Cara Mudah Menyembuhkan Anemia Dengan Alami

Anemia merupakan sebutan untuk kondisi kekurangan sel darah merah pada tubuh manusia, saat kita terkena anemia maka kita akan merasa letih, lesu dan tidak berenergi. Anemia juga menyebabkan sakit kepala, dan jika anemia tidak diatasi dengan benar maka akan berakibat buruk bagi jantung. Darah merah membawa oksigen juga makanan bagi organ, sehingga organ kita memerlukan sel darah merah untuk menunjang fungsi organ tubuh kita.

Namun jika jumlah darah merah di tubuh sedikit, maka akan menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung karena jantung akan kesulitan untuk memompa darah yang berakibat pada gejala jantung berdebar, atau membengkak. Ginjal juga tanpa darah yang cukup akan kesulitan melakukan pekerjaannya yaitu menyaring darah dan membuang racun bersama dengan urin. Setidaknya ginjal harus menyaring sekitar 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter zat-zat sisa dan air per harinya.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan anemia. Untuk menghindari hal – hal yang makin memperparah kondisi organ tubuh kita akibat anemia, maka kita harus meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh kita ke kondisi normal. Ada banyak obat yang dapat mengembalikan sel darah merah ke tingkat normal, namun pemilihan tanaman obat lebih dianjurkan dari pada mengkonsumsi obat-obatan. Berikut adalah pilihan untuk anda yang ingin meningkatkan sel darah merah tanpa obat :

1). Garam
Garam merupakan bumbu yang sering kita gunakan untuk membuat masakan. Mengkonsumsi garam berlebihan bisa membuat tekanandarah tinggi karena saat mengkonsumsi garam berlebih pembuluh darah pada ginjal akan menyempit dan menahan aliran darah. Untuk itulah, ginjal memproduksi hormon renin dan angiostenin agar pembuluh darah utama mengeluarkan tekanan darah yang besar sehingga pembuluh darah pada ginjal bisa mengalirkan darah seperti biasanya. Namun tidak ada salahnya jika kita kita menggunakan garam untuk metode penyembuhan anemia, asal kita memperhatikan takarannya. Batas garam yang seharusnya kita dapatkan setiap hari adalah satu sendok teh saja.

2). Daun singkong
Kandungan zat besi pada daun singkong sangat tinggi, zat besi merupakan zat yang berfungsi menghasilkan sel darah merah pada tubuh kita. Selain itu daun singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak diantaranya ialah ; protein, fosfor, vitamin C, vitamin B1, kalsium, lemak, dan karbohidrat. Dengan mengkonsumsi daun singkong anda bisa memenuhi nutrisi harian anda.

3). Daging
Protein hewani membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Daging yang bisa dikonsumsi untuk menaikan level darah anda adalah daging merah, jeroan dan hati ayam. Daging yang rendah lemak seperti daging merah mampu menaikan hemoglobin sehingga anemia bisa diatasi dengan cepat. Mengkonsumsi protein hewani juga sangat membantu menyusun sel darah merah, namun konsumsi daging berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol yang berakibat pada penyakit jantung. Protein hewani tersebut juga bisa di dapatkan dari susu, telur, ikan dan kerang.

4). Buah
Dalam buah terkandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh sehari-hari, mengkonsumsi buah sebagai menu harian dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita juga bisa menghindarkan kita dari penyakit-penyakit yang tidak di inginkan. Buah yang bisa di konsumsi untuk menaikan tensi darah anda adalah : Jeruk, mangga, jambu, apel. pepaya, pisang, strawberry, kiwi, anggur, sirsak, alpukat, blewah, cerry, delima, kismis, dan atau buah naga. Anda bisa memilih salah satunya.

5). Sayur
Sudah seharusnya sayur dan buah menjadi menu tetap dalam makanan anda, karena keberadaannya penting untuk memelihara kesehatan tubuh kita. Nutrisi dalam sayur seperti brokoli, kacang panjang, bayam, lobak, sawi, buncis, dan atau kentang dapat membantu mengembalikan tingkat normal sel darah merah anda. Anda bisa memilih salah satunya untuk pengobatan anemia anda.

6). Kacang-kacangan
Dalam kacang merah, kedelai, almond, mete, kacang hijau, kacang polong, dan sebagainya. Kacang-kacangan mengandung zat besi yang mampu menaikkan kadar haemoglobin dalam darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan, sehingga dapat membantu menaikkan tekanan darah.

7). Air putih
Dalam air putih terkandung oksigen dan mineral yang di perlukan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih 1 liter setiap harinya, akan menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Kita membutuhkan banyak mineral dalam kehidupan sehari-hari dan mineral itu banyak terkandung dalam air putih seperti fluorida, natrium, kalsium, magnesium, silika, dan zinc. Hal itu lah yang mengahruskan kita mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya, zinc dapat membantu mengembalikan tensi sel darah merah anda.

8). Sea food
Dalam makanan laut terdapat banyak kandungan omega-3, zat besi, phosphor, kalium, seng, tembaga, mangan, dan selenium sehingga sangat efekstif digunakan bagi penyembuhan penyakit anemia. Namun jika anda alergi dengan seafood anda bisa mengkonsumsi buah atau sayuran. Selain itu untuk mencegah anemia juga bisa dilakukan dengan berolahraga rutin. Olahraga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menambah oksigen dalam tubuh. Tapi saat anemia, anda tidak disarankan untuk beraktivitas berat karena dapat memperparah gejala.

Mengkonsumsi sayuran, buah dan air putih yang cukup biasanya tidak kita lakukan setiap hari karena beberapa faktor. Hal ini membuat tubuh harus melakukan tugasnya tanpa pemberian nutrisi yang cukup yang bisa memberatkan tugas organ tubuh kita. Selain itu juga penyakit semacam anemia tidak boleh kita spelekan karena dapat berakibat buruk bagi organ tubuh kita. Terimakasih telah mengunjungi laman web kami, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *