Dampak berbahaya dari kawat behel untuk kesehatan gigi

Gigi adalah salah satu organ tubuh yang memiliki bentuk keras dan terletak di dalam mulut. Gigi memiliki struktur yang sangat bervariasi, dan memiliki banyak fungsi. Fungsi yang utama dari gigi adalah untuk mengunyah atau merobek makanan yang kita makan. Dan di artikel ini saya akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan gigi.

Pada zaman sekarang orang-orang sangat berbondong-bondong pergi ke ahli gigi, bukan untuk mengecek kesehatan gigi mereka tetapi untuk memasang kawat behel untuk gigi. Tanpa mengetahui bahaya dari pemasangan kawat tersebut mereka dengan asyiknya memakai kawat pada gigi padahal di balik itu semua ada bahaya yang harus anda ketahui. Berikut adalah dampak berbahaya dari penggunaan kawat behel gigi.

Bahaya dari Penggunaan Kawat Gigi

1. Terbentuknya karang gigi

Karang gigi bisa tumbuh akibat pemakaian kawat pada gigi. Ini bisa terjadi karena bagian gigi yang tertutup oleh kawat sulit untuk di bersihkan, dan penggunaan kawat gigi juga bisa berisiko tinggi untuk terkena kerusakan gigi dan gusi anda.

2. Bakteri

Penggunaan kawat gigi akan mempercepat tumbuhnya bakteri dan bisa merusak gigi. Ketika seseorang menggunakan kawat gigi kemudian memakan makanan, maka makanan tersebut akan terperangkap di kawat dan berkembang biak menjadi penyakit. Penyakit tersebut bisa terjadi di mulut atau bahkan di gigi itu sendiri.

3. Kerusakan akar gigi

Penggunaan kawat gigi juga dapat menyebabkan kerusakan pada akar gigi. Akar gigi akan mengalami pengikisan sedikit demi sedikit dan dalam waktu jangka panjang pengikisan akar gigi tersebut akar berubah menjadi gigi mati dalam mulut anda. Selain dari kerusakan yang terjadi pada akar gigi, kawat gigi juga dapat menimbulkan gigi berlubang, dan menimbulkan kerusakan pada jaringan dan tulang pendukung pada gigi yang lainnya.

4.Risiko penularan penyakit

Penggunaan kawat gigi yang tidak disertai dengan izin yang baik maka akan berisiko tinggi untuk menularkan penyakit karena cara pemasangan yang tidak steril, dan itu juga bisa menjadi sarang kuman yang nantinya akan berubah menjadi penyakit dan tempat bersarangnya bakteri.

5. Kesehatan mulut

Saat anda memilih untuk memasangkan kawat pada gigi, maka anda saat itu juga sedang merusak kesehatan mulut anda. Karena pemasangan kawat gigi dapat menyebabkan rusaknya mulut dan memiliki efek negatif untuk mulut. Hal ini terjadi karena mulut menerima logam asing yang secara tiba-tiba di tempatkan di gigi, serta pemasangan kawat gigi ini dapat meyebabkan penurunan berat badan pada beberapa orang akibat tidak bisa mengunyah makanan.

6. Penggunaan jangka panjang

Jika kawat gigi di gunakan dalam waktu jangka panjang maka gigi anda akan bergerak dan mengikuti bentuk kawat, jika di biarkan maka yang akan terjadi adalah gigi anda akan copot semua karena tertarik oleh kawat dan mengikuti kawat. Itu tidak akan berpengaruh jika kawat tidak dilepas, tetapi saat kawat pada gigi anda di lepas gigi anda juga akan ikut lepas.

7. Alergi

Kawat gigi yang terbuat dari logam mengandung nikel, dan saat anda mengalami alergi pada gigi anda hal yang terjadi adalah gigi akan terasa ngilu dan akan terasa ada yang tersumbat di telinga, untuk itu lebih baik tidak menggunakan kawat gigi karena dampak nya tidak hanya pada gigi tapi pada bagian organ tubuh yang lainnya.

8. Penyakit hepatitis/HIV

Bagi anda pengguna kawat gigi sebaiknya copot kawat gigi tersebut, karena pemasangan kawat gigi dapat menimbulkan penyakit yang menular seperti hepatitis/HIV. Penyakit ini terjadi karena adanya benturan yang menyebabkan timbulnya luka kecil pada bibir dalam pipi bagian dalam anda. Saat anda berciuman maka akan ada luka kecil yang akan menjadi jalan untuk masuknya bakteri ke dalam aliran darah.

9. Penyakit saluran pencernaan

Ketika anda menggunakan kawat gigi maka  air liur yang terdapat di mulut anda sudah tercampur dengan makanan dan bakteri yang terdapat pada kawat tersebut. Air liur yang di produksi akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan di saluran pencernaan air liur tersebut bercampur dengan material yang ada sehingga akan menimbulkan sakit perut bahkan penyakit saluran pencernaan kronis yang lainnya yang mungkin saja bisa terjadi.

10. Merusak saraf

Saraf akan merasa terganggu dengan adanya pemasangan kawat pada gigi, itu terjadi akibat susunan saraf pada gigi rusak. Dan saraf-saraf tersebut tidak hanya rusak tetapi akan mati pada jangka waktu panjang. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kawat pada gigi anda, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa dampak negatif yang akan terjadi.

Selain bahaya-bahaya yang sudah di sebutkan di atas, kawat gigi juga bisa menyebabkan terjadinya keguguran dan gangguan pertumbuhan pada ibu hamil, maka dari itu saya sarankan untuk ibu-ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan kawat gigi, karena ini bisa membahayakan janin dan ibu yang mengandungnya. Keguguran itu terjadi akibat adanya perubahan hormon akibat adanya infeksi pada gusi gigi yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga udara dengan mudahnya bisa masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa penggunaan kawat gigi sangat berisiko untuk ibu hamil. Oleh karena itu, salah satu tips bagi pengguna kawat gigi termasuk ibu hamil yaitu di sarankan untuk mencopot kawat serta menjaga kebersihan mulut karena pada dasarnya penggunaan kawat gigi lebih banyak efek negatif tidak hanya untuk ibu hamil namun juga untuk semua kalangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *