitar satu gelas air perhari mungkin anda akan memiliki risiko yang lebih rendah.

Intinya anda tidak boleh mengkonsumsi alkohol meski dalam jumlah sedang, memilih minuman terbaik untuk tubuh adalah hal yang dapat anda lakukan seperti susu. Anda bisa mencapai tujuan jika anda siap untuk melakukan hal-hal berikut ini.

  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Konsumsi air mineral setiap hari

Olahraga

Latihan berkontribusi untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah, anda harus mempunyai tujuan untuk memiliki olahraga dengan intensitas sedang setidaknya lima hari dalam satu minggu. Cara mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara:

  • Berjalan-jalan di sekitar lingkungan anda setiap hari
  • Ikuti klub kebugaran
  • Ketika anda terengah-engah pada saat melakukan olahraga tetapi anda masih bisa berbicara, maka hal tersebut merupakan hal yang baik bagi anda
  • Jika tempat kerja anda berada dilantai atas sebaiknya gunakan tangga untuk berjalan jangan menggunakan lift
  • Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk latihan 30 menit secara berturut-turut, maka anda bisa memecahnya menjadi 10 sesi dalam waktu 15 menit beberapa kali sehari.

Makan Ubi jalar

Ubi jalar sangat sarat dengan kalium yang dapat membantu tubuh anda untuk mengurangi risiko serangan stroke secara signifikan. Sekitar 20% bisa anda dapatkan dari konsumsi ubi jalar untuk mengurangi risiko terbesar dari penyakit stroke.

Buah-buahan dan sayuran lainnya juga bisa dikonsumsi jika anda ingin mencegah serangan stroke secara maksimal. Jika banyak cara alami yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah terjadinya serangan stroke, tidak ada salahnya jika mencobanya.

Sebelum anda menggantungkan kesehatan anda pada orang lain termasuk dokter, anda bisa memanfaatkan alam atau apapun yang ada di alam sebagai obat sederhana bagi kesehatan. Selain anda dapat mencegah stroke, jika anda seseorang yang terlanjur mengalami stroke maka anda juga dapat mencari informasi tentang bagaimana cara cepat mengobati stroke secara tradisional tanpa menimbulkan efek samping.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *