Cara Sederhana Untuk Mengatasi Nyeri Leher

Nyeri leher adalah suatu kondisi yang umum dan sering dialami oleh banyak orang terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Biasanya nyeri leher akan membaik dalam beberapa hari, dan kondisi seperti ini juga sangat jarang sekali memiliki suatu gejala dan bukan suatu hal yang harus di waspadai juga.

Namun, meski ini bukanlah suatu kondisi yang terlalu serius tetapi jika dibiarkan dan tidak ditangani, mungkin nyeri tersebut akan kembali menghampiri leher anda dalam beberapa hari kemudian. Untuk mencegah hal itu terjadi anda bisa menggunakan cara-cara dibawah ini.

Cara Untuk Mengatasi Nyeri Leher

Gunakan es

Es berfungsi untuk mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan secara efektif. Masukan es yang sudah hancur kedalam kantong plastik dan letakkan pada leher yang terasa sakit serta tutup menggunakan sepotong kain atau bantal. Diamkan selama 15 menit. Untuk hasil terbaik lakukan cara ini secara berulang.

Gunakan Kompres

Kompres dengan menggunakan air panas dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah serta dapat meredakan kekakuan otot. Gunakan handuk basah yang sudah dicelupkan kedalam air hangat atau bahkan anda bisa menggunakan air hangat yang dimasukkan kedalam botol. Letakkan pada leher yang terasa nyeri, jangan terlalu lama cukup dengan waktu 10 menit saja. Jika anda mengompres terlalu lama maka rasa sakit yang ditimbulkan akan berlebih.

Gunakan Obat herbal

Obat herbal berfungsi untuk membantu meringankan rasa sakit yang anda rasakan. Atau bahkan anda bisa mendapatkan kesembuhan dengan menggunakan obat herbal. Kenapa harus herbal? Karena pada saat anda mengalami rasa sakit yang amat sakit pada leher, didalam obat herbal tidak ada kandungan dan campuran bahan kimia, sehingga rasa sakit tidak akan muncul lagi di kemudian hari. Anda bisa menggunakan Compound Marrow Powder untuk mengatasi berbagai rasa sakit yang timbul pada tulang serta persendian anda.

Lakukan Peregangan

Peregangan akan sangat baik untuk dapat membantu mengurangi nyeri leher dengan memecah ketegangan. Selain itu, peregangan juga akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit dan membuka ruang didalam kepala anda yang berfungsi untuk memperbanyak oksigen. Oksigen yang mengalir tersebut tidak hanya dapat meringankan rasa sakit tetapi juga dapat membantu mendetoksifikasi tubuh secara alami.

Lakukan Pemijatan

Sebuah pijatan berguna untuk mengurangi otot kejang dan peradangan. Anda bisa melakukan pemijatan selama 30 menit yang berfokus pada rasa nyeri yang ditimbulkan leher. Memijat leher juga harus sampai ke bahu bagian atas dan sebuah pijatan tunggal akan lebih efektif untuk meringankan rasa sakit pada leher secara menyeluruh.

Jangan lupa anda juga harus selalu banyak minum air putih setelah melakukan pemijatan. Ini akan berfungsi untuk membuang produksi asam laktat dari dalam tubuh anda. Jika anda tidak meminum air putih, maka anda akan mengalami sakit kepala serta menyebabkan kekakuan pada hari berikutnya.

Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah seringkali menjadi penyebab utama dari nyeri leher. Posisi terbaik untuk seluruh tulang hampir mirip dengan posisi janin dalam perut wanita hamil. Ketika tidur terlentang, sebaiknya anda jangan menompang kepala dengan lebih dari satu bantal. Karena hal tersebut dapat menimbulkan ketegangan dan rasa nyeri pada leher.

Kondisi yang menyebabkan Nyeri Leher

Kondisi Cedera

Nyeri dan rasa sakit yang terjadi pada leher bisa disebabkan oleh cedera. Karena kecelakaan mobil atau bahkan anda pernah terjatuh dari suatu tempat yang menyebabkan leher anda menjadi lebih rapuh dari sebelumnya. Pukulan langsung ke arah wajah juga dapat menyebabkan leher anda menjadi kesakitan.

Kondisi Saraf Terjepit

Lebih umum terjadi pada orang tua ketika diskus atau celah antar tulang mulai kehilangan kandungan air karena faktor usia. Akibatnya adalah diskus yang berada diantara tulang belakang menjadi tidak lentur dan dan leher akan terasa nyeri serta kaku. Sakit leher yang disebabkan oleh saraf terjepit lebih umum dikenal denganĀ spondilosis servikal.

Kondisi Medis Lainnya

Berikut dibawah ini adalah kondisi-kondisi medis yang dapat menyebabkan nyeri leher:

  • Adanya Penyempitan jalur saraf tulang belakang
  • Memiliki Meningitis. Suatu infeksi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang
  • Mengalami Flu. Kondisi umum yang membuat seluruh tubuh terasa sakit
  • Rheumatoid arthritis. Adanya peradangan kronis pada persendian yang menyebabkan rasa kaku, pembengkakan, serta rasa sakit
  • Kanker dan HIV. Kedua kondisi yang akan berdampak pada melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *