Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Protein Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Protein Yang Tidak Boleh Diabaikan,- Protein merupakan salah satu asupan penting karena mampu memperbaiki dan memelihara seluruh bagian tubuh. Asupan protein bisa didapatkan dengan cara yang sangat mudah, salah satunya dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika tubuh mengalami kekurangan protein maka dapat dipastikan anda akan berisiko terserang beberapa jenis penyakit seperti ginjal, penyakit hati berlemak, hingga terjadinya pembengkakan pada kulit atau dalam bahasa medisnya disebut dengan penyakit edema.

Seberapa penting protein bagi tubuh?

Sangat penting. Sebab protein terlibat dalam hampir setiap sel dan jaringan tubuh. Bahkan kuku, rambut, kulit serta otot pun tidak akan bisa berfungsi dengan baik apabila tubuh mengalmai kekurangan protein.

Maka dari itu segera penuhi kebutuhannnya atau anda akan mengalami berbagai gejala yang cukup mengerikan. Bagaimana cara kita mengetahui bahwa tubuh kekurangan protein? Berikut sudah kami persiapkan Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Protein Yang Tidak Boleh Diabaikan.


Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Protein Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Protein Yang Tidak Boleh Diabaikan

  1. Rambut rontok. Ciri atau tanda jika tubuh anda kekurangan protein yaitu kerontokan pada rambut. Rontok memang proses alami dari penuaan tapi jika berlebihan dan terjadi begitu saja, bisa dipastikan bahwa tubuh memerlukan asupan protein yang lebih banyak.
  2. Mudah lelah. Tubuh yang cenderung sering lesu atau lemas adalah tanda lain dari kekurangan protein. Ini terjadi karena otak mengalami penurunan hormon depamin yaitu hormon yang bertugas untuk membangkitkan energi dan stamina seseorang.
  3. Otot tubuh yang sulit terbentuk. Mungkin anda sudah paham bahwa jika seseorang ingin memiliki bentuk otot yang bagus maka diperlukan asupan protein yang cukup pula.
  4. Insomnia. Apakah anda sering mengalami insomnia? Ini tandanya tubuh mengalami kekurangan protein karena kadar gula darah yang tidak stabil serta meningkatnya hormon kortisol. Kedua hal tersebut dapat berubah stabil kembali dengan cara mencukupi asupan protein dengan baik.
  5. Siklus haid yang tidak teratur. Bukan hanya kulit dan kuku, siklus haid yang tidak teratur pun faktanya bisa dijadikan sebagai salah satu ciri atau tanda bahwa anda kekurangan protein. 

Nah itu dia sobat beberapa ciri-ciri tubuh kekurangan protein yang tidak boleh diabaikan. Patut diketahui bahwa protein memainkan peranan besar terhadap pertumbuhan kuku, rambut, kulit dan sel lainnya, jadi alangkah baiknya apabila kamu memenuhi kebutuhan hariannya dengan benar dan teratur.

Tulisan ini dipublikasikan di Penyakit lainnya dan tag , , , , , . Tandai permalink.