Daftar Makanan Terbaik untuk Menjaga Kepadatan Tulang

Tidak ada yang bisa mengalahkan kalsium untuk tulang anda. Karena begitu mudah sekali untuk anda bisa mendapatkan kalsium, anda bisa mendapatkannya dari susu, dan masih banyak lagi produk sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang bisa anda serap dalam tubuh anda. Mungkin sebelumnya anda sudah mengetahui penyakit Osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang anda bermasalah. Berikut ini adalah makanan yang terbaik untuk menjaga kepadatan tulang anda.

Daftar makanan Terbaik Untuk menjaga Kepadatan Tulang

Secara harfiah, tulang adalah sistem pendukung untuk tubuh manusia, sehingga manusia sangat penting untuk bisa menjaga kesehatan tulang dalam tubuhnya. Tulang yang terus menerus mengalami kerusakan akan di perbaiki kembali sampai manusia mencapai usia 30 tahun, jika anda sudah berusia 30 tahun, maka kerusakan tulang pada tubuh anda sudah tidak bisa di perbaiki karena tuang sudah mencapai tingkatan akhir massa tulang. Dengan adanya pernyataan tersebut mungkin anda menjadi khawatir dengan kesehatan tulang anda, namun sekarang ada beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi agar kepadatan dan kesehatan tulang anda tetap terjaga sampai usia anda sudah tidak muda lagi, berikut adalah daftar makan terbaik untuk menjaga kepadatan tulang anda :

1. Meningkatkan konsumsi Kalsium

Ketika anda mengalami keropos tulang, mungkin hal pertama yang harus di lakukan adalah meningkatkan konsumsi kalsium. Karena kesehatan tulang lebih besar dipengaruhi olah asupan kalsium, jika anda mengalami kekurangan kalsium maka akan terjadi kerusakan pada tulang anda. Mineral ini sangat penting untuk membantu pengembangan pada tulang, selain itu kalsium juga membantu dalam fungsi yang tepat seperti otot, sinyal saraf, sekresi hormon, dan tekanan darah.

2. Meningkatkan konsumsi Vitamin D

“Dimana ada kalsium di situ ada vitamin D” Pernyataan tersebut mungkin adalah pernyataan yang tepat untuk vitamin D dan kalsium, karena keduanya memiliki keterkaitan erat dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Meningkatkan konsumsi vitamin D dengan cara mengkonsumsi udang, sereal, jus jeruk, ikan sarden, kuning telur dan ikan tuna merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D.  Vitamin D penting untuk kesehatan tulang telah terbukti dalam studi tentang “hilangnya tulang musiman” Orang tua bisa kehilangan massa tulang lebih selama musim dingin karena kurangnya eksposur sinar matahari.

3. Mengkonsumsi Kentang

Dua nutrisi yang mungkin kurang dikenal dalam menjaga kepadatan tulang adalah kalium dan magnesium. Jika anda memiliki magnesium yang rendah dalam tubuh anda, maka hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan pada vitamin D. Jika keseimbangan tersebut memiliki masalah maka akan berdampak pada kesehatan tulang anda. Kalium dapat menetralkan asam dalam tubuh anda yang dapat melarutkan kalsium dari tulang anda.  Salah satu cara yang lezat untuk mendapatkan beberapa kedua nutrisi tersebut adalah dengan makan ubi jalar tanpa garam, yang memiliki 31 miligram magnesium dan 542 miligram kalium.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata juga sangat di percaya dapat menjaga kepadatan tulang. Seorang penulis dari sebuah studi mengatakan bahwa  “Asupan minyak zaitun telah berhubungan dengan pencegahan Osteoporosis.” Dr. José Manuel Fernandez dan Dr. Josep Trueta di Girona yang berasal dari Spanyol juga memberikan pernyataan bahwa “Ini adalah studi acak pertama yang menunjukkan bahwa minyak zaitun melindungi tulang, setidaknya disimpulkan oleh sirkulasi penanda tulang, pada manusia.” Menurut National Osteoporosis Foundation minyak zaitun adalah mahkota yang bermanfaat untuk tulang manusia.

5. Konsumsi kacang kenari

Studi Gizi Journal pada tahun 2007 menemukan bahwa lemak nabati omega 3,yang juga dikenal sebagai asam alpha-linolenic, bisa membantu tubuh untuk menjaga tulang yang kuat. Dalam studi ini, para peneliti di Penn State melakukan aksi makan kacang kenari dalam jumlah yang sangat tinggi (serta walnut granola, madu kenari mentega dan kenari pesto) dan minyak rami untuk sekelompok orang yang memiliki kelebihan berat badan, yang sebagian besarnya adalah orang dewasa dan setengahnya adalah paruh baya. Setelah melakukan aksi makan kenari tersebut mereka melaporkan bahwa mereka mengalami penurunan tingkat kerusakan pada tulang dan melihat bahwa pembentukan tulang terjadi secara konstan.

6. Konsumsi Bayam

Jika anda tidak menyukai susu anda bisa mengkonsumsi bayam untuk mendapatkan kalsium dan vitamin K. Ketika tubuh kekurangan vitamin K, maka dapat mempengaruhi keseimbangan vitamin D dalam tubuh. Vitamin K yang terdapat dalam bayam berfungsi untuk mengubah protein matriks dalam tulang. Selain itu manfaat vitamin K dalam tubuh juga dapat mencegah eksresi dan meningkatkan penyerapan kalsium.

7. Konsumsi Almond

Almond merupakan sumber yang baik dari mineral, termasuk magnesium dan fosfor, yang merupakan nutrisi penting untuk membangun dan memelihara gigi dan tulang yang kuat. Manfaat gizi almond mencakup kemampuan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, melawan rongga, menurunkan risiko patah tulang dan melawan Osteoporosis. Almond juga tidak hanya bermanfaat untuk penderita Osteoporosis, almond juga bermanfaat untuk penderita diabetes, penyakit jantung dan dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

8. Minum Compound Marrow Powder

Compound Marrow powder adalah salah satu produk herbal Green World yang terbuat dari ekstraks sumsum tulang belakang yak, sumsum rusuk yak, sumsum otak yak yg sdh dikeluarkan kandungan lemak yg tdk baik utk tubuh, lecithin, protein, kalsium organik. Iinfo lengkapnya bisa dilihat disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *