Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung ?

Sekarang ini penyakit mudah berkembang dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, karena cuaca semakin ekstream, makanan sudah banyak memakai zat zat kimia (termasuk makanan dari alam), jarang berolahraga dsb. Akibatnya tubuh kita menderita terutama jantung. Bagaimana menjaga jantung agar tetap sehat ? simak berikut ini !

Apa Hubungan Jantung Dengan darah ?

Ini pembahasan spesial untuk anda yang bertanya mengenai hubungan jantung dengan organ lain atau dengan darah. Jantung merupakan organ penting dalam kehidupan kita, jantung harus memompa darah setiap saat. Saat jantung berdetak maka darah akan beredar keseluruh tubuh untuk mengambil nutrisi, dan saat jantung tidak berdetak berarti dia sedang menyerap darah dari tubuh untuk kembali ke jantung. Dalam jantung terdapat rongga besar yang berfungsi untuk memisahkan darah yang sudah digunakan oleh tubuh dan darah yang kaya nutrisi. Darah yang sudah digunakan oleh tubuh, tidak lagi mengandung nutrisi dan oksigen, sehingga harus diolah lagi oleh jantung.

Darah tidak hanya berhubungan dengan jantung saja, melainkan dengan organ lainnya. Fungsi darah sebagai pengangkut zat – zat. Misalkan, darah mengambil oksigen dari paru, hormon dari organ reproduksi, nutrisi dari pencernaan, insulin dari pankreas dsb, kemudian darah akan berkumpul di jantung. Oleh jantung, zat bawaan darah bersama darah dikirim ke seluruh organ untuk memenuhi nutrisi mereka. Untuk itulah jantung mengedarkan darah, yaitu untuk mengambil zat yang dihasilkan oleh organ yang satu dan di bagikan ke organ lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Peredaran darah ini adalah melalui pembuluh darah, dimana ada 2 jalur pembuluh darah dalam tubuh kita. Yaitu pembuluh darah arteri yang berfungsi untuk mengedarkan darah yang kaya nutrisi dan pembuluh darah vena dimana pembuluh darah tersebut membawa darah yang nutrisinya sudah diserap oleh organ. keduanya akan berkumpul di jantung, namun di pisahkan antara darah yang kaya nutrisi dengan darah yang tidak mengandung nutrisi.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Jantung ?

Intinya jika jantung mengalami masalah, maka terjadi masalah juga pada organ lainnya. Jadi kita mulai dari bagaimana cara menjaga jantung agar tetap sehat. Berikut caranya :

1. Cara Menjaga Jantung Dengan Makanan

Makanan merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh. Dengan mengkonsumsi makan sehat maka darah bisa mengambil nutrisi tersebut dari pencernaan. Coba bayangkan, bagaimana jika anda tidak memenuhi standar nutrisi harian anda ? Maka tidak ada yang harus diangkut darah dari pencernaan untuk kesehatan organ. Jadi pastikan anda mencukupi kebutuhan mereka.

Makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah buah, sayur, kacang-kacangan, protein hewani rendah lemak, gandum, susu, teh, coklat, minyak zaitun, madu dsb.  Tapi ingat ! jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi sesuatu, karena meskipun itu alami, tidak menutup kemungkinan akan terjadi overdosis. Contoh kasus : mengkonsumsi susu 4 gelas sehari malah menyebabkan gagal ginjal.

2. Apa Yang Harus Dihindari ?

Banyak sekali penyebab penyakit jantung, apalagi ini bisa datang saat anda tua, atau sekarang. Saat anda tua terjadinya serangan jantung, maka itu adalah akibat dari prilaku anda di masa muda. Untuk itu, pastikan anda menghindari hal – hal berikut ini : Kolesterol, narkoba, alkohol, rokok (pasif & aktif), stres, obat kimia, makanan kemasan, gula atau garam berlebihan, lemak trans seperti minyak goreng / keju, makanan yang digoreng / dibakar, dsb.

3. Jangan Memberatkan Tugas Jantung

Anda bertugas untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh anda. Anda bertanggung jawab untuk apa yang terjadi kepada diri anda sendiri, anda juga bertugas untuk membantu fungsi organ tubuh anda, bukan memberatkannya. Hal – hal yang dapat memberatkan kerja jantung diantaranya : Olahraga berlebihan, bergadang, obesitas, penyakit, stres, makanan yang tidak sehat, dsb. Hal itu bisa membuat jantung harus berfungsi 2 kali lipat. Bagaimana jika jantung anda kelelahan dan meminta istirahat ? Tidak lain adalah kematian.

4. Apa Yang Harus Dilakukan ?

Untuk membantu tugas jantung anda, pastikan anda melakukan hal hal berikut ini :

  • Istirahat yang cukup – dapat merileksasikan otot jantung, sehingga jantung tidak tertekan, untuk itu jangan bergadang.
  • Berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  • Olahraga teratur – olahraga teratur dan olahraga berlebihan itu berbeda. Olahraga tertaur setidaknya 10 menit sehari akan menjaga kesehatan anda. Sedangkan olahraga berlebihan 1 minggu sekali selama 1-2 jam bisa sangat memberatkan jantung, kecuali memang sudah biasa.
  • Hindari stres – dengan membuka diri terhadap lingkungan, banyak bersosialisasi, jangan memendam rasa sakit hati sendirian, pergi berlibur, positif thinking, ibadah agar hidup tidak terasa hampa, dan sebagainya.
  • Ceck up kesehatan rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan anda.
  • Jaga kebersihan gigi – Menurut sebuah studi yang dilakukan Sidney Dental Hospital tahun 2006, bakteri
    dapat memasuki pembuluh darah dari gusi yang tidak sehat.

Dengan menjaga asupan nutrisi sebetulnya anda sudah sangat berjasa terhadap tubuh anda. Dengan begitu, maka penyakit yang menjadi favorit warga kita seperti hipertensi dan diabetes bisa diatasi. Dengan begitu jantung tidak terbebani. Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *