Dampak Berbahaya Duduk Terlalu Lama Dan Cara Mengatasinya

Sekarang ini banyak sekali makanan-makanan yang tidak sehat dan meyebabkan beberapa masalah bagi tubuh kita. Namun apakah anda tahu ? Duduk terlalu lama selama berjam-jam juga memicu adanya penyakit kronis dalam tubuh kita loh. Pekerja kantoran umumnya melakukan pekerjaannya dengan hanya duduk saja dan melihat komputer selama berjam-jam. Tidak hanya itu, anak-anak kita saat pergi kesekolah hanya akan duduk dan memperhatikan guru saja selama kegiatan belajar mengajar itu berlangsung. Saat berada di rumah, kita terus saja duduk dan melihat layar tv dalam waktu yang cukup lama.

Terus kalo saya lagi belajar, bekerja dan menonton tv harus berdiri atau tiduran gituh ? Tidak perlu berlebihan, anda tidak perlu berdiri apalagi tiduran saat bekerja dan belajar karena itu lingkungan formal. Kalo anda sedang menonton tv di rumah, silahkan memposisikan diri anda sesuai kenyamanan anda. Untuk anda yang pekerja kantoran, anda bisa menyelingi kegiatan anda dengan berdiri, meregangkan otot-otot dan persendian tubuh kemudian kembali duduk. Untuk para siswa, anda tidak perlu khawatir karena kegiatan duduk anda berada dalam batas normal. Namun saran saya, jangan duduk terlalu lama lebih dari 4 hingga 6 jam.

Dampak Terlalu Lama Duduk Pada Kesehatan

  1. Menyebabkan keletihan yang berlebihan, saat duduk tanpa bergerak sama sekali akan menyebabkan gerakan tubuh menjadi sangat monoton dan tidak bervariasi, kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan tubuh merasa letih dan lelah setelah duduk lama.
  2. Gangguan pada tulang, berawal dari duduk terlalu lama yang dapat menyebabkan gangguan pada tulang terutama tulang belakang. Posisi yang kurang tepat dan tidak nyaman sangat memungkin sekali adanya gangguan pada tulang anda seperti pertumbuhan tulang tidak normal, postur tubuh tidak normal dan perubahan postur tulang yang  memicu kebongkokan.
  3. Depresi, karena terlalu lama duduk dapat menimbulkan kebosanan dan jika kita bosan kita akan mudah mengalami stress. Rasa bosan ini biasanya karena posisi tubuh yang statis dan monoton selama beberapa jam selain mata lelah dan pegal-pegal anda bisa mengalami depresi pula.
  4. Diabetes, bukan hal yang tidak mungkin jika anda mengalami diabetes. Diabetes disebabkan karena adanya penumpukan lemak, dan lemak yang menumpuk dikarenakan kurangnya aktifitas. Maka dari itulah jangan duduk lama-lama nanti lemak makin betah ada di tubuh anda.
  5. Kesemutan, duduk dengan posisi monoton bisa menyebabkan kesemutan bahkan mati rasa. Kesemutan terjadi biasanya karena adanya syaraf yang tertindih pada suatu daerah di tubuh kita, seperti kaki dan tangan anggota sekalian 😀 .
  6. Memicu kolesterol dan obesitas, kolesterol bisa disebabkan oleh kondisi dimana ketika kita duduk terlalu lama, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh kita pun tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan pembakaran lemak menjadi tidak optimal. Proses metabolisme tubuh yang tidak optimal ini dapat menyebabkan tertimbunnya lemak di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan obesitas.
  7. Kanker, posisi tubuh yang statis, diam tak bergerak selama beberapa jam dapat memicu perkembangan dan juga pertumbuhan sel-sel kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena dapat menyebabkan kematian.
  8. Serangan jantung, duduk berjam-jam menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu dan juga tidak normal, sehingga hal ini dapat memicu terjadinya serangan jantung.
  9. Pusing, biasanya terjadi saat anda duduk dalam waktu agak lama tanpa berubah posisi. Hal ini disebabkan aliran darah dalam tubuh tidak mengalir dengan lancar sehingga supplai darah dan oksigen ke otakpun berkurang dan menyebabkan pusing.
  10. Otak berasap, otot yang aktif memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam  bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Namun berbeda jika kita tidak melakukan kegiatan apapun, maka darah dan oksigen akan lambat masuk ke otak.
  11. Sindrom metabolik, penelitian terbaru menunjukkan sindrom metabolik adalah efek buruk dari cara hidup menetap. Duduk dalam jangka waktu lama berkontribusi dalam risiko sindrom metabolik.
  12. Kerusakan syaraf atau neuropati juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tak aktif dan berada pada posisi yang sama dalam waktu berjam-jam.
  13. kanker endometrium dan kanker usus besar, hasil studi ini memperkuat penelitian sebelumnya pada tahun 2014 yang menemukan fakta bahwa semakin lama wanita duduk semakin tinggi risiko terkena kanker endometrium dan kanker usus besar.

Cara Menghindari Duduk Terlalu lama

  1. Menaiki tangga, Saat anda merasa diri anda sudah terlalu lama saat bekerja, dari pada naik lift sebaiknya anda naik tangga saja istirahat atau pulang, itu akan membantu anda sedikit lebih membooster lemak dan racun di tubuh.
  2. Hampiri rekan kerja, anda bisa menghampiri rekan anda ke bangkunya dengan alasan meminjam sesuatu. Dengan begitu anda bisa merelaksasikan otot-otot anda yang kaku.
  3. Berdiri sebentar dan duduk kembali, jangan terlalu terpaku pada pekerjaan. Lakukanlah peregangan otot saat anda merasa tubuh anda sudah mulai lelah bekerja.
  4. Ambil air, minum bisa membuat anda segar dan fokus kembali, dengan mengambil air minum anda bisa menyelingi kegaiatan anda saat bekerja.
  5. Berolahraga, kita libur di hari minggu, dan saat itu semua kegiatan pekerjaanpun di hentikan. Jangan hanya duduk dan menonton tv saja, berolahragalah dan booster lemak dan racun yang ada di tubuh.

Sekian penjelasan dampak berbahaya yang bisa ditimbulkan karena duduk terlalu lama, semoga kita bisa membatasi segala kegiatan yang menyebabkan kondisi kesehatan kita menurun dan semoga informasi dari saya bisa bermanfaat, terimakasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *