Cara mengobati kista ovarium tanpa operasi

Penyakit kista yang umum dialami wanita terjadi akibat kantung yang berisi cairan dan sebenarnya penyakit kista ini adalah hasil dari ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium).

Setiap wanita memiliki dua ovarium (indung telur) yang berada di kiri dan kanan rahim,ovarium yang besarnya seperti ukuran biji kenari ini termasuk ke dalam sistem reproduksi wanita dan berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan,dan juga memproduksi hormon progesteron dan esterogen.

Penyebab kista

  • Faktor keturunan
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Sulit hamil
  • Sulit untuk buang air besar
  • Sering buang air kecil
  • Perut yang buncit atau kembung

Walaupun penyakit kista tidak memiliki gejala yang khusus,tetapi jika anda merasakan nyeri pada perut bagian bawah atau rasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi maka anda harus lebih waspada karena bisa saja rasa nyeri itu adalah gejala dari penyakit kista.Jika masalah kista pada wanita tidak segera diobati,maka hal tersebut akan memicu terjadinya kanker ovarium, dan penyakit ini merupakan penyakit ketiga yang dapat membunuh manusia.

Ada empat macam kista indung telur. Kista fungsional, kista cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana terjadi bagi para penderita penyakit kista wanita. Penyakit kista biasanya akan tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista yang paling banyak dan justru yang lebih sering mengecil dengan sendirinya seiring dengan membaiknya keseimbangan hormon adalah kista fungsional.

Gejala kista

Kista dapat terbentuk karena berbagai macam proses yang dapat memicu terjadinya kista yang lain.

  1. Kepala terasa pusing
  2. Tulang panggul terasa sakit
  3. Perut terasa lebih sering kenyang meski pun tidak makan
  4. Proses pencernaan tidak lancar dan tidak teratur saat buang air kecil dan buang air besar
  5. Rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi

Keberadaan kista cenderung tidak sering menyebabkan gejala tetapi jika kista itu pecah,berukuran besar atau menyumbat beberapa aliran darah ke ovarium maka yang terjadi adalah timbulnya gejala yang di atas tersebut.Dan biasanya keberadaan penyakit kista tidak terdeteksi karena sebagian besar penyakit kista tidak menimbulkan gejala.

Cara menyembuhkan kista

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang memiliki vitamin dan gizi yang tinggi bagi tubuh manusia dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kista ini, buah dan sayur sangat di perlukan oleh tubuh kita untuk meningkatkan stamina dan mampu mengurangi dampak toksin yang ada di dalam tubuh.

Merawat vagina dengan baik

Jika kita tidak melakukan perawatan pada sistem reproduksi kita, maka dapat memicu suatu penyakit datang dan berkembang biak, dan itu akan memperburuk suatu penyakit, seperti penyakit kista ini, penyakit pada wanita ini juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi mikro organisme yang semakin berkembang. Melakukan pencegahan pada sel tumor penyakit kista yang dapat dilakukan adalah dengan merawat dan sering membersihkan vagina dengan baik dan teratur.

Menjaga makanan

Menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sangat penting dilakukan karena sumber penyakit tidak hanya dari faktor kebersihan saja, faktor makanan pun bisa menjadi salah satu timbulnya suatu penyakit. Mengurangi makan yang berlemak adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit kista, karena dapat terjadi gangguan dan peningkatan pada hormon kortisol.

Mengkonsumsi makanan antioksidan

Antioksidan dapat membantu terjadinya gangguan dari radikal bebas, karena kita sering sekali menghirup udara dan debu yang kotor maupun bahan kimia lainnya yang dapat memicu terjadinya penyakit kista. Sehingga mengkonsumsi makanan antioksidan sangat baik untuk kesehatan dan mengobati penyakit kista ini.

Mengkonsumsi kunyit putih

Bersihkan kunyit putih lalu campurkan dengan 10 gram air bersih setelah itu rebus selama 20 menit hingga mendidih kemudian diamkan beberapa saat dan minumlah air rebusan tersebut setelah dingin. Kunyit putih dipercaya menjadi salah satu obat herbal alami untuk mengatasi berbagai penyakit karena memiliki sifat sebagai anti inflamasi.

Teh benalu

Kandungan zat flavanones yang terdapat didalam benalu yang biasa hidup di pohon teh ini, mampu mengobati penyakit kista ovarium ini, dengan cara merebus benalu dan rumput mutiara dengan air bersih secukupnya.

Mengkonsumsi obat herbal

Sudah banyak yang terbukti pada orang yang mengkonsumsi obat herbal bisa menyembuhkan bagi penderita penyakit kista wanita banyak yang berhasil. Anda bisa menggunakan 50 gram daun dewa, 50 gram temu hingga, 5 gram daging buah mahkota dewa kemudian di rebus bersamaan dengan 800 cc air hingga tersisa setengah bagian dan anda bisa mengkonsumsi setiap hari hingga penyakit kista anda sembuh.

Banyak minum air putih

Selain jenis penyembuhan diatas tersebut, mengkonsumsi air putih secara rutin juga dapat meminimalkan kista dan hindari minuman berkafein dan beralkohol serta batasi konsumsi makanan berkadar gula tinggi.

Dampak kista

Dampak kista bagi kesuburan ini sering menjadi hal yang menakutkan bagi wanita karena ini akan berakibat fatal bagi kesehatan wanita. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena pada umumnya kista dapat diangkat dengan mudah tanpa mengganggu ovarium. Tapi untuk jenis kista ovarium yang kompleks, menanganinya melalui operasi dapat memengaruhi tingkat kesuburan anda.

Selain penyebab kista yang telah dibahas di atas, faktor lain yang dapat memicu terbentuknya kista ovarium adalah menderita sindrom ovarium polikistik. Penyembuhan kista secara alami akan lebih baik bagi tubuh anda karena tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh dan aman di konsumsi dalam jangka waktu panjang.Semoga artikel tentang penyembuhan penyakit kista ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *