Cara Mengatasi Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Batuk sering sekali menjadi keluhan yang sangat umum, ini memang bukan masalah yang serius dan terjadi hanya karena ada sesuatu yang menjengkelkan dibagian pernapasan.

Namun, jika anda selalu saja dihadapkan dengan rasa sakit dan gatal di tenggorokan maka akan sangat sulit sekali bagi anda untuk mengabaikan batuk tersebut. Apa yang harus anda lakukan? Anda tidak perlu menggunakan obat kimia atau mengunjungi dokter karena banyak solusi rumah untuk mengatasi batuk yang tidak kunjung sembuh.

Penyebab batuk tak kunjung Sembuh

Dalam 90% kasus mengatakan bahwa penyebab umum dari batuk yang tidak kunjung sembuh adalah asam reflux dan asthma. Selain itu ada penyebab kurang umum dari batuk yang anda derita seperti infeksi dari obat-obatan serta penyakit paru-paru.

Untuk seorang wanita dengan usia 75 tahun telah dikatakan bahwa penyebab dari batuk yang tidak kunjung hilang adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Mycobacterium avium intracellulare. Orang-orang yang merokok, terpapar asap rokok, atau menghadapi bahan kimia dari sebagian pekerjaan mereka dapat memiliki peningkatan risiko yang signifikan untuk memiliki batuk sehingga sangat sulit sekali untuk menghilangkan batuk tersebut.

Kondisi paru-paru yang mendasar seperti bronkitis, infeksi saluran pernapasan, dan PPOK serta kanker paru-paru juga dapat menyebabkan anda memiliki batuk yang tak kunjung sembuh. Jika anda selama berminggu-minggu mengalami batuk dan tidak kunjung sembuh juga, dengan menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini, anda dapat menyembuhkan batuk yang anda derita. Berikut adalah cara mengatasi batuk yang tidak kunjung sembuh yang dapat anda coba dirumah.

Pengobatan batuk yang tak kunjung sembuh

Gunakan Madu

Madu adalah obat yang sangat diandalkan dari waktu ke waktu untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan. Menurut salah satu studi meredakan batuk dengan madu lebih efektif daripada menggunakan obat kimia yang mengandung dekstrometorrfan. Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan cara mencampur 2 sendok madu dan 2 sendok air hangat serta lemon. Madu memiliki sifat yang menenangkan, sementara lemon dapat membantu melancarkan tenggorokan.

Gunakan Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai anti bakteri dan anti mikroba. Bawang putih dijadikan sebagai rempah-rempah yang muncul sebagai solusi alami untuk melawan infeksi yang digunakan sebagai anti virus, anti jamur, oleh praktisi kesehatan alami. Mencampurkan bawang putih kedalam air yang mendidih dan menjadikannya sebagai teh tidak hanya berfungsi untuk mengusir batuk tetapi juga dapat membantu untuk meringankan gatal-gatal yang dapat menyebabkan anda batuk secara terus menerus.

Jika anda tidak mau ribet, anda juga bisa memakan satu sihung bawang putih secara langsung, mengkonsumsi satu atau dua sihung dalam satu hari dapat menghilangkan batuk dalam jangka waktu beberapa hari.

Gunakan Nanas

Anda bahkan tidak berfikir sama sekali bahwa nanas bisa dijadikan obat batuk. Ya, itu sudah pasti karena mungkin sebelumnya anda tidak pernah mendengar tentang nanas. Ada bukti yang menunjukan bahwa nanas memiliki enzim yang ditemukan di batang buah yang dapat membantu melonggarkan lendir di tenggorokan anda.

Untuk menikmati manfaat dari nanas anda dapat memakan sepotong nanas atau minimal anda minum jus nanas segar tiga kali sehari. Selain dapat membantu masalah tenggorokan, nanas juga dapat meringankan masalah sinus yang berbasis alergi, yang nantinya akan berkontribusi untuk memicu terjadinya batuk dan lendir sinusitis.

Kumur dengan air garam

Sementara obat menjadi salah satu yang paling efektif dan relatif sederhana, ternyata ada hal yang lebih sederhana lagi dari itu. Ya, berkumur dengan air garam. Ketika anda memilih untuk berkumur dengan air garam maka hal tersebut dapat menenangkan tenggorokan gatal yang menyebabkan anda menjadi batuk.

Campurkan setengah atau satu perempat garam dengan delapan ons air hangat agar dapat membantu meringankan iritasi. Perhatian, bagi anak dibawah usia 6 tahun sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal ini karena pengobatan alami ini hanya dianjurkan bagi mereka yang sudah dewasa.

Gunakan Kunyit

Ramuan yang satu ini bukan lagi ramuan yang asing karena kandungan yang memiliki khasiat menjadikan kunyit sebagai salah satu obat rumah untuk mengobati batuk kering terutama batuk yang tak kunjung hilang. Panaskan setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok kunyit serta campuran sedikit lada hitam.

Rebus campuran tersebut selama 2 sampai 3 menit. Jika sudah selesai, anda dapat mengkonsumsi campuran tersebut setiap hari sampai batuk anda hilang dan tenggorokan anda kembali membaik. Cara lain yang dapat anda gunakan adalah memanggang akar kunyit dan menggilingnya sampai menjadi bubuk dan halus. Jika sudah halus, anda dapat mencampurkan bubuk halus tersebut dengan air dan madu kemudian konsumsi minuman tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Bagaimana? caranya cukup mudah bukan? Bahan-bahannya juga bisa anda temukan dengan mudah di dapur anda. Tetapi, apakah anda tahu alasan mengapa anda tidak bisa menghentikan batuk? Saya rasa, anda perlu untuk mengetahui alasan tersebut sebab hal itu akan menjadi salah satu sebab mengapa anda sampai bisa mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *