Daftar Makanan Super Penurun Kolesterol Tinggi

Jika anda merupakan salah satu dari 32 juta orang dengan kolesterol tinggi, maka anda dapat berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih besar.

Selain anda harus menghindari rokok, makan makanan sehat juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol anda dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah daftar makanan penurun kolesterol tinggi yang sangat baik jika anda konsumsi, bahkan makanan-makanan berikut ini juga sama sekali tidak menimbulkan kenaikan pada kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Telur juga telah dipilih sebagai makanan yang relatif sehat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Selain telur dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, menurut American Heart Association mengatakan bahwa telur juga dipercaya dapat menyehatkan jantung anda, itu sebabnya mengapa anda harus menambahkan telur pada daftar makanan sehari-hari.

2. Teh hijau

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pelawan kanker. Teh hijau juga merupakan sumber pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh hijau telah terbukti dapat mengurangi kadar lemak darah hingga 10% hanya dalam waktu tiga minggu. Temuan ini telah disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh hijau juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Cokelat

Iya, cokelat. Antioksidan kuat yang terdapat dalam cokelat dapat membantu membangun kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2007 yang telah diterbitkan dalam AJCN, mengatakan bahwa partisipan yang diberi cokelat bubuk mengalami peningkatan 24% pada kolesterol baik dalam tubuh. Itu tandanya, jika anda mengalami peningkatan pada kolesterol baik maka anda akan memiliki kolesterol jahat lebih sedikit dalam tubuh, sehingga anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh anda.

4. Makan alpukat

Alpukat memberikan asam oleat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah anda. Alpukat juga memiliki lemak nabati yang bermanfaat untuk tubuh dibandingkan dengan buah lainnya. Beta sitoterol yang terdapat dalam buah alpukat dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang tinggi asam lemak tak jenuh seperti almond, walnut, atau pistachio dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda dapat memakan kacang-kacangan tersebut secara langsung sebagai cemilan anda. Pastikan anda memilih porsi terbaik untuk setiap kacang-kacangan yang dimakan, sebab kacang-kacangan juga mengandung kalori yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsi sekitar 30 butir kacang almond atau setara dengan 1/3 mangkuk kecil.

6. Biji-bijan utuh yang sehat

Oatmeal dan beras merah memiliki kandungan yang banyak dengan serat larut yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah anda. Untuk memberikan efek yang sempurna pada penurunan kolesterol jahat dalam tubuh, anda dapat menambahkan buah-buahan lain yang berserat tinggi seperti pisang atau apel.

7. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain dapat berguna bagi kesehatan mata, bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada dalam pembuluh darah. Bayam merupakan salah satu sayuran yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Anda dapat memasak bayam sebagai sup atau mungkin anda juga bisa membuatnya menjadi jus. Sangat dianjurkan bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol untuk mengkonsumsi semangkuk sup bayam atau segelas jus bayam setiap hari. Selain dapat menurunkan kolesterol, bayam juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Biji bunga matahari

Dalam kehidupan sehari-hari anda dapat menemukan biji dari bunga matahari yang sudah diolah menjadi cemilan ‘kwaci”. Biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kwaci dapat menjadi salah satu makanan penurun kolesterol tinggi. Hal ini dapat terjadi karena biji bunga matahari mengandung streol yang tinggi, dimana kandungan tersebut akan menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

9. Makan ikan salmon

Ikan salmon mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung anda. Tetapi selain dapat memberikan kesehatan pada jantung, ikan salmon juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dan trigliserida. Agar kolesterol dalam tubuh anda tidak meningkat, maka anda harus menghindari memasak ikan salmon dengan minyak, anda dapat menggunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak. Selain ikan salmon dapat menurunkan kolesterol tinggi, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat didalamnya juga bisa menurunkan tekanan darah, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon sekitar 2 porsi dalam satu minggu.

Selain anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan pilihan diatas, anda juga dapat memakan buah-buahan. Sebab, buah-buahan juga memiliki peran penting untuk dapat membantu anda menurunkan kolesterol tinggi. Terutama dengan buah-buahan yang mengandung beta karotan dan vitamin C, karena keduanya sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain itu yang terpenting adalah bagaimana cara anda untuk dapat menyembuhkan kolesterol tinggi dalam waktu yang singkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *